Pojok Opini : Sport 150cc Entry Level Bermesin MX King,YIMM Berani Buat di Indonesia gak?

Rumor Yamaha akan menghadirkan pesaing Honda Verza di Indonesia pernah ramai dibicarakan,tetapi pembicaraan itu hilang begitu saja..

ARblog – Assalamualaikum brosist,how’s life? Semoga tetap sehat dan semangat ya..

Putih,elegant?
Yamaha MX King

Baru saja dilaunching di bulan Maret ini,Yamaha MX King sudah memikat hati banyak konsumen di Indonesia. Desainnya yang tetap bergenre moped tulen,tetapi memiliki aura sport yang kuat membuatnya cukup diminati oleh kalangan muda. Mesin berkubikasi 150cc liquid-cooled yang diadopsi langsung dari kakak besarnya,Yamaha New Vixion Lightning,juga membuat daya tarik tersendiri bagi para pecinta kecepatan di Indonesia.

Di segmen sport kelas 150cc,Yamaha telah mempunyai senjatanya tersendiri,yaitu Yamaha NVL atau Vixion Lightning di segmen naked,serta Yamaha R15 di segmen sport fairing. Tentu brosist sudah mengetahui,bahwa kedua senjata dari Yamaha tersebut sudah punya rivalnya tersendiri dari pabrikan sebelah,yaitu Honda CB150R dan Honda CBR150R yang sama-sama saling serang di segmen yang sedang memanas persaingannya ini.

Masing-masing sudah menjadi rival
Masing-masing sudah menjadi rival

Nah,ada satu segmen nih yang memang Yamaha belum mempunyai senjata khusus di segmen ini. Yup,segmen Sport 150cc entry level! Seperti yang kita ketahui bersama-sama,Honda selaku rival terkuat Yamaha di Indonesia,sudah mempunyai senjata ampuhnya di segmen ini,dan sudah 2 tahun lebih menjajaki aspal panas jalanan Indonesia. Yup,Honda Verza 150 menjadi sport entry level yang cukup laris selama 2 tahun penjualannya di negeri tercinta ini. Mengusung mesin GL-Series yang terkenal tangguh dan torsinya beringas,serta teknologi PGM-FI ala Honda yang dipercaya irit dan ekonomis. Penjualannya semakin tahun pun semakin meroket,bahkan bisa mengalahkan penjualan Yamaha Byson serta kakaknya sendiri,Honda New Megapro.

Honda Verza
Honda Verza

Memang,Yamaha Indonesia aka YIMM,ATPM resmi Yamaha di Indonesia pernah berucap bahwa Yamaha kurang tertarik untuk membuat sport entry level layaknya Verza di Indonesia. Pasalnya,Yamaha hanya ingin berkonsentrasi ke sport mid-high level. Alasannya,bahwa motor bergenre sport harus memiliki aura yang maksimal sebagai motor sport,dengan memberikan pride yang maksimal pula bagi ridernya. Tetapi,bisa jadi terobosan yang bagus kan dengan membuat motor sport entry level 150cc bermesin MX King untuk sekedar berkutat di segmen yang kuenya lumayan bagus ini? Apa suatu hal yang sulit untuk pabrikan sebesar Yamaha?

Yama SZ-R,sedikit sentuhan bisa jos nih!
Yama SZ-R,sedikit sentuhan bisa jos nih!

verza

Mesin GL yang diadopsi Verza memang sudah oke. Tarikan maknyus,irit,serta tangguh. Tetapi,pasti ada kekurangannya di sisi ini. Nah,disini Yamaha bisa masuk dengan Sport entry levelnya. Jika mengadopsi mesin MX King pun,ada kesempatan besar untuk sukses di pasaran. Dalam hal ini,bisa diambil contoh langsung dari Yamaha SZ-R yang telah mengaspal di India sana.  Dengan sedikit modifikasi pada bagian body,dan mesin powerfull mirip Vixion dan sejenisnya,bukan hal yang nggak mungkin kan untuk sukses di pasaran??

Nah,bisa jadi masukan nih untuk Yamaha,supaya bisa fikir-fikir lagi tentang sport entry level 150ccnya. Toh sekarang gak semua rider yang beli motor sport hanya dipakai untuk gaya-gayaan aja. Tuh buktinya ada Yamaha R25 dan CBR250 dibuat jualan sayur,bahkan Z1000 pun dibuat jualan sayur :D. Tandanya,fungsi asli sepeda motor untuk mendukung mobilitas manusia masih melekat di pikiran manusia,apapun jenis motornya :D.

