Short Review : Honda CB500X,Si Jangkung Yang Memikat Hati!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

Honda CB500X!!

Honda CB500X!!

Yap,judulnya agak agak aneh dan hora umum pisan brosist.. Short Review? Apaan tuh arti sebenarnya? Gak jelas banget sih! Ya gapapa deh.. Bingung juga mau ngasih judul apa. Mau dibilang Review,nanti dibilang kependekan. Mau dibilang Test Ride,nanti ditanya “mana reviewnya?”. Sekalian aja deh dikasihnama “Short Review”,biar jelas esensi dari semua ini.. *hayah. Oke sekedar intermezzo aja nih di awal tulisan ya brosist..

Honda! Merk ini sudah sangat sangat sangat (dan masih sangat ke 499kali) terkenal di Indonesia. Gimana enggak? Saking terkenalnya,di kampung saya di Sumatera Barat sanah,orang bilang motor itu ya Honda. Sepupu punya motor Mio,disebut Honda Mio. Oke skip lagi.. Dan saya pun mendapat sesuatu yang cukup membahagiakan nih,karena bisa ngetes motor ber cc besar lagi.. Horeee..

Saat nyemplak Suzuki GSR600 dulu nih

Saat nyemplak Suzuki GSR600 dulu nih

Yang dulunya hanya sebatas mimpi,bisa duduk di atas jok sebuah motor ber cc besar (saya anggap diatas 250 itu ccnya udh besar :D),sekarang alhamdulillah sudah terwujud beberapanya.. Sesuwatu banget deh ya.. When the little dreams come true :D. Setelah sebelumnya,saya pernah test sebuah motor 650cc milik om Vandra MMblog,yakni Kawasaki ER6n,lalu ada Suzuki GSR600,dan beberapa motor besar lainnya.. Ya feels so lucky deh..

Akhirnya berkesempatan lagi buat ngerasain sebuah motor besutan Honda nih,saat acara Honda Safety Riding oleh Wahana Honda di Jatake Sabtu kemarin. Mogenya lagi! Ketika biasanya nyemplak Honda Revo yang ccnya cuma 100,kali ini nyemplak sebuah motor dengan volume silinder 250cc dikali dua nih! Yap,Honda CB500X,si Jangkung yang memikat hati!

Hai X!

Hai X!

Lebay? Ah seriously.. Yang satu ini bener-bener memikat mata dan hati saya. Walaupun ada juga Honda CB650F sabtu kemarin,tapi yang memikat hati ya si X ini! Kenapa gitu?

Desainnya yang ala-ala motor Enduro (or whatever you said) sukses membuat saya terpikat poll.. Yang ngikutin blog ini dari dulu (jiah,siapa juga yang ngikutin XD),pasti pernah lihat tulisan saya tentang kepincut dengan Pulsar 220F yang dimodif ala motor Strada. Tapi karena satu dan lain hal,gagal deh.. Hal ini serasa terulang dengan motor yang memiliki cc 2 kali lipatnya!

Lanjut.. Setelah ngantri untuk ngetes motor ini dari blogger lain,akhirnya saya dapet gilirannya.. Gak pake lama,pasang action cam di helm,langsung nyemplakin nih motor! And this is my Short Review about this bike!

Dimensi!

wp-1461767271554.jpeg

Dimensinya bisa dibilang cukup compact untuk ukuran motor 500cc brosist. Buat saya sih,buat saya ini lho ya,pass banget naikinnya! Bahkan beberapa kawan bilang,saat saya diatas si X ini,seperti sedang diatas CS1 saking compactnya! (atau memang badan saya yang besarnya keterlaluan? Ah bodolah.. XD).

wp-1461767301916.jpeg

Asik! Satu kata yang saya lontarkan di dalam hati saat pertama kali naik si X ini. Stang yang rasanya agak sedikit lebih lebar dari si Kebo Byson,cukup mudah diraih dengan ukuran panjang tangan saya. Joknya juga pas banget menopang bagian belakang saya.. Dan the best part of this bike is…

Seat heightnya! Sempat penasaran dan nanya ke om Vandra,barangkali nih motor udah pake Lowering Kit,ternyata ori tuh brosist. Saat dulu saya sering baca review-review moge dengan jenis kayak gini,rata-rata seat heightnya mayan nyiksa buat bikers dengan tinggi dibawah 170.. Ternyata,saya bisa napak dengan sempurna.dan bahkan kaki masih sempet buat nekuk dikit.. :D. Dimensinya saya rasa cukup bersahabat untuk dibawa di perkotaan..

Handling!

Nyosss

Nyosss

Handling ini bisa dijadikan sebuah patokan bagi bikers dalam memilih motor. Pastinya,motor dengan handling yang ringan dan mudah dikendalikan,akan lebih disukai oleh para bikers nih.. Tull gak? Hehe.. Dan saya merasakan handling yang cukup ringan di di dalam tubuh besar sang CB500X. Yap.. Ringan..

Honda CB500X!!

Honda CB500X!!

Setelah sebelumnya saya bawa Byson dari Depok ke Gunung Sahari,dan bawa CB150R Old dan New saat kegiatan safety riding,tentu saya merasakan kemudahan menikung dengan motor-motor yang sebelumnya saya kendarai. Sempat agak ragu dengan handling CB500X ini,karena bentuknya yang kayak gitu.. Jangkung,dan gak meyakinkan buat nikung.. Awalnya..

