Impresi Awal Pasang Karburator RX King Di Yamaha Byson ; Brebet Sirna Sudah!

Upgrade karbu byson

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!

Si kebo
Si kebo

Ceritanya,beberapa minggu ini si kebo lagi lucu-lucunya. Bikin gondoook bin kesel banget. Lha gimana enggak,brebet parah di rpm bawah bikin motor gak enak berakselerasi. So,butuh ngegas dalam-dalam supaya bisa jalan di kecepatan standar aja. Alhasil,selepas lampu merah saya harus sabar mengurut gas beberapa detik supaya bisa mencapai kecepatan konstan yakni di 30-40 km/jam. Hadeh,sungguh sangat mengganggu!

wp-1464049191603.jpeg

Dengan harus menarik gas dalam-dalam ini,bikin asupan bensin ke mesin jadi kenceng banget. Banyak bensin yang gak kebakar sempurna,jadi borosss buat pemakaian harian! Digas mendadak ngempos,ditarik dalam-dalam tuas gasnya boros. Serba salah,bos!

Nih saat ngebenerin karbu sendiri
Nih saat ngebenerin karbu sendiri

Beberapa bulan lalu sih udah bikin tutorial untuk bongkar karbu vakum sendiri,sambil ganti skep beserta kawan-kawannya. Baca disini ya : Take A Risk! Bongkar Dan Bersihkan Karburator Vakum Untuk Pemula!! . Si kebo sukses sembuh dan ga ada yang namanya ngempos lagi tuh brosist. Ealah beberapa minggu kemudian,ngempos maning. Akhirnya setelah berfikir cukup lama,dan untuk efisiensi,saya merogoh dompet dan uang recehan di pinggir-pinggir celengan buat beliin kebo karburator baru.

Bukan tanpa alasan,karburator baru saya pilih karena saya gak mau modif-modif karburator aslinya ini. Ya lebih baik disimpan deh dan dibelikan yang baru aja. So,saya mulai perburuan buat nyari karburator baru. Pilihannya?

Karbu kebo Ori kondisi baru? Muahal. 800 ribuan brosist,awet sih,tapi mungkin dengan riding style saya yang suka ber akselerasi,pastinya ga bakal awet nih karbu vakum si kebo. Terlebih emang karbu vakum buat kebo ini sangat sangat rawan error,cacat produksi kah? Entahlah.

Pilihan kedua yakni Karburator PE28. Setelah konsultasi dengan beberapa kawan pengguna byson,pemakaian karbu PE28 di mesin standar katanya cukup boros buat harian. Dan juga,harga karburator PE28 Original cukup mahal,sekitar 1,2 juta sampai 2 juta,tentu saya gak ada budget segitu dong..

Pilihan jatuh ke karbu RX King
Pilihan jatuh ke karbu RX King second

Akhirnya pilihan jatuh ke karburator RX king. Sama-sama memiliki venturi 26mm,saya anggap sedikit punya kecocokan dengan karbu kebo yang juga punya ukuran venturi yang sama,26mm.

Kondisi skep masih lumayan,belum ada baret sama sekali
Kondisi skep masih lumayan,belum ada baret sama sekali

14191877_1244697435554185_439229626_o

Oke,perburuan dimulai. Kebetulan bertemu dengan salah satu rider kebo juga di grup Byson,yang nawarin karbu king kondisi kinyis-kinyis fullset dengan harga miring. Langsung tanya-tanya dan akhirnya sikat deh,kopdar langsung pasang.

Proses instalasi,lumayan memakan waktu
Proses instalasi,lumayan memakan waktu

wp-1473117724445.jpeg

Singkat cerita,karburator tipe VM26 ini sudah terpasang di si Kebo putih. Jantung baru nihh ceritanya.. Dengan beberapa konflik akhirnya saya memilih tetap memakai intake original yang bentuknya panjang itu. Ya supaya masih bisa terhubung ke box filter orinya. Mungkin nanti akan saya coba lagi pakai intake manifold pendek,mungkin akselerasinya bisa lebih joss. Sayangnya ga bisa dipasang box filter ori.. butuh sedikit ubahan di moncong karbunya.

