Lampu LED Standar Kena Tilang? Langsung Tunjukkan Pasal Ini Bro!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

lampu all new cb150r
Sorot lampu All New CB150R

Lampu LED memang terang,no doubt for that. Ramai-ramai pabrikan kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 mengaplikasikannya sebagai piranti standar penerangan sebagai fitur baru. Nah,masalahnya,lampu LED yang diaplikasikan oleh kebanyakan pabrikan terutama Roda 2 itu warnanya agak putih brosist.

image

Berbeda dengan warna lampu halogen atau bulb biasa yang berwarna kuning,karena sudah sejak berpuluh tahun lalu,kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 memakai lampu berwarna kuning ini untuk menjadi piranti standar penerangannya.

image
All New CB150R lampunya memang terang

Hal ini membuat pemilik kendaraan ber-lampu LED putih mengalami kebimbangan. Disamping merasa senang dengan sinar yang dihasilkan lampu LED,yang tentu jauh lebih terang dari lampu halogen biasa,pengguna lampu LED ini juga khawatir akan melanggar rambu lalulintas.

image
Curhatan bro Saeful di grup CB150R

Seperti masbro Saeful Adib Ar-Rohman,pemilik Honda All New CB150R ini. Doi lagi senang-senangnya memiliki motor baru yang keren banget nih,namun ditengah perjalanannya,ia diberhentikan oleh aparat!! Padahal motornya sudah lengkap dan masih kondisi standar ting-ting! Apa penyebabnya?

image
Ilustrasi New CB150R standar

Seperti kronologi yang ia share di grup Honda All New CB150R (facelift),ia mengalami kasus penilangan ini ketika ia melewati kota C_____n. (Mungkin brosist udh pada tau nih). Nah,ia ditilang karena lampu motornya dianggap menyalahi peraturan lalu lintas,karena berwarna putih dan dianggap terlalu terang! Wahh,kalau gitu kejadiannya,mirip sama kejadian Honda All New CB150R yang ditilang karena lampunya juga nih!

Baca : Lampu LED Bawaan Pabrik Ditilang?? Lucu banget nih!

Lalu,gimana mengatasi hal-hal ‘diluar prediksi’ seperti ini?? Ya mau gak mau,brosist dituntut untuk hafal tentang pasal yang menyangkut hal tersebut nih brosist. Terutama,pasal tentang ketentuan lampu yang diharuskan berwarna tertentu dan tidak menyalahi aturan.

image
Ini pasalnya.. Saya ambil dari diskusi di grup tersebut.

Aturan ini terkandung dalam Pasal 23 PP No. 55 tahun 2012,tentang aturan lampu pada kendaraan. Disitu disebutkan bahwa lampu kendaraan setidaknya harus berwarna kuning muda ataupun putih. Lantas,apakah bro Saeful ini salah dalam memakai motornya dalam keadaan standar di kota tersebut?

image
Jawaban dari Astra Honda Care

Tidak dong,jawaban yang diberikan oleh Astra Honda selaku produsen motor ini juga selaras dengan pasal tersebut,bahwa Honda All New CB150R ini tidak melanggar peraturan lalu lintas,karena sudah mengikuti ketentuan berlalulintas.


 

So,siapa yang salah dalam kasus ini? Jangan saling menyalahkan lah ya,semoga saja ‘yang bersangkutan’ bisa segera paham mengenai peraturan lampu pada kendaraan ini.

Dan untuk para riders yang memakai lampu LED standar di motornya,jangan pernah takut untuk melayangkan argumen tentang kasus semacam ini,kalau perlu bawalah ‘yang bersangkutan’ tersebut ke dealer motor terdekat untuk nantinya dijelaskan mengenai lampu LED standar pada motormu.. :).

Baca : Hati-hati,Lampu HID Projector pun sekarang bisa kena tilang!!

Nah,kalau memang lampu LED tersebut dirasa terlalu terang,tidak ada salahnya untuk menyetting ketinggian sorotnya agar tidak terlalu tinggi dan menyorot pengguna jalan dari lawan arah. Kasus ini sudah pernah saya bahas disini,baca ya brosist :D. Baca : Agar Tak Terlalu Menyilaukan,Begini Caranya Setting Ketinggian Lampu All New CB150R!

Last,semoga segera ada penyuluhan dari yang terkait mengenai lampu LED standar pada motor ini ya brosist,terutama di ‘kota’ yang sering terjadi kejadian seperti ini,dan semoga gak terulang kembali… 😀


Thanks for reading and sharing,leave some comments below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..
Whatsapp : 08892377086
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

23 Comments

  1. Polkis cirebon, klo bukan plat sana mau ori pabrik or kga mah pasti ditilang, laper soalnya, gak jauh beda sama R15 headlamp nyala satu ditilang, khn emg dr pabrik nyala satu, ntar nyala dua (lampu jauh) ditilang lg lampu silau membahayakan pengendara laen, ban old vixion belakang uk. 100 ditilang dibilang kecil pdhl bwan pabrik cm 90, intinya hati” lewat cirebon polkisnya laper semua

  2. betul betul silau bro kalau kena mata nggak siang nggak malam gak tau stelnya gimana kok rata rata semua motor baru yang lampu dengan LED bikin silau

  3. Tp ?? Bukan kah warna putih (pure white – 6500K) Itu berbahaya pada keadaan hujan dan berkabut ..
    Mgkn lebih baik pake LED yg berwarna kekuningan (warm white – 3500K).. Hal Ini tentu akan menghasilkan intensitas cahaya yg lebih kuat + hemat daya (drpd lampu pijar ) dan cocok dg keadaan di Indonesia..

  4. Jelaslah melanggar. Lu gak tau sih maksud dari warna kuning apa. Warna kuning itu menembus kabut dan bisa jelas terlihat dari kejauhan. Warna kuning itu gak nyebar. Tapi fokus, sedang warna putih nyebar dan gak bisa menembus kabut. Dan LED, safety buat lu sendiri, orang lain gak. Egois lu kalo masih mau membela diri. Sementara kalo dari pabrik emang gitu, berarti harus ada perbaikan dari desain motor itu.

    • Ehehe jangan marah marah mba Dinda.. Santai wae kita berargumen.. Btw kalau dibilang LED safety buat kita doang, buat orang lain engga, kok saya ga setuju yah? Mohon maaf soalnya saya pernah pakai lampu LED dengan warna kekuningan. Btw tahu gak ada warna LED yang kekuningan? Dan itu aman sama lawan arah kok, saya pakai di motor saya dgn reflektor yang besar, dari lawan arah gak bikin silau. Menurut saya memang gak masalah dengan warna, putih atau kuning, tapi sebaiknya yang dipermasalahkan itu adalah posisinya, harus menyorot jalan bukan mata pengendara lawan arah. Begicu mbak..

15 Trackbacks / Pingbacks

  1. TPT Honda All New CBR150R Selesai,Siap Launching 14 Februari Esok! | Indoride.com
  2. WOW! Renderan All New CBR150R LED Ini Dikabarkan Sudah Mirip Aslinya,Sangarrr! | Indoride.com
  3. Klarifikasi : Ditilang Bukan Karena Tas Terlalu Besar,Tapi Karena Gak Pakai Helm! Benarkah?? | Indoride.com
  4. Klarifikasi : Ditilang Bukan Karena Tas Terlalu Besar,Tapi Karena Gak Pakai Helm! Benarkah?? | Indoride.com
  5. Hati-Hati,Boncenger Bisa Cedera Lebih Parah Daripada Rider Saat Terjadi Kecelakaan! | Indoride.com
  6. Pemberitaan Miring Tentang Cirebon Semakin Masif ; Harus Ada Tindakan Dari Dinas Terkait! | Indoride.com
  7. Razia ‘Bubar’ Saat Ada Action Camera ‘JaPro’,Harus Segera Dibenahi Nih!! | Indoride.com
  8. Motor Ini Pakai Knalpot Satria FU Standart Masih Kena Tilang Juga? Haduhh!! | Indoride.com
  9. Kehilangan SIM Dan STNK,Sudah Pakai Surat Kehilangan Resmi Masih Ditilang Juga?! | Indoride.com
  10. Lampu Sein New Vixion Cocok Dipakai Di Segala Motor ; Bahkan Di Moge Sekalipun! | Indoride.com
  11. Spyshot Motor Naked Baru Yamaha Terjepret Di India,Calon Byson Kencang Ini! Pakai Mesin Scorpio! | Indoride.com
  12. Tahun Baru,Warna Baru Buat Vario 110 LED! Harga 16 Jutaan.. | Indoride.com
  13. Yamaha All New R15 V.3 Confirm Pakai Assist & Slipper Clutch, Pelopor Di Kelas Sport 150cc! | Indoride.com
  14. Honda Resmi Merilis CRF250 Rally ; Harganya 62 Jutaan! Ancurrr Tabungan Bro! | Indoride.com
  15. Daily Review Honda CBR250RR ; Sorot Lampu Depannya Terang dan Fokus, Jalan Gelap No Problem! | Indoride.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*