Kebiasaan Cuci Motor Di Musim Hujan, Buat Apa Kalau Kotor Lagi?

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Cuci motor pas musim ujan? Buat apa kalo kotor lagi??

Brosist, ungkapan seperti judul artikel ini emang greget banget ya. Terlebih, buat kalian yang demen banget yang namanya nyuci motor sendiri, ngerawat motor sendiri, dan pokoknya semua tentang motor kita urus sendiri, pasti care banget sama hal-hal kecil yang dialami sama motor kita sehari-hari!

Pernyataan diatas sering muncul, terlebih buat biker yang sabodoteuing sama motornya, ya cuma tau pake buat kerja/sekolah, pulang didiemin, besoknya pake lagi dan gitu seterusnya. Luput dari perhatian kita, bahwa motor juga benda yang harus dirawat, butuh perawatan supaya bisa berfungsi dengan baik komponen-komponennya!

Buat apa mandi kalau basah lagi??

So, pernyataan diatas, Buat apa sih lo nyuci motor kalau emang entarnya kotor lagi? Ya, pernyataan ini sering saya sanggah dengan tegas brosist. Kenapa?

Untuk seseorang yang demen banget sama kebersihan dan pengen semua barangnya bersihselain karena sisi estetika ada pula sisi lain yang perlu diperhatikan ketika suatu benda tersebut kotor dalam jangka panjang brosist. Yap, ketahanan komponennya!

Ga cuma motor kok, kayak misalnya barang-barang lain yang ada di kehidupan brosist, jika dibiarkan kotor begitu lama, pasti cepet rusak kok. Yakin lah 100%! Dibanding barang yang sering dibersihkan dan dirawat dengan baik.

Dalam hal ini motor ya brosist. Balik lagi nih ke pernyataan tadi, buat apa nyuci motor kalau entarnya kotor lagi? Kalau buat saya sih, saya balikin ke diri saya sendiri, buat apa saya makan kalau nantinya lapar lagi? buat apa mandi kalau nanti bau ketek lagi? Ya sama aja kayak perawatan motor kok, analogikan saja sebagai benda hidup, teman kita sehari-hari! Apalagi, kandungan air hujan akhir-akhir ini makin jahat brosist, seiring dengan pencemaran udara dan lingkungan dimana-mana, pasti ada dampaknya!

Nah, hal-hal apa aja sih yang muncul secara perlahan kalau kita malas nyuci dan ngerawat motor kita saat musim hujan? Berikut ini sesuai pengamatan saya brosist!

Kalo kotor gini langsung segera bersiin dah!

  • Kotoran yang numpuk bikin cat kusam lama kelamaan, dan bikin baret!

Nah, ini yang paling ketara deh, coba bedakan motor dalam tahun yang sama, tapi perawatannya beda. Yang satu dirawat dengan baik, rutin dicuci paling nggak seminggu 1 kali, sama yang dicuci kalo inget/3 bulan sekali. Bandingin catnya!

  • Motor jadi ga enak diliat!

Kalo bersih, foto bareng ER6N juga enak diliat! Emang iya?? wkwkwk

Ini pasti dialami motor yang jarang dicuci. Kalau motor jarang dicuci, sekalinya dicuci tampilannya ga bakal seenak motor yang sering dicuci. Kelihatan di bagian-bagian yang warnanya gelap, atau bahkan bagian yang dilabur warna terang, itu kerasa perbedaannya brosist. Lagi-lagi harus ngeluarin duit buat Waxing dan Detailing buat keliatan kece lagi!

  • Parts cepet rusak dan karatan!

Tips bersihin rantai : Tips n Trick : Bersihkan Rantai Secara Berkala Agar Tetap Dalam Performa Yang Maksimal!

Nahh, ini juga paling nyesek, saya ngalamin sendiri dulu saat males nyuci motor. Terlebih pas musim hujan. Parts yang biasanya duluan kalah ya bagian rantai/gear sih brosist, karena kotoran nempel parah dan jarang dirawat, jadi cepat rusak deh dibanding yang sering dirawat dan dibersihkan. Rangka dan part lain yang terbuat dari besi juga rentan terkena karat jika kelamaan didiamkan dalam kondisi kotor karena air hujan. So, jangan lupa bersih-bersih bagian vital di motor ya!

Jangan sampe kayak gini ya brosist : Selalu Matikan Mesin Saat Sedang Membersihkan Rantai,Kalau Tidak Ya Begini Akibatnya!!

  • Sugesti “Motor kotor, tarikan berat, motor bersih tarikan enteng!”

Saya selalu mensugesti diri sendiri dengan kata-kata tersebut brosist. Dan memang kerasa kok bedanya, entah ngaruh apa enggak, motor kalau kotor itu pembawaannya ga enak banget. Rante berisik, dibawanya gak nyaman, tarikan berat.. Tapi pas habis dicuci dan dikeringkan terus dipake, kerasa jadi enak dibawa. Mungkin ini cuma sugesti aja, tapi sugesti yang bagus, efeknya motor jadi bersih terus.. Hahaha :D.

Ayo dah cuci sebelum nyesel! Wkwkwk

Last, jangan pernah mengabaikan hal-hal sepele pada motor kita ya brosist. Kalau brosist tipe orang yang setiap 4-5 tahun ganti motor sih, tips ini ga mungkin berguna untuk brosist. Tapi, buat kaum yang nabungnya 10 tahun buat beli motor usia 5 tahun kayak saya ini, hal-hal kecil seperti ini justru jadi perhatian yang lebih supaya motor awet dan enak dipakai!

Kalau saya biasa pake ini buat bikin kinclong…

So, tulisan ini adalah opini pribadi saya ya brosist. Monggo jika ada yang mau menyanggah, jangan lupa selingi dengan kritik dan saran yang membangun ya brosist! Nanti akan saya masukkan kedalam artikel ini hehehe.. Gimana nih brosist? Sepakat ga?

Kalo kinclong enak liatnya.. hehe

Thanks for reading and sharing, please leave your comment below here, and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
Instagram : @indoride

Advertisements

7 thoughts on “Kebiasaan Cuci Motor Di Musim Hujan, Buat Apa Kalau Kotor Lagi?

  1. ane sring dibilangin gitu pas nyuci mptor sama motuba… biasanya sih besoknya klo minta uang dibales “percuma dikasih uang, ntar uangnya habis juga” bru minta maaf…

    Like

  2. Prinsipnya ane selalu sambil siram air dilap seadanya ngak detail tiap abis hujan2x biar ane ngak males serta jadi tahu bila ada part yg aus/$lek bisa langsung dibetulin