Hati-Hati!! Lampu HID Pakai Projectorpun Sekarang Kena Tilang!

IndoRide.com – Assalamulaiakum brosist,salam geber sampai redline!!

p_20151213_153637-picsay.jpg
Contoh Modifikasi HID Projector

Berita tidak menyenangkan datang lagi dari dunia tilang menilang nih brosist. Memang,saat ini harus berhati-hati dalam memodifikasi motor,karena salah sedikit saja bisa kena pidana. Yap,kabar baru bahwa para pemakai dan pemodifikasi headlamp bawaan menjadi HID berprojector pun saat ini bakal kena tilang juga! Kabar ini datang dari bro Rey Alaydrus yang sharing pengalamannya lewat blognya lek Ari Pitstop aripitstop.com.

Baca Juga :
– Modificorner : Dongkrak tampilan motor dengan ubahan sederhana? Modifikasi headlamp jawabannya!!
 Modifikasi Headlamp Dual Keen Eyes,Tampil Ala “Bajak Laut”

lampu-hid-ditilang-1.jpg

Singkat cerita,menurut penuturannya,bro Rey sedang ingin melakukan perjalanan ke daerah Puncak,Bogor. Nah,saat didaerah Cisarua,doi ditilang oleh pak polisi,karena telah menggunakan headlamp yang dimodifikasi menjadi HID Projector seperti pada gambar tersebut. Nampak,bro Rey adalah pemilik seekor Kebo Byson berwarna biru dengan headlamp HID Projector.

Baca Juga :
– Konsep Modifikasi Yamaha New Vixion Pakai Headlamp Satria FU Injeksi,Menarik Juga Nih!
– 
Konsep Modifikasi Honda All New CB150R Pakai Headlamp Satria FU Injeksi,Ganteng Juga Yak!!

Menurut pak pol,bro Rey sudah memodifikasi lampu kendaraannya,sehingga menjadi sangat silau bagi pengendara lain. Melanggar pasal 279 katanya sih. Yuk mari kita simak isi dari Pasar 279 tersebut..

lampu-hid-ditilang.jpg
Kena pasal nih

Pasal 279

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 58 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Serta pasal 58..

Pasal 58

Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan dilarang memasang perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas.

Gimana brosist? Ngeri juga nih,bagi yang sudah pakai lampu HID Projector. Setau saya sih,lampu HID itu terangnya luar biasa ya. Efeknya ya bisa membutakan mata sesaat,apalagi kalau lawan arahnya ada biker/driver berkacamata,tentunya bikin tingkat kecelakaan meningkat kan brosist? TAPI….

p_20151213_153651-picsay.jpg
Ini sinarnya teratur kok,gak nyebar kemana-mana!!

Harus ada pengecualian nih! Lampu HID memang terang,namun jika sudah memakai projector,sinarnya akan teratur,tidak memancar kemana-mana seperti lampu HID tidak berprojector pada umumnya! Istilahnya,lensa projector melakukan cut-off terhadap sinar yang dihasilkan HID..

Last,nampaknya pak polisi tidak seharusnya membulatkan semuanya jadi satu peraturan nih! Sama seperti kasus Knalpot Racing. Tidak mesti semua knalpot racing disita dan dibumihanguskan! Namun,dipilih mana knalpot racing yang sudah sesuai dengan ambang batas ketinggian desibel untuk knalpot sepeda motor.

Baca Juga : Jelang Tahun Baru,Tidak Ada Toleransi! Knalpot Racing Berisik = Angkut!

Begitu pula dengan kasus ini! Harusnya,kudu ada pengecekan secara lanjut,mengenai sinar yang dihasilkan oleh sang motor yang telah dimodifikasi ini. Hmm,memang agak ribet sih,namun pastinya akan ada keadilan yang ditegakkan,bila semuanya sesuai dengan peraturan,dan peraturan tersebut sudah benar adanya..

12270472_1119981438013207_917101564_n-picsay.jpg

So,ada yang ingin berkomentar tentang hal ini brosist? Menarik banget nih,menurutmu gimana? Silahkan sharing di kolom komentar ya..

*Sumber : aripitstop.com

Thanks for reading and sharing,leave some comments below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..
Whatsapp : 08892377086
Facebook Fanspage : Alki Rahmatullah’s Blog
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

73 Comments

  1. Padahal peraturanya jelas kenapa rakyat kecil sllau di tindas.kebisingan udah jelas ada batasnya.pencahayaan jg jelas ada batasnya.kenapa pak pol maen sikat jadi satu aja.sekolahnya sampe mana sih.

  2. Yg membahayakan bukan hidnya, bukan juga projectornya, tapi yg membahayakan adalah yg menyilaukan, sekalipun standar pabrik kalau setelan ketinggian ya silau, ya wajib ditilang, suruh aja polisinya jongkok (posisi spt duduk disedan) didepan motor 15m an kalau silau ya silahkan ditilang, tapi kalau gak silau jangan mau ditilang, gak silau berarti tidak membahayakan bukan, utk intensitas sinar malahan yg ada adalah batasan minimal, kalau gak salah min 3000cd, kalau kurang terang wajib ditilang, silahkan cek dipasal yg lain

    Pingin tau hid projector lebih lanjut kunjungi aja
    http://fb.com/HID.Autolight

  3. Denger kabar juga sih Gan,jgn kan HID,sekarang LED juga kadang masih sempet di beretiin…
    Pengalaman aja nih Gan,saya Pake Knalpot Bobokan,suara Adem. Di stop Pa Pol,engine lgsg saya Matiin. Eh di suruh nyalahin lg,abis itu lgsg di Geber” sm Pa Polnya.. lgsg deh kertas Merah di tangan….haahaah

  4. emang si kumis aja yang oon..
    di undang² udah tertulis
    yang dilarang itu ‘SILAU’
    gak tau bedanya SILAU vs TERANG dia…
    sinar matahari itu TERANG, tapi kalau kena mata ya SILAU
    begitu juga lampu kendaraan entah itu HID ato yang lainnya.
    asal posisi sorotnya bener n gak kena mata jadinya ya TERANG bukan SILAU.

    sekolah lagi yang bener pak kumis :v

    • Yoi bro coba pak pol suruh touring dl ketempat yg minim penerangan.. Klo ga kecelakaan jago yah minimal sering ngantem lobang lah…klo hid yg sinarnya kemana2 ane setuju ditilang … Klo projie yg pake cut off ane ga setuju soalnya disamping ga menyilukan kendaraan depannya..bisa jadi alat keselamatan buat bro2 yg suka touring

  5. Polkis nya aja yg bahlul….gak bisa bedain hid biasa ama projie….
    Mobil kelas menengah ke atas semua pake projie…
    Harusnya yg d razia tu yg pake hid dan lampu led yg tanpa proyektor…nah itu ane sangat setuju

  6. dr dl pengen ngutak utik lampu biar terang tapi ttp aman tp ya itu td sikumis nampaknya selalu melotot.. jd males.. padahal lampu bebek semua remang2..

  7. sekedar saran aja. alangkah lebih baik.a setiap barang modifikasi harus sudah teruji SNI (STANDAR NASIONAL INDONESIA) sehingga tidak ada lagi yg jadi alasan. kl misalkan tetap ditilang, kita bela dgn alasan “kan barang ini udh teruji SNI.. jadi tidak bisa dikategorikan barang ilegal yg ga boleh dipake..” maaf bila ada salah kata

  8. Peraturan Polisi Gak ada yang bermutu semua Lampu nyala walaupun siang hari juga ga ada gunanya kecuali kalau emang ada kabut, ga ngaruh sama keselamatan tp ngaruh nya reflektor gakuat alhasil kepanasan boglam mati reflektor rusak jadi boros deh

  9. Emang dasar mata duitan sih. Aku juga pernah ngalamin ampe adu ngotot aku suruh bandingin liat dr depan ga mau,pokoknya ngotot silau,trus di kasih ke komandanya di dlm mobil yg ga mau tau. Harusnya kita jejerin sama motor standart trus di poto dari depan biar tau mana yang silau. Kamera kan lbh jujur.

  10. Strobo LED punya kepolisian jg sangat menyilaukan malah bukan hanya lawan arah yg terganggu belakangnya pun sangat terganggu.. Brarti harus di copot jg tuh..

  11. Cuma ada 2 kemungkinan….

    1. Polisi ini gk sekolah / sekolah nya kurang tinggi jadi gk bisa memahami isi dari pasal tsb

    2. Itu Polisi emang lgi cari uang makan….pas tgl tua,biker yg cerdas mending ikutan sidang ( klo Itu memungkinkan)……

  12. Yang di sayangkan tuh pak “isilop” cuma maen tilang aja,pas di tanya gimana ngurusnya biar lampu/knalpot/modif yg lain gak di tilang eh gak tau, malah suruh di satandarin.
    Pak “isilop” belum pernah naek motor 90an kali ya….

  13. Mana udh pasang lampu proyector udh hampir setahun pula. Klo mau angkut aja lampunya biar copot aja tuh lampu motor gw pak pol.

  14. Yang bikin aturan udah bener sih tapi untuk si penegak aturan kurang memahami aturan yg sudah ada tanpa melakukan pemeriksaan part2 yg canggih ini, sipenegak tau nya tilang2 doank tanpa tau cara kerja part2 keren ini, sipembuat part udah mikirin kali keselamatan orang lain dijalan nahhh buat sipenegak ini tolong lah belajar dikit ttg part yg keren ini biar ga tilang2 sembarangan. Mungkin ini sedikit masukan buat si penegak ya. Mkasi

  15. Lulus akpol ny boleh nyogok/ nembak ijazah x ???? skrg gni aj dah. Jgn main ke pasal dulu,,, bedanya INTENSITAS cahaya HID 6000K VS LAMPU LED BAWAAN ASLI MOTOR apahh??? sy rasa,, lampu led itu seterang HID 8000 KELVIN. Putih sdikit kebiruan,,, kalo HID 6000KELVIN mungkin setara lampu terios/rush dll. versi projector.

  16. kalo debat masalah aksesoris jawab singkat dan logis aja “kenapa pabrik yg bikin sama yg jual ga dirazia aja pak?dan kenapa pabriknya di beri ijin produksi sama dinas resmi?”

  17. Pasang lampu HID Projector kena tilang, giliran lampu rem mika putih (bening) aman-aman aja, masih banyak tuch pengendara yg lampu remnya warna putih,, belum lagi lampu penerang jalan yg masih banyak minim didaerah2 tertentu,,,,

  18. Sampah lah emang. Orang make projie biar hid ga silau sinar lebih terarah malah di seret ke pasal2 pelanggaran. Polisi cmn mau nyari2 kesalah kita aja broo. Yg make hid ga Pake projie malah banyak jg dibiarin. Sampah lah negara ini

19 Trackbacks / Pingbacks

  1. Pojok Diskusi : Penggunaan Headlamp HID Projector,Pantaskah Dikenakan Sanksi Tilang? | Indoride.com
  2. Yang Pakai Lampu HID Super Silau dan Stoplamp Putih,Udah Puas Bikin Celaka Orang?! | Indoride.com
  3. Lampu LED Bawaan Pabrik Ditilang Polisi?? LUCU Banget Nih! | Indoride.com
  4. Ketahui Razia Resmi Atau Tidak? Begini Cara Mudahnya! | Indoride.com
  5. Jangan Sembarangan Mengganti Spakbor Dengan Yang Lebih Pendek,Standar Pabrik Saja Bisa Ditilang!! | Indoride.com
  6. Modificorner : Dongkrak Tampilan Motor Dengan Ubahan Sederhana? Modifikasi Headlamp Jawabannya!! | Indoride.com
  7. TPT Honda All New CBR150R Selesai,Siap Launching 14 Februari Esok! | Indoride.com
  8. Konsep Modifikasi ‘Ekstrim’ Yamaha NMax Jadi Ala Low Rider dan Trail! | Indoride.com
  9. Yang Salah Oknumnya,Yang Disalahkan Kotanya! Nasib Miris Kota Cirebon.. | Indoride.com
  10. Klarifikasi : Ditilang Bukan Karena Tas Terlalu Besar,Tapi Karena Gak Pakai Helm! Benarkah?? | Indoride.com
  11. Klarifikasi : Ditilang Bukan Karena Tas Terlalu Besar,Tapi Karena Gak Pakai Helm! Benarkah?? | Indoride.com
  12. Hati-Hati,Boncenger Bisa Cedera Lebih Parah Daripada Rider Saat Terjadi Kecelakaan! | Indoride.com
  13. Honda All New CBR150R Berubah Total Dari Segala Sisi,Ini Dia Kelebihannya Dari Versi Sebelumnya! | Indoride.com
  14. Memfoto Razia Lalulintas,Warga Ini Didenda 250 Ribu Rupiah! | Indoride.com
  15. Waduh! Banana Arm Yamaha M-Slaz/Xabre Sampai Patah Begini,Ngeri Banget! | Indoride.com
  16. Razia ‘Bubar’ Saat Ada Action Camera ‘JaPro’,Harus Segera Dibenahi Nih!! | Indoride.com
  17. Motor Ini Pakai Knalpot Satria FU Standart Masih Kena Tilang Juga? Haduhh!! | Indoride.com
  18. Kehilangan SIM Dan STNK,Sudah Pakai Surat Kehilangan Resmi Masih Ditilang Juga?! | Indoride.com
  19. HOT! Honda Scoopy Terbaru Lebih Cantik Dengan Segudang Fitur, Launching Akhir Maret? | Indoride.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*