Review ; Action Camera Kogan 4K+,Mantep Buat Riding Dan Travelling!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

Kogan 4K+,cocok deh!
Kogan 4K+,cocok deh!

Akhirnya tiba lagi ke artikel Review yoo! Setelah beberapa lama gak mereview-review barang,akhirnya bisa review lagi,walaupun ini juga bukan barang baru sih. Barang lama yang kebetulan baru sempet direview sekarang. Yaa masih belum basi,semoga masih layak buat dijadiin artikel review,hehehe..

Artikel review nih :

Wkwkwk dobel gini dah
Wkwkwk dobel gini dah

Okeh,jadi singkat ceritanya,bulan puasa lalu,saya memutuskan buat ganti Action Camera nih brosist. Setelah kurang puas dengan kualitas gambar dan Video dari Kogan 12MP non Wifi,akhirnya saya mencoba buat sedikit upgrade,ke abangnya,yakni Kogan 4k.

Nah,ngorek-ngorek tabungan deh tuh sampe ke akar-akarnye. Dipikir juga sekalian buat riding dan pulang kampung entar deh,pastinya butuh kamera yang agak bagusan buat mengabadikan momen di kampung nan elok. Akhirnya nemu juga nih duit,yah pas lah untuk beli Kogan 4k baru di online shop tersohor di Indonesia itu.

Ada yang jual,kondisi lengkapp!
Ada yang jual,kondisi lengkapp!

wp-1471846911535.jpeg

Udah mau pesan,eh di grup Kogan ada yang jual juga ternyata. Kogan 4K+,baru pakai sebulan,masih gress,dan murah! Karena memang jiwa saya,jiwa “Secondhand Hunter”,jadilah saya tebus tuh kamera dengan harga yang sama dengan Kogan 4k doang. Ya walaupun puasa-puasa kudu nyamperin ke Stasiun Bekasi,but it’s okay. Sepadan deh..

Keren yahh
Keren yahh

Kogan 4K+ ini tentu lebih bagus dari 4K doang,walau sama-sama 16mp,tapi menurut saya gambar yang dihasilkan oleh Kogan 4K+ terasa lebih wide. Namanya juga perasaan,gapapa lah yaa! Wkwkwk.. Dan juga,Kogan 4K+ punya waterproof case yang mirip GoPro. Kesan eksklusifnya dapet deh,lumayan lah buat Action Cam kurang dari sejuta… Apalagi,ada fitur koneksi WiFi nya yang otomatis bisa menyambungkan kamera ke HP dengan aplikasi tertentu. Joss lah!

Bawa pulang,dan ditest buat riding. Beberapa video juga sempat saya abadikan,dan tentunya juga banyak foto,entah itu foto selfie ataupun foto pemandangan :v.

Kualitas Gambar

Gambarnya lumayan oke
Gambarnya lumayan oke

Kualitas Kogan 4K+ saya rasa cukup deh,mengingat harganya juga gak sebanding kalau mau dibandingin sama GoPro,ataupun lawan-lawannya dengan harga jutaan rupiah. Untuk Wide dari gambarnya saya rasa juga sangat cukup,gambar jadi terlihat cekung dan pastinya kekinian banget wkwkwk.. Sayangnya,hasil gambar maupun Video dari Kogan 4K+ ini agak overexposure. Yap,gambar agak terlalu terang dan terkadang menutupi objek foto tuh brosist.

Cahaya pagi mantap
Cahaya pagi mantap

Bisa diakali dengan menurunkan kadar exposure di settings brosist. Kalau keadaan siang terik,saya biasanya menurunkan exposure. Sebaliknya,kalau agak gelap saya naikkan exposurenya. Dan kalau dalam keadaan cahaya yang bagus,seperti di pagi hari,disetting exposure 0 itu hasilnya udah ciamik banget..

Overall,puas dengan kadar cekung gambar yang dihasilkan oleh Kogan 4K+. Minusnya ya itu,overexposure.

Kualitas Kamera+Aksesoris

wp-1471846911535.jpeg wp-1471846933523.jpeg

Untuk kualitas Kamera dan Aksesorisnya,cukup baik untuk kamera yang barunya dibanderol 800ribuan ini brosist. Aksesorisnya sangat lengkap untuk kamera seharga itu. Waterproof,helmet mounting,bike mounting,3M sticker,buku pedoman,charger dan kabel data,semua ada di dalam satu paket penjualan.

Makanya saat beli Kogan,kayaknya ga perlu repot-repot nambah mounting lagi. Udah semua disediakan tuh. Cocok deh buat orang kayak saya,yang sekali beli barang ya duitnya ludes,gimana mau beli aksesorisnya? :lol:.

Kualitas layarnya juga cukup baik brosist,walaupun gak touchscreen tapi warnanya jernih. Lensanya yang bulat dan besar ini yang paling saya suka. Terasa beda dari action camera lainnya.. :D.

Ketahanan Baterai

Ketahanan baterainya saya rasa kurang ya brosist. Hampir sama dengan kamera 8Ten saya yang dulu,yang notabene 8Ten itu touchscreen. Baterai Li-Ion 900mAh nya hanya bisa bertahan 1,5 sampai 2 jam aja tuh brosist. Bisa sih disiasati dengan membeli baterai cadangan untuk menyala terus,baterainya sama kok dengan SJCam,Brica,dll.

Kapasitas Memori

Kapasitas memori fullnya bisa sampai 32 GB brosist. So,bisa buat ngerekam sampai 2 jam lebih tuh kalau pakai settingan 1080p. Kalau untuk mode 4K sih bisa-bisa ga sampai sejam ya,karena video 4K itu gede banget makan kapasitas memori.

Hasil Video dan Foto Kogan 4K+

Hasil video dan fotonya ada disini ya brosist :

Hasil fotonyaa..

Cahaya pagi mantap
Cahaya pagi mantap

wp-1471846505538.jpeg

Gambarnya lumayan oke
Gambarnya lumayan oke
Malem2 nih
Malem2 nih

GTR1504

Overall…

Overall,dengan harga 800ribuan di online shop ternama di Indonesia tersebut,saya rasa cukup puas dengan performanya yaa brosist. Kualitas gambar yang lumayan ajib,dengan tampilan yang kece,siap nemenin kita travelling kemana aja. Waterproof casenya kuat,dan sampai sekarang alhamdulillah gak bocor,udah ditest tenggelam-tenggelam segala tuh.

Tinggal sandingkan dengan Monopod,cocok buat plesiran. Sandingkan dengan Helm+Mounting,siap buat capture apa aja di jalanan! Untuk mounting yang cocok buat Helm FullFace bisa liat disini yak :

Nah,bagi yang mau beli kamera,siapatau nih kamera bisa jadi referensi yang kuat buat brosist. Semoga berguna yaa!!

Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

11 Comments

  1. Bro, kalo ngerekam video tiap 15 menit kepotong jadi file baru gak? jadi tiap 15 menit dia jadi 1 MP4. Jadi klo video 1 Jam bisa jadi 4 file MP4. Solusinya gimana tuh gan?

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Daily Review #2 ; Riding Mode Pada Honda CBR250RR Gak Berguna? Iya Gak Sih? Simak Yuk! | Indoride.com
  2. Daily Review #2 ; Riding Mode Pada Honda CBR250RR Gak Berguna? Masa Sih? Simak Yuk! | Indoride.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*