Ban Standart IRC Road Winner Ternyata Bisa Dipakai Balap Juga Nih!

IRC RX-01 Buatan jepang lebih mantap??

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

IRC Road Winner
IRC Road Winner

Ban memang sebuah piranti yang sangat penting untuk membuat sebuah kendaraan bisa berjalan dengan baik. Tanpa adanya ban yang baik,sang kendaraan juga tak akan berjalan dengan baik. Mungkin berbeda dengan zaman dulu yang masih memakai kayu sebagai roda,nah sekarang sudah zaman maju semuanya pakai velg+ban. #yaiyalah..

KLX,pake ban pacul coyyy.. Sesuai segmen
KLX,pake ban pacul coyyy.. Sesuai segmen

Ban pun bermacam-macam jenisnya. Dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan ‘habitat’ ban tersebut. Contohnya saja,ada ban yang hanya bisa dipakai di jalanan aspal mulus. Lalu ada ban yang khusus dibuat balap drag maupun balap sirkuit,ban yang khusus dipakai di jalanan tanah,hingga ban dual purpose alias bisa dipakai di segala medan. All Terrain bahasa kerennya..

All New CBR150R pakai ban IRC Road Winner buat standarnya..
All New CBR150R pakai ban IRC Road Winner buat standarnya..

Naah,gak pake basa-basi,brosist tau gak sih ban bawaan motor-motor sport 150-250cc di Indonesia itu merknya apa? Yang mengamati pasti udah kenal dengan merk IRC. Bukan promosi lho ya,memang rata-rata motor sport entry level di Indonesia pakai ini ban sebagai standart pabriknya. Dengan kembangan yang cukup menarik dan kabarnya lumayan ngegrip,IRC RX-01 alias Road Winner ini dipercaya mayoritas pabrikan motor di Indonesia sebagai ban standart sportnya..

Byson ane juga pakai IRC Road Winner... *depannya saja
Byson ane juga pakai IRC Road Winner… *depannya saja

Tengok saja deh ban standart Honda CB150R,Honda CBR150R,CBR250R,lalu Ninja 250,hingga Yamaha Byson dan Yamaha R15,pakai ban merk ini sebagai standartnya. Berbagai macam ukuran juga disediakan,sesuai kapasitas mesin juga tuh brosist.

IRC RX-01
IRC RX-01

Sayangnya,banyak yang mengeluhkan performa ban IRC RX-01 alias Road Winner ini saat dipakai di jalanan aspal Indonesia. Banyak yang mengeluhkan licin,suka geal-geol,dan sebagainya. Dan bisa dipastikan,banyak pula bikers yang akhirnya mengganti bannya dengan merk dan tipe yang lebih bagus dari IRC Road Winner..

Ban apa nih dipakai miring-miring?
Ban apa nih dipakai miring-miring?

Eits,tapi ada sebuah video yang membuat saya cukup takjub nih brosist. Bagaimana ketika ban standart motor sport entry level di Indonesia ini,dijadikan sebuah properti untuk balap di sirkuit?? Padahal kan katanya IRC RX-01 ini licin banget kalau buat miying-miying? Langsung aje deh nonton video yang diupload oleh MC GARAGE tentang komparasi IRC RX-01 dengan ban-ban lain yang lebih bagus.. Cekidots :

Nah,bisa dilihat dari video tersebut,IRC Road Winner yang notabene ‘ban biasa’ disandingkan dengan merk-merk semacam Shinko,Bridgestone,Pirelli,Michelin,dan ban-ban mermerk lainnya. Dengan satu motor untuk media pengetesan yakni KTM RC390,dengan kondisi yang sama,motor yang sama,tenaga yang sama,dan juga ukuran yang sama.. Ban-ban ini diadu,ternyata…

Ternyata IRC Road Winner!
Ternyata IRC Road Winner!

screenshot_2016-03-16-20-43-27.jpg

IRC Road Winner alias RX-01 masih mendapat review yang cukup baik dari sang test rider. Sang sembalap berani membawa KTM Duke 390 tersebut miring-miring hingga sudut maksimal.. Padahal,banyak yang meragukan performa dari ban ‘sejuta umat’ ini ya brosist. Ternyata eh ternyata,lumayan juga nih performanya! Bahkan masih kelihatan bolot nya alias bintik-bintik ban sehabis dipakai cornering tuh… Mantap!

Sampai kelihatan giniannya,kayak ban-ban mahal gitu yang soft compound :D
Sampai kelihatan giniannya,kayak ban-ban mahal gitu yang soft compound 😀

So,masih mau meragukan performa ban ‘sejuta umat’ ini brosist? Daripada keburu diganti,mending dipahami dulu karakternya. Ban bertipe medium compound seperti ini memang jangan sembarangan dibawa di trek basah,ya bisa ndlosor kowe mzbro XD. Tapi kabarnya sih dari teman saya yang sering cornering,IRC Road Winner bawaan motor-motor CBU itu kualitasnya lebih bagus,bahkan masih bisa dengan PeDenya melawan ban-ban import saat wet race… Benar atau tidaknya silahkan dibuktikan sendiri! *saya mah gak berani :mrgreen:.

Nahh,coba dipelajari karakter bannya,siapatahu cocok,kan jadi gak buru-buru ganti ban. Atau kalau ada yang mau jual IRC Road Winner ukuran 110-140 atau 110-130 dengan harga khilaf bisa PM ane.. Dengan senang hati.. Wkakaka :lol:.

Okehh,gimana brosist? Semoga berguna yaa! :D.

Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

14 Comments

  1. katanya sih yg road winner luaran beda ama yg lokal sini mzbro..
    perasaan ban setandar byson enggak enak deh, kalau masih baru 2-3 bulan sih enak. kalau udah lama, bannya jadi kaya batu. ditusuk pake kuku, kukunya yg sakit 😀

  2. Irc road winner ada tipe race jg bro,saya juga baru tau dari FB rumah ban motor tp cuma jual 1 ukuran 130/70 aja,sedangkan yg di pakai di motor umum di indonesia adalah hard-medium compound,jd memang modelnya sama tp berbeda bahan

  3. Road winner kalo msih dingin grip’a emang ok tpi kalo dah panas ga berani dah miying2. . Tkut ndlosor. . Orang di trek lurus aja ban kya goyang2 sndiri (trutama yg blakang)
    *pengalaman pribadi

  4. IRC roadwinner ada versi soft compound nya yg khusus race (gak beredar di pasaran kayaknya), jelas beda performancenya dengan yg nempel di bawaan motor standar (bukan soft compound).
    ntar orang baca tulisan ini pake ban irc standar langsung miring2 pol lagi malah kepleset hehe

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Review Ban IRC ‘Road Winner’ RX-01,Yang Satu Ini Gripnya Asik Banget! | Indoride.com
  2. Tips n Trick : Safety Riding Itu Kayak Gimana Sih? | Indoride.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*