Beberapa Alasan Untuk TIDAK MEMILIH Yamaha Byson Second!!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

wp-1455545654874.jpeg

😀

As you know,saya sudah selama kurang lebih 5 bulan ini dititipi Yamaha Byson berwarna putih tahun 2012 brosist. Dalam kurun waktu 5 bulan tersebut,saya mengalami banyaaaak sekali suka dan duka bersama si Kebo kondisi secondhand ini. Beberapa waktu yang lalu pun,saya sudah menulis artikel tentang Beberapa Alasan Untuk MEMILIH Yamaha Byson Second dari pandangan saya sebagai user dan pemakai sehari-hari..

:cool:

😎

First of all,brosist bisa baca artikel-artikel tentang Yamaha Byson saya di bawah ini..

5 Bulan bersamanya,adakah suka dukanya?

5 Bulan bersamanya,adakah suka dukanya?

Nah,suka dan duka dilewati selama kurang lebih 5 bulan terakhir ini. Masuk Kandang sekitar bulan 10,atau bulan Oktober 2015 kemarin,tentu sudah cukup lama saya mengarungi jalanan pinggiran kota Jakarta alias Depok City ini dengan kontur jalanan yang bermacam-macam. Alasan kenapa saya memilih Yamaha Byson sebagai tunggangan sehari-hari pun,sudah sempat saya tulis di artikel ini bro and sist : Review Singkat Yamaha Byson 2012,Welcome To My World Bro!

Di artikel sebelumnya,sudah saya singgung beberapa alasan saya kenapa memilih Yamaha Byson,dengan segala kelebihannya di harga yang cukup miring menurut saya. Produk buatan manusia biasa,tentu gak ada yang sempurna brosist. ( Baca : Seburuk Itukah Pemikiran Orang Terhadap Yamaha Byson? )Termasuk juga dengan motor 150cc berdesain muscular bikinan Yamaha India ini.. Ada saja hal yang bikin gondok saya selaku pemakai selama 5 bulan terakhir memeliharanya. Apa aja sih hal yang bikin saya tidak merekomendasikan Yamaha Byson untuk dibeli dalam kondisi secondhand? You must be see it..

1. Tenaga? Biasa aja…

Topspeed cuma segini... *masih gigi 4

Topspeed cuma segini…
*masih gigi 4

Tenaganya? Sudah jadi perbincangan yang panas di ranah otomotif Indonesia,bahwa si Kebo adalah motor 150cc yang tenaganya biasa aja… (kalau gak mau dibilang lemot). Sayapun merasakannya,dan sudah bisa memaklumi sejak awal memilih Byson,bukan untuk tarik-tarikan dengan sport tetangga. Ya maklum aja,SOHC 2 Valve air-cooled 14 HP,minta lebih?

Konon karbu Byson ini bikin tenaganya tertahan.. Tipe karbu Vakum atau Constant Velocity

Konon karbu Byson ini bikin tenaganya tertahan.. Tipe karbu Vakum atau Constant Velocity

Terlebih,karburator tipe Vakum yang diusung,plus intake panjang dan knalpot yang meliuk-liuk,membuat tenaganya tertahan banget tuh brosist. Saya rasa,para Rider Byson udah tau nih hal ini.. Solusinya? Banyak! Jangan takut si Kebo gak bisa kenceng lho.. Asal ada modal dan kemauan,tuh Kebo bisa disandingkan dan bahkan bisa dibawa tarik-tarikan lucu bareng sport tetangga.. Ga percaya? Siapin duit aja. *kalo saya mah standaran aja bysonnya.. (gak punya duit buat modip). 😆

2. Karburator Vakumnya? Bikin kesel! 

Karburator Byson dilengserkan.ganti PE!

Karburator Byson dilengserkan.ganti PE!

Ini dia salah satu momok paling menakutkan yang melanda para user Byson se Indonesia. Rumor bahwa motor Karburator lebih mudah diurus,lebih friendly untuk pemakaian harian,dan sebagainya,membuat saya cukup percaya dan akhirnya memilih Yamaha Byson dengan pertimbangan tersebut.

Apa yang saya dapatkan? Dalam kurun waktu 2 bulan setelah pemakaian sehari-hari,saya menemukan sebuah gejala aneh,yang bikin mumet gak ketulungan. Motor akselerasinya brebet! Gak langsung narik seperti sebelumnya. Setelah diskusi oleh beberapa pakar dan diskusi di grup Byson Facebook,ternyata memang ini penyakit alamiah yang dimiliki si Kebo. Solusinya? Ganti karet Vakum pakai punya Thunder,atau ada beberapa orang yang merekomendasikan untuk membuang karbu asli Byson tersebut,dan mengganti dengan Karburator RX King. What the hell… XD.