Pas pakai intake pendek kurang dapet settingannya. Harus di open filter
Pas pakai intake pendek kurang dapet settingannya. Harus di open filter

Impresi awal

Impresi awal pakai karbu RX King di Byson ini adalah,torsi jadi terasa makin padat! Ditambah dengan Aplikasi Kampas Kopling Yamaha Scorpio di Byson,ga ada yang namanya ngempos kayak pakai karbu ori sakit-sakitan terdahulu. Tenaga serasa ngisi,ngisi,ngisi,karena skep langsung ditarik oleh kabel gas,gak ngikutin kevakuman mesin! Joss lah pokoknya..

Cuma karena belum dapat settingan yang pas,putaran atasnya terasa lumayan tersendat. Karena saya sambungkan lagi ke box filternya. Sebelumnya,saat coba di open filter,tenaga ngisi terus,bahkan gampang banget kepentok redline. Yah coba deh nanti diutak-atik PJ MJnya lagi.

Untuk soal konsumsi BBM,hampir seminggu ini saya rasa malah jadi lumayan irit ya. Karena saya rasa ga butuh narik gas dalam-dalam buat sampai ke kecepatan yang saya inginkan. Otomatis bensin yang masuk ke ruang bakar ga terlalu banyak. Ajib lahh untuk impresi awal..

Memang baru sekitar 6 hari pasang karbu RX King ini di si kebo. Efek baiknya sih udah kerasa,diantaranya ya jadi lumayan irit,dan tenaga jadi ngisi terus. Efek buruknya? Yah semoga aja gak ada deh ya.. Sampai saat ini sih Throttle Positioning Sensornya gak diaktifin,jadi lampu merah di speedo masih nyala hihi.. Semoga ga ada apa-apa :D.

Sedikit video akselerasi Yamaha Byson saya saat pakai Karbu VM26 dengan open filter,nafasnya kok agak panjang yah?

So,kesimpulannya? Ini yang namanya modif butuh sih ya,bukan modif kepengen.. Kalau ga ada masalah juga kayanya ga diganti,ga perlu ngerogoh pinggiran celengan 😥 huhu. Tapi lumayan lah,dengan budget sejuta kurang banyak,bisa dapet karburator RX King dalam kondisi baru,ataupun kondisi second kinyis-kinyis. Semoga infonya berguna yaa!

Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

19 Comments

  1. om bantuin dunk pusing ane ama si kebo, itu pj mj di karbu king ukuran berapa? trus mendekin manifoldnya biijimana??? tq ya om bantuin ane yah :))

7 Trackbacks / Pingbacks

  1. Sesat Tak Berkesudahan,Pakai Pledge Pengkilap Mebel Untuk Body Motor ; Bisa Buat Ngaca Bray!! | Indoride.com
  2. Pasang Spion X-Ride Di Yamaha Byson ; Murah Meriah.Fungsi Maksimal! | Indoride.com
  3. Wah,Yamaha Byson Karbu Masih Didistribusikan Dari Dealer!! Ternyata Dia Masih Dicintai… | Indoride.com
  4. Spyshot Motor Naked Baru Yamaha Terjepret Di India,Calon Byson Kencang Ini! Pakai Mesin Scorpio! | Indoride.com
  5. Review ; Cekokin Oli “Sesat” Pertamina Fastron Techno Hijau Ke Yamaha Byson,Performance Oriented! | Indoride.com
  6. Wow.. Yamaha Byson FI 2017 Ada Warna Baru Yang Lebih Keren, Harga 22 Jutaan Saja! | Indoride.com
  7. Memperbaiki Seal Shock Depan Byson Yang Bocor, Mudah Tapi Gak Murah! | Indoride.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*