Memperbaiki Seal Shock Depan Byson Yang Bocor, Mudah Tapi Gak Murah!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

My kebo bersanding dengan ER6n, Juozz!

My kebo bersanding dengan ER6n, Juozz!

Shockbreaker, sesuai namanya, adalah suatu alat untuk meredam getaran yang muncul saat kendaraan kita mengenai jalanan yang tidak rata atau lubang dijalan tuh brosist. Kegunaan shockbreaker juga sangat penting dan vital, mengingat fungsinya yang memang untuk meredam getaran serta membuat kendaraan lebih nyaman dinaiki. Kebayang dong kalau gak ada shockbreker namun hanya sebatang besi yang melintang misalnya, pasti ajrut-ajrutan dan ga nyaman banget!

Efek shockbreaker besar, jadi lebih nyamann!

Efek shockbreaker besar, jadi lebih nyamann!

Maka dari itu, baik mobil maupun motor pasti dibekali dengan alat peredam brosist. Khususnya motor nih, shockbreaker jadi salah satu part yang paling penting dalam meredam getaran ke rider! Kalau di motor sih, kita biasa mengenal shockbreaker depan dan shockbreaker belakang ya brosist.

Kalau shockbreaker belakang, pada sepeda motor ada berbagai versi. Antara lain Monoshock alias shockbreaker hanya satu dan ditengah, biasa digunakan oleh motor-motor sport. Lalu ada dual shock, biasanya digunakan oleh motor bebek jaman dulu, motor sport jaman dulu, dan motor-motor skutik jaman sekarang. Dan masih ada berbagai versi shock belakang lainnya brosist.

Kalau shock depan? Nah ini yang juga ada berbagai macam brosist. Biasanya kalau di motor Matic/bebek, bentuk shock depannya tidak langsung ke segitiga atas, melainkan dipasang di segitiga bawah. Kalau di motor sport biasanya shockbreaker langsung dipasang ke segitiga atas dan langsung dekat dengan stang. Mungkin agar lebih nyaman dan distribusi getarannya lebih baik ke seluruh bagian shock.. entah ya..

Shocknya udah mulai bocorr!

Shocknya udah mulai bocorr!

Nah, kali ini saya mau ngomongin shockbreaker depan Yamaha Byson. Seperti yang kita tahu, Yamaha Byson punya shockbreaker depan dengan ukuran yang amazing bingit untuk motor kelas 150cc. Ukurannya 41mm brosist! Yap, sama dengan ukuran moge seperti Kawasaki ER6n, lalu sama juga dengan ukuran shockbreaker kakaknya, Yamaha MT25, dan beberapa moge lainnya. Makanya, tampilan shock depannya jadi gagah abis! Karena besar dan terlihat kekar, plus kenyamanannya juga diatas rata-rata motor sekelasnya brosist..

You name it!

You name it!

Dengan bentuk dan ukurannya yang besar, tentu ada kompensasi yang harus dibayar brosist. Apa saja sih? Langsung simak yuk!

Shockbreaker Yamaha Byson yang berukuran 41mm ini memang gagah dan kuat brosist. Gak heran, motor ini juga nyaman banget kalau dibawa sehari-hari. Lewat lubang ncess ajah, belum lagi getaran mesinnya yang minim, hmm, nyaman! Tapi.. Kalau shockbreaker depannya bocor gimana nih?? Costnya gede gak sih benerinnya?

Kebetulan minggu lalu, saya kena apes nih brosist. Pas lihat bagian bawah, kok shockbreaker depan sebelah kanan bocor nih?? Alhasil oli keluar-luar dan bikin penampilan serta pembawaannya jadi ga enak banget! Pantes, motor jadi kurang stabil saat dibawa miring, padahal cek ricek bearing, ban, semua masih mayan oke!

Langsung bawa ke bengkel resmi dekat rumah, takut hal-hal yang tidak diinginkan terjadi lagi. Ealaaah! Parah brosist. Ternyata itu bengkel resmi bener-bener judes banget pelayanannya, kayak gak pengen punya pelanggan, plus belum diagnosa aja dia sudah berani matok harga diatas 400ribu buat benerin satu buah shock! Edaann.. Gak pake lama, saya gass si kebo dari beres yang kurang beres tersebut, kecewah aink!

Cek tulisan/diary bersama Kebo saya yuk brosist, cekidot :

Akhirnya saya coba bawa si Edward (Kebo 2012) ke bengkel biasa yang cukup besar di dekat rumah juga, ga jauh dari beres yang ga beres tadi. Selidik punya selidik, ngobrol-ngobrol dengan mas-mas mekaniknya, ternyata cuma harus ganti seal shock Byson saja, dan katanya ga perlu ganti inner tube seperti yang dibilang beres tadi! Hmm.. Oke bongkar!