Sampai sekarang,saya biarin aja tuh karburator. Menurut diagnosa sih,skep kena baret,dan saya belum ada kesempatan buat benerin sendiri.. *maklum bukan anak mesin. So,nunggu waktu yang tepat dan duit yang tepat pula untuk memilih,apakah ganti karbu atau melakukan sekedar treatment. Mengalami hal yang sama?

3. Shockbreker belakang aslinya mayan keras,dan rawan patah!!

Salah satu kasus yang menimpa rider Kebo di grup Byson Facebook,Shock Patah!

Salah satu kasus yang menimpa rider Kebo di grup Byson Facebook,Shock Patah!

Buat para rider Byson,udah ngerasain betapa kerasnya shock belakang Byson gak? Saya udah nih.. Awalnya memang sangat nyaman naik si Kebo,apalagi di jalan yang lurus dan gak ada bumpy roadnya. Ditambah motor cukup stabil saat dibawa di jalanan yang lurus seperti tadi. Namun seiring pemakaian,shock belakang terasa cukup keras nih..

Saat didiskusikan dengan kawan-kawan sesama rider Byson,ini adalah satu penyakit yang juga melanda si kebo sejak lahir. Awalnya memang enak,rebound mantap,tapi lama-kelamaan ya akan keras juga. Saya pun memahaminya.. Dan yang lebih parahnya lagi,shock original Byson ini rawan patah brosist! Ngeri banget,sudah terjadi di beberapa Kebo yang mengalami ‘Patah Kaki’ karena Shock ini.. Solusinya,banyak pilihan shockbreker yang mumpuni untuk menggantikan rear shock sang Kebo. Wajar sih,dalam kondisi secondhand semua bisa terjadi..

Di harga yang sama dengan Yamaha Byson Second,banyak pilihan motor sport lain yang tentu tenaganya lebih mumpuni dari Byson. Contoh saja,CBR150R Karbu CBU Thailand,Yamaha Scorpio,Honda Tiger,dan motor-motor lain dengan tenaga yang lebih besar dari si Kebo. Namun,kembali lagi kepada Alasan saya memilih Yamaha Byson second,karena umurnya yang masih relatif muda tuh brosist. Untuk sport lain yang harganya cenderung setara dengan Byson,umurnya relatif sudah cukup tua.. Rata-rata dibawah tahun 2010.

You are still my best,boy..

You are still my best,boy..

wp-1455233302802.jpeg

Kelebihannya,tetap kinclong walaupun udah 4 tahun!

 

Nah,itulah beberapa alasan saya untuk tidak merekomendasikan Yamaha Byson Second untuk dibeli. Tentu,ini dari perspektif saya sebagai seorang user Byson yang sehari-hari pakai Byson kemana-mana ya brosist.. Bukan maksud melakukan black campaign,masa motor sendiri mau dikata-katain atau dijatuhkan?? Apalagi belinya susah payah.. Gak mungkin dong :D.

kebo byson cafe racer byson silver velg gold byson velg gold yamaha-byson-ala-bmw-gs1200-636470.jpg

^Byson,dimodif kayak gimana juga keren! Silahkan pilih tema modifmu..

Balik lagi ke brosist,sebelumnya sudah saya tulis alasan untuk memilih Yamaha Byson Second. Jika brosist menyukai desain yang muscular,keren,ningkatin kece sampai 80%,silahkan pilih Yamaha Byson,diluar masalah tenaganya yang tentu masih bisa dioprek ini ya brosist.. Maklum lah,saya belum mampu beli Honda All New CB150R,All New CBR150R Facelift K45G,ataupun Yamaha Xabre dan Yamaha R15 itu.. Jadi ya,Yamaha Byson adalah pilihan yang cukup tepat buat saya sepertinya…

So,kalau ada yang kurang,mohon ditambahi ya bro and sist.. Ayo mulai diskusi sehat :D.

Kamu riders Byson? Ayo diskusi sehat di kolom komentar.. 😀

Baca juga yang lainnya brosist..

Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

 

Advertisements

54 thoughts on “Beberapa Alasan Untuk TIDAK MEMILIH Yamaha Byson Second!!

    • mungkin yg di maksud dititipi itu sptr ini… kalo semua harta/benda kita bahkan anak istri dan umurpun titipan Allah SWT.

      Like

  1. Semua motor ada kelebihan dan ada kekurangannya.
    tergantung dari gimana kita menyikapi,merawat dan pemakaiannya

    Like

  2. Pingback: Ketika Yamaha Byson Bersanding Dengan Yamaha Xabre,Lebih Keren Yang Mana Nih? | Indoride.com

  3. Anu om TS.. Kayanya itu bysonnya uda cacad deh… Perkiraan saya owner sebelumny uda oprek2 ga jelas tuh… Soal karbu vakum sangat sangat tidak ada masalah mas bro…. Selama penanganan baik…terbukti kebo saya lahir february 2012 sampe terakhir kemaren 2015 akhir… Sehat2 aja karbunya ga ada itu masalah karbu mbrebet segala…. Soal sock juga nih… Punya saya ga ada masalah sama yang 1 ini om…. Tetep rebound enak… Overal sehat kebonya selama pemakaian 3 th.. Cuma ganti kampas rem depan belakang sama oli doang…
    Coba baca group kaskus om… Masalah kaya TS timbul karena rata2 dioprek motornya. Belinya juga murah kan? Nah mungkin itu sebabnya.. Soalnya saya jual kemarin masi laku 16.7 jt kok…

    Like

    • Wogh menarik nih.. Kemungkinan memang selalu ada bro. Tapi pas saya beli udah dicek semua,smepat bawa mekanik juga,aman.. Hehehe. Mungkin memang ada kesalahan di saya atau bagaimana,tapi memang saat saya tanya ke beberapa kawan yang punya byson,mereka juga ngalami hal yang sama. Jadi ya asumsi saya memang kebo masalahnya di karbunya nih.. Mohon maaf kalau memang saya ada salah salah.. Hehehe

      Like

    • Vakum mbrebet bisa jadi penanganan karbu vakum ala karbu skep….karena kalo skep kan dicuci pake bensin…. Dan kebo saya dulu pas mau dicuci pake bensin saya marahin tuh tehnisi…. Kalo mbrebet ganti….. Klo ga bs perawatan kebo jangan pegang kebo…. Mana spv mu….. Dulu saya sempet teriak gitu . karena pada jaman kebo lahir rata2 motor masi pake karbu skep..dipikir sama kali… Padahal beda… Karena vakum pake karet … Nah karet kan kalo krna bensin jadi keras… Itu yg bikin mbrebet

      Soal sok patah jawabannya gampang…. Pasti pernah pake besi peninggi motor atau perendah motor yang kualitasnya ecek2… Jelaslah patah ….. Kalo pake normal yang ga kenapa2

      Like

      • Sipsipp,noted. Selama servis pun saya gak pernah ngerendem vakum pakai bensin om. Tapi coba nanti dicek dan didiagnosa lagi apa penyakitnya. Mungkin ada kesalahan dr pemilik lamanya juga.. Hehe.. Thanks dah komen om (y)

        Like

  4. Pingback: Modifikasi Honda Vario Techno 125 Pakai Knalpot Yamaha Byson,Unik dan Kekar! | Indoride.com

  5. wah senasib juga punya kebo secondhand.

    gejala nya serem2 gitu gan.
    tp menurutku itu 50:50 antara kondisi kendaraan sama cara pakai rider nya.
    percuma juga kan kualitas kendaraan bagus tp ridernya main betot gas gaya alay, jalan2 bergelombang diseruduk aja..hehee.

    kl ane pakai kebo 2013 second ud 1 thn, msh sehat, setengah tahun g diservis juga, cmn rajin ganti oli.

    tp tetep kl di jalan pelan2, biar kata orang2 lemot juga ini saya beli kebo pakai uang sendiri bukan uang elo.. wkwkwkwk

    Like

  6. Pingback: Take A Risk! Bongkar Dan Bersihkan Karburator Vakum Untuk Pemula!! | Indoride.com

  7. memang bener adanya ulasan salah satu brother kita diatas, tapi itulah yang namanya seni. ane juga beli byson second merah tahun 2012 bukan apa2 tapi ane seneng sama kuda besi yang pake karbu secara bisa di otak atik sesuai hati sang empunya, kalo misalnya gak mau ribet bisa beli yang udah injeksi koks tapi ya itu yang sudah ane bilang diawal jadi gak ada seninya dan bisa mematikan kreatifitas kita. pokoknya salam seruduk ane tetep cinta byson old

    Like

  8. Pokoknya Byson joss lah….udah 2 tahun saya pakai Byson buat keseharian dan enak kok motor ini malah pakai santai lebih nikmat sikebo, ban naik ke 130/70 biar kece, kecuali sabtu minggu sikebo harus istirahat, pake yg agak gede dikit kalo weekend 😆…..

    Like

  9. kalo kebo keluaran terbaru, apa aja sih gan kelebihan dan kekurangannya?? apa sama aja??
    respon pelisss..

    Like

  10. Pingback: Ini Dia Honda CBR250RR Second Pertama DI DUNIA! Punya Siapa Nih Ya?? | Indoride.com

  11. Pingback: Wow.. Yamaha Byson FI 2017 Ada Warna Baru Yang Lebih Keren, Harga 22 Jutaan Saja! | Indoride.com

  12. Pingback: Memperbaiki Seal Shock Depan Byson Yang Bocor, Mudah Tapi Gak Murah! | Indoride.com

  13. Karbu byson memang punya kelemahan, yaitu dikarbu,kebanyakan karbu ori byson sering ngadat, makanya harus diganti dengan karbu milik RX king,yaitu PE 28.

    Like

  14. Pajek berapaan bysonnya @ngep di depok bila mtr 1? Mending byson daripada tunder125😭 klw mau kasih program diet berat velg ban gimana dgn spek standar😂

    Like

  15. Gw jg pake byson second 2012 semua standar udh setaun gw pake alhmdulilah ga ada kerusakan di gw baru ganti kampas rem ..masalah,a cm 1 emnk bner tenaga,a ga ada… apa lg sebelum.a gw pake rx king d tarik dikit njengat

    Like

  16. Sore ni penyakit baru bison thn 2012,suara pada mesin(mirip suara klep kendo)waktu d start trs d gas sampe jalan terus bunyi,sampau bberapa bengkel angkat tngan.uda ganti seker,templar mulai boreng blok uda d cek tp masih ttep…berikan solusiny…thank

    Like

  17. Tips ni gan buat yang pgen enak tarikannya
    klo pke karburator standar bison ..ganti mainjet ma spuyernya punya Scorpio standar … Filter pke fariasi
    karet vakum ganti punya tander 125
    Knalpot​ pke kenalpot standar punya Scorpio lama
    Untuk pengapian sendiri pke CDI Yamaha Mio yg g ad limitnya … Dah jos itu gan balapan ma Vixion ap Fu aj berani

    Like

  18. Karna karbu nya yg mau mati tiba2 dn kayak kehabisan minyak lalu di hidupin lagi susah… Kesel saya liat byson jd males make

    Like

  19. Gw make Kebo jg… Tp alhamdulillah beli gres walau kredit… Hahaha…

    Gk ada masalah berarti sih so far… Setuju sm bbrp pendapat teman2 dsini… Terutama mslh perilaku rider…

    Yg penting emg ganti oli mesti rajin… Durasinya mungkin klo by km, motor lain sekali, kebo udah 2 kali…

    Tp masalah yg sering gw hadapin, lampu blkng kebo sering bgt ganti, cpet bgt putusnya… Hahaha…

    Masalah tenaga… Klo mau kebut2an… Di track lah bro.. Jgn di jalan raya, bnyk rider lain jg yg bs celaka gara2 kelakuan kita…

    Salam Kebo

    Like

    • Sip masbroo! Salam rider Byson se Indonesia hehe.. Kalau soal lampu belakang pake lampu belakang punya motor Honda masbro. Gw pake udh hampir 2 tahun msh awet aja padahal nyala terus tiap hari hhe.. semoga membantu

      Like

  20. Lagi lagi byson.
    Byson jelek? ‘Emang”.. Byson lemot? Naah.. Itu tergantung ridernya. Ane juga pake byson 2011.. Beli bekas, skrg udh di kasih vitamin pake piston tiger std, karbu pe28 tp pake repaitkit neotech biar gk brebet,manipol di potong.. Catalic converter di hilangin lgsh diaambung ke selincer.. Tanpa porting polish dan colek noken as.. Namanya juga vitamin minimalis. Tarikan mantap sama bang tigi aja berani jejer..

    Like

  21. Klo masalah monoshock byson yang potong itu bisa di las kuningan dan di suntik ulang hasilnya juga sudah saya coba masih kuat dan empuk sampai sekarang..

    Like

  22. Klo masalah monoshock byson yang potong itu bisa di las kuningan dan di suntik ulang hasilnya juga sudah saya coba masih kuat dan empuk sampai sekarang..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s