Handling asikkk

Handling asikkk

Setelah merasakan,saya cukup senang dengan handlingnya. Pas buat saya yang berpostur tinggi besar dan gagah ini (iyain aja yah biar cepet). Melibas tikungan patah,tikungan U turn,cukup mantep lah. Stang masih bisa dikendalikan dengan mudah. Center of gravitynya bagus kah? Ah saya kurang paham..

Ergonomi! 

wp-1461768132650.jpeg

Gak sah kalau bahas motor gak bahas ergonominya. Ya karena setiap motor punya ergonominya masing-masing,yang nantinya nentuin motor tersebut nyaman atau enggak buat ridersnya. Iya gak sih? Langsung aja lihat diatas tuh foto saya bersama sang CB500X..

Posisi berkendara,pilih yang paling PeWe alias Posisi Wenak!

Posisi berkendara,pilih yang paling PeWe alias Posisi Wenak!

Gimana ergonominya brosist? Menurut saya sih,sangat,sangat,sangat bersahabat! Kenapa? Rileks bener berada di atasnya nih brosist.. Kalo kate anaknye Sule “Apa artinya kenyamanan,kesempurnaan,cintaaa” ya seperti itu lah.. Tangan dengan “rapi” menggenggam stang yang lumayan tinggi itu. Seat height yang bersahabat,membuat saya yang tingginya sekitar 180cm ini menapak sempurna ke aspal. Josss lah..

The Engine! 

wp-1461767360680.jpeg

Mesinnya tentu 500cc (471cc) 2 silinder inline brosist. 4 Valve per silinder. Bisa tebak suara aslinya? Mirip mirip sama Ninja 250 dan R25 nih brosist,cuma dalam desingan yang lebih gahar sepertinya.. Hehe. Output powernya sekitar 35 kW (berapa HP ya? Entah) di rpm 8.500.. Torsinya yang lumayan gede nih,43 Nm,cukup lah untuk menjelajah ringan melihat indahnya nusantara ini.. :D.

Saya gak sempet eksplor sisi mesinnya,cuma ngetest di lahan terbatas brosist.. InsyaAllah di lain waktu bisa test di jalan raya dan test touring! *kapan yaa?? XD.

Design!

Hai X!

Hai X!

Hmm.. Memang sudah dasarnya saya suka banget sama motor bergenre dual sport kayak gini,jadi saya bakal bilang keren terus lah. Half fairing ala motor dual sport,ditambah headlamp cantik yang sekilas mirip headlamp Honda Verza ya? Pas sih.. Cuma lebih srek lihat headlamp Versys old sih ya? :D. Namun keren lah,saya tetap suka sama bentuk fairingnya yang sederhana..

wp-1461767331391.jpeg wp-1461767301916.jpeg wp-1461767271554.jpeg wp-1461767415946.jpeg

Bagian depannya yang jangkung,ditopang shockbreker fork teleskopik berukuran 41mm.. What,sama kayak shock Byson nih ya? Wah,bangga deh pake Byson 😛 *plak. Serta velg palang Y yang cantik banget,dibalut dengan ban bermerk Pirelli kalau gak salah,berukuran 120 didepan dan 160 belakang. Coba dikasih opsi velg jari-jari plus ban dual sport,pasti lebih cakep nih.. Beli ah satu! (didalam mimpi) hahaa..

Verdict! 

Kesimpulannya… Excited lah sudah dipinjami sebuah motor 500cc,dan ngetesnya juga di tempat yang gak biasa. Di trek safety riding yang banyak rintangannya.. :D. Nih motor sepertinya worthed untuk kalian yang suka dengan motor tangguh yang light. Jujur,ini motor gak berat saat saya naikin,handlingnya pun asik. Pastinya mayan enak kalau dibawa di jalan-jalan ibukota nih..

Dengan harga sekitar 140an juta OTR Jakarta,gimana menurut ente brosist? Sudahkah sesuai ekspektasi harganya? Kalo ada duit sih pengen banget ngandangin satu nih. Berhubung gak ada,ngimpi aja dulu deh,siapatau suatu saat bisa punya XD (aamiin)..

Ajibbb!

Ajibbb!

Okee brosist.. segini aja deh ya review singkat dari Honda CB500X “old” ini.. Thanks banget buat PT. Wahana Makmur Sejati selaku penyelenggara yang telah memberi kesempatan buat test mogenya. Mantapp.. Ditunggu sekennya! Siapatau bisa murah.. *ngarep. Huahhaa..

Jangan lupa tonton videonyaa nih!

Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

11 thoughts on “Short Review : Honda CB500X,Si Jangkung Yang Memikat Hati!

  1. Pingback: Ini Dia Beragam Event Bermanfaat Yang Dilaksanakan Oleh Jaringan AHASS Jakarta-Tangerang Selama Bulan April,Mantapp! | Indoride.com

  2. Pingback: Pesaing NMax Dari Honda Kabarnya Memakai Stoplamp Mirip CBR500R,Sadis Juga Nih! | Indoride.com

  3. Pingback: AHM Hadirkan Honda New CB500X, Makin Asik Dibawa Adventure! | Indoride.com

  4. Pingback: AHM Hadirkan Honda New CB500X, Makin Asyik Dibawa Adventure! | Indoride.com

  5. Pingback: Yang Unik-Unik Dari Honda CMX500 Rebel.. | Indoride.com

  6. Pingback: Intip Booth Honda di IIMS 2017 ; Hadirkan Jajaran Motor Premium, Bikin Laper Mata! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s