Langsung bongkarr deh

Langsung bongkarr deh

Oli shock Jumbo, solusi murmer saja

Oli shock Jumbo, solusi murmer saja

seal shock byson, satunya 33 ribu saja

seal shock byson, satunya 33 ribu saja

Karena saya dari awal ngangkut si kebo belum pernah ganti oli shock, jadilah saya beli juga tuh oli untuk isi di dalam shockbreakernya brosist. Volume oli shock si kebo ternyata gila juga untuk motor 150cc. Satu batang shock habis oli sebanyak 460ml brosist! Jadi saya kudu beli 5 dus oli Jumbo (oli khusus shock) dengan isi 2 botol tiap dus. Jadi total 10 botol semua.. Plus, saya kudu beli seal shocknya seharga 33 ribu satunya, saya beli dua langsung biar aman deh! Yang satu juga sudah bocor alus ternyata..

Keadaan saat dibuka nih. Gede dan kekar ya shock si kebo

Keadaan saat dibuka nih. Gede dan kekar ya shock si kebo

Langsung bongkar, keluarin oli dari dalam shock, ternyata tuh oli sudah campur air dan warnanya sudah kecoklatan. Kalau ga segera diganti mungkin akan menyebabkan karat parah didalam tabung shock tuh brosist, ngeri..

Cek inner tube, ternyata masih alus! Alhamdulillah, dugaan beres tersebut yang langsung memvonis inner tube kebo saya baret parah bisa ditepis. Langsung pasang seal shock yang jadi tameng biar oli ga keluar-luar ke tube luar, pasang lagi seal debu dan langsung pasang ban depannya lagi brosist, biar ga ribet.

Isi pakai oli Jumbo tadi, jozzz

Isi pakai oli Jumbo tadi, jozzz

Bagian terakhir ini yang butuh konsentrasi ternyata. Abang montirnya saya wanti-wanti supaya memberikan takaran yang benar-benar pas untuk shock si kebo! Yakni masing-masing rata-rata 460-470ml, ga boleh lebih! Pantes dia garuk-garuk kepala kemaren wahaha…

Akhirnya diukur pakai gelas ukur, dan dituang ke masing-masing shock lewat segitiga atas. Jos, oli shock Jumbo langsung keisi kedalam shock si kebo. Test rebound, jadi agak stiff. Test jalan dan meliuk liuk JOS! Feel limbung dan ngebuang sebelumnya langsung sembuh dan ga ada lagi.. mantaap.. Sudah ditest Jakarta-Bandung-Jakarta melintasi hujan, banjir, dan debu alhamdulillah masih aman. Tinggal kita tunggu awet apa engganya nih yah..

Bawa Bandung jozzzz!!!

Bawa Bandung jozzzz!!!

So, total, saya habis sekitar 160ribu saja brosist. Dengan rincian seal shock 66 ribu sepasang, oli shock jumbo 50 ribu (5 botol), sisanya ongkos pasang dan ongkos betulin rem plus klakson. Alhamdulillah, ternyata ga mahal-mahal amaat! :D. Lha kok judulnya mahal?? Ya saya anggap ga murah, soalnya dulu ganti oli shock revo ga sampe abis 60 ribu.. Tapi kenyamanan jelas jauh beda! So, tetep murah lah yaa…

Jadi, buat para rider Kebo di seluruh Indonesia, jangan panik ya kalau oli shocknya bocor. Apalagi panik kalau dikibulin beres langsung diketok harga mahal. Ada baiknya cek parts catalogue biar ada gambaran kira-kira berapa budget yang harus dikeluarkan untuk sikebo kesayangan. Ada baiknya juga jika kita bisa lebih dulu memahami dan mendiagnosa sendiri apa yang rasanya kurang enak di motor sendiri, biar gimanapun yang tau pasti rasa motor kita ya kita sendiri… :D.

Semoga berguna ya brosist! Salam rider Byson senusantara!

Thanks for reading and sharing, please leave your comment below here, and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
Instagram : @indoride

Baca yang menarik lainnya brosist…

 

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in All about Byson, Tips n Trick, Yamaha and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Memperbaiki Seal Shock Depan Byson Yang Bocor, Mudah Tapi Gak Murah!

  1. keborider says:

    gmn bro?masih pake karbu king?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s