Z1000 aja buat jualan sayur :D
Z1000 aja buat jualan sayur 😀

Last,dengan sedikit sentuhan dan modifikasi dari Yamaha SZ-R asal India tersebut,mungkin bisa bersaing dengan popularitas Honda Verza yang semakin meroket saja. Apalagi dengan harga yang diset di angka realistis 19 jutaan dengan desain motor pekerja,bukan hal yang mustahil untuk bisa sukses dan menjadi eksis seperti Honda Verza yang kuat dengan imej motor pekerja. Gimana kira-kira tentang opini yang satu ini brosist? Ini dia spesifikasi Yamaha SZ-R diadu dengan spesifikasi Honda Verza. Dengan memasukkan mesin Yamaha MX King di segmen ini,bukan gak mungkin kan bisa mengambil alih penjualan rival,Yamaha?

yamaha sz-r

SPESIFIKASI
Honda Verza Yamaha SZ-R
Panjang X lebar X tinggi 2.056 x 742 x 1.054 mm 2050 x 730 x 1100 mm
Jarak Sumbu Roda 1.318 mm 1,320mm
Jarak terendah ke tanah 156 mm 165mm
Berat kosong 129 kg 134 Kg
Tipe rangka Diamond Steel Diamond Steel
Tipe suspensi depan Teleskopik Teleskopik
Tipe suspensi belakang Suspensi Ganda Suspensi Ganda
Ukuran ban depan 80/100 – 17 M/C 46P (Tubless) 2.75- 17 41P
Ukuran ban belakang 100/90 – 17 M/C 55P (Tubeless) 100/90-17 55P
Rem depan Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
Rem belakang Tromol Tromol
Kapasitas tangki bbm 12,2 liter 14 liter
Tipe mesin 4-Langkah, SOHC, Silinder Tunggal, 2 Katup 4-Langkah, SOHC, Silinder Tunggal, 2 Katup
Pengabutan Injeksi (PGM FI) Karburator
Diameter x langkah 57,3 x 57,8 mm 58.0 X 57.9mm
Volume langkah 149,2 cm3 153 cc
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1 9.5:1
Daya Maksimum 13,2 PS/ 8.500 rpm 12.1PS/7500rpm
Torsi Maksimum 12,7 Nm (1,29 kgf.m)/ 6.000 rpm 12.8Nm/4500rpm
Kapasitas Oli Mesin 1,0 Liter pada Penggantian Periodik 1.2 Liter
Kopling Manual, multi pelat basah Manual, multi pelat basah
Gigi Transmsi 5-Kecepatan 5-Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
Starter Starter Kaki & Starter Elektrik Starter Kaki & Starter Elektrik
Aki 12V – 3,5 Ah 12V,5 AH(10H)

Thanks for reading and sharing,please comment below here,and see you on the next article

Wassalamualaikum

17 Comments

  1. Kasian dong new byson ama mx-king klo motor ginian di buat mah 🙁
    mending buat yg semi offroad aja di set di angka 18-19jtaan bisa ngebletek blegorrrrrrrr verza walao di kelas yg beda,
    bahkan di setting sedemikian rupa tu motor bisa lebih joss ketimbang KLX hehehe wkwkwkkwk

    lieur yah si ijal mah :'(

      • Mungkin yg di maksud sport entry level untuk hadang verza ya MX-king itu sendiri !
        Inget 1 produk yamaha biasanya di peruntukan untuk mem blekek bele’e bebrapa produk pesaing !
        Contoh ya R25+R15+N-max++++++ lainya…
        Lagi pula menurut penelitian ijal lebih mendalam jarang sekali yamaha mengekor ATPM lain, ingat ! Jarang ! Bukan berarti tidak pernah loh.
        Masih ingat yamaha dengan MIO ?
        VIXIOn-nya ? MX-nya ?

  2. Jadi kecil sekali kemungkinan yamaha menelurkan sport super entry level-nya yg mengekor honda verza,
    tapi entahlah ! Yamaha pabrikan yg penuh kejutan. Layak-nya sora aoi ama miyabi 😀 wkwkwkwkwk loh koq kesitu ? :p :cmiwwww:

    • Nah itu dia bro,mau nggak mau si new Byson hrs dikorbankan. Atau si byson fi tsb mesinnya all new,pake mesin mx king. Mumet kan tuh.. hehehe. Kayak NMP-Verza aja. Hrs ada yg dikorbankan buat laku

  3. Tulisan ini menginspirasi tuk modif MX King. Mau tetep bebek biarin standar pabrik. Mau disportin tinggal modif bagian depan, ganti kepala dan kaki-kaki depannya sama punya Byson atau NVL. Belakangnya kan udah sport. Jadilah depan dan belakang sport, tengahnya moped. Unik tuh !
    Tapi kalau YIM mau mending bikin sport entry level untuk ukuran orang Indonesia kebanyakan. Mesinya pakai punya Jupiter MX 135 aja. Ukuran motornya segede CB 100 dulu. Desainnya model retro, klasik, atau cafe racer gitu. Belum digarap tuh.

    • Betul tuh bro. Kita tunggu aja,modifikator-modifikator indonesia kan kreatifitasnya pada jempolan tuh,paling sebentar lagi keluar modifikasi yang bner-bener ciamik.. Tergantung YIMM tuh bro,yg kita tau kan yimm jarang mau keluarin desain yg retro gitu.. btw thanks udah comment ya bro 🙂

1 Trackback / Pingback

  1. Jangan Mau Kalah Sama Xabre,Vixion Juga Keren Kalau Pakai Shock Upside Down! Nih Buktinya.. | Indoride.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*