Special : Style Cafe Racer,Indahnya kembali ke masa lalu..!!

ARblog – Assalamualaikum,selamat malam brosist,semoga tetap sehat dan semangat ya

Ketemu weekend lagi nih. Artikel kali ini spesial buat brosist sekalian,yaitu ingin membahas tentang style Cafe Racer yang sekarang lagi digandrungi oleh banyak bikers di dunia. Karena gak cuma di Indonesia aja brosist,di belahan dunia lain,perkembangan style cafe racer ini juga semakin besar aja semakin kesini.

Sebelum lebih jauh lagi membahasnya,sebenarnya Apa sih Cafe Racer itu?? Menurut info yang disadur dari Mbah Wiki,Cafe Racer adalah motor yang diset supaya menjadi sangat ringan,ditujukan untuk kecepatan dan agak mengesampingkan kenyamanan. Desain keseluruhannya sendiri diilhami dari gelaran Grand Prix motorcycle pada tahun 1960an tuh brosist.. Jadul banget ya!!

Ergonominya sendiri diset sedemikian rupa agar mendapatkan bentuk yang se-aerodinamis mungkin. Maka dari itu,stangnya dibuat rendah dibawah yoke. Nama Cafe Racer sendiri artinya adalah motor yang dipakai di Isle Man road racer,tetapi sering diartikan sebagai motor yang mempunyai mesin racing,namun sering diparkirkan di dekat meja di sebuah cafe.

Nah,pada tahun 1960an terkenal gaya rock and roll yang digemari anak-anak muda saat itu. Gaya mereka yang agak urakan menuntut mereka untuk mempunyai motor yang cepat,baik digunakan untuk mencari kecepatan dijalan atau untuk jalan-jalan bersama kelompok mereka. Sejak saat itu orang-orang menyebut gaya motor seperti itu adalah “Cafe Racer” yang artinya mungkin Pembalap yang suka nongkrong di Cafe 😀 ada ada saja ya..

Pabrikan motor dari berbagai belahan bumi pun mulai berlomba-lomba membuat motor dengan desain kompak ala cafe racer. Selain desain cruiser dan sport fairing,naked bike ala Cafe Racer juga menjadi konsentrasi pabrikan pada saat itu. Tercatat beberapa pabrikan terkenal seperti Honda,Harley-Davidson,Kawasaki,hingga BSA dan BMW ikut membuat motor berdesain Cafe Racer. Bahkan desain Cafe Racer masih dipakai hingga saat ini untuk motor buatan Kawasaki seperti Estrella 250 dan Vulcan S 250.

BSA Cafe Racer
BSA Cafe Racer
Harley Davidson XLCR 1977
Harley Davidson XLCR 1977
Honda GB500
Honda GB500
Kawasaki Estrella
Kawasaki Estrella
Vulcan S,the beast transformation..
Vulcan S,the beast transformation..
Kawasaki Estrella 250 2014,Long lasting model..
Kawasaki Estrella 250 2014,Long lasting model..

Gimana? jooss gak motor-motor diatas? Pastinya bagi brosist pecinta motor banyak yang akan menyukai desain retro kayak motor-motor diatas itu :D. Gak hanya motor-motor dulu yang memang dari sananya sudah mengusung desain cafe racer,motor-motor jaman sekarang pun gak kalah brosist! Banyak owner motor yang merubah tampilan motornya dari yang sudah sporty abis tapi malah dirubah ke desain cafe racer ala orang jadoel. Berbagai motor yang lahir di era tahun 2000an pun ikut kena virus cafe racer brosist,gak jarang hasilnya juga menakjubkan! keren!. Motor yang kebanyakan dirubah menjadi cafe racer biasanya adalah Honda Tiger,Honda Megapro,Yamaha Scorpio bahkan banyak juga yang merubah Yamaha Vixion dan Bysonnya menjadi cafe racer! Lebih mantapnya lagi,sudah banyak yang bosan dengan aura sporty milik Ninja 250R,malah merubah motornya menjadi cafe racer yang terkesan jadul! Hasilnya? jangan ditanya dah brosist,Juaraa!!

Desain dan warna yang dipajang di motor mereka masing-masing juga berbeda-beda brosist. Ada yang suka ban gambot aka gede,ada yang suka dengan ban biasa,ada yang suka dengan ban racing yang minim alur,bahkan ada yang suka dengan ban yang biasanya dipake oleh motor dual-purpose! Wah,bisa multifungsi dong ya tergantung modifikasinya.. Sesuai dengan desain motornya,warna yang diaplikasikan juga biasanya selalu “ingin beda” dengan motor-motor lainnya brosist. Warna hitam bisa jadi pilihan yang bagus buat motor cafe racer,garangnya dapet brosist!! Kalau mau diperhatikan orang,bisa ambil warna yang cerah seperti kuning,merah,biru muda ataupun ungu dan pink sekalian,dijamin diperhatikan dan gak luput dari pandangan deh brosist! Cadaass..

Last,memodifikasi tunggangan milik sendiri sah sah saja brosist. Apalagi dengan kemampuan finansial yang berlebih,boleh melakukan modifikasi apapun ke kendaraan brosist. Nah,desain cafe racer yang sudah dibahas di artikel ini pun bisa menjadi acuan modifikasi buat brosist sekalian dalam mengubah tampilan motor! Dijamin jadi lebih keren dan ajib dehh brosist, Pesan dari sponsor,jangan lupakan faktor safety dari motor itu sendiri seperti spion,knalpot yang bunyinya wajar,dan ban yang mumpuni untuk dibawa jalan. Setidaknya,udah keren ditambah safety jadi tambah keren brosist :D. Gak salah kalau ARblog memberikan julukan.. Cafe Racer Style,a beautiful style that come from past!!

Okedeh segini dulu aja ya brosist,semoga artikel yang saya tulis ini bisa berguna dan jadi acuan bagi brosist sekalian. Jangan lupa untuk comment dibawah ini dan subscribe blog sederhana ini supaya bisa terus tau perkembangannya!! 😀

Berikut gallery dari modifikasi style cafe racer brosist. Silahkan dinikmati 😀 (sumber : Google,Cafe racer forum on Facebook)

cafe racer mantap
Juarrrrraaaaaaa!!
Keren banget!!
Keren banget!!
Ninja 250 dirubah drastis,amazing!
Ninja 250 dirubah drastis,amazing!
Kawasaki Estrella
Kawasaki Estrella
Honda GB500
Honda GB500
Harley Davidson XLCR 1977
Harley Davidson XLCR 1977
BSA Cafe Racer
BSA Cafe Racer
Honda Tiger nih?? Mantapp
Honda Tiger nih?? Mantapp
RnineT custom again!!
RnineT custom again!!
RnineT BMW,berubaah!
RnineT BMW,berubaah!

cafe racer 3

So beautiful :love:
So beautiful :love:
Kawasaki Estrella 250 2014,Long lasting model..
Kawasaki Estrella 250 2014,Long lasting model..
Vulcan S,the beast transformation..
Vulcan S,the beast transformation..

Thanks for read and share,see you on the next article

Wassalamualaikum.

Related Posts :

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Ubah Naked-Bike-mu jadi Cafe Racer?? Why not brosist..!! | Alki Rahmatullah
  2. Honda 150SS Racer, Motor Berkonsep Neo Cafe Racer Basis Mesin Honda CBR150R! Semoga Masuk Indonesia! | Indoride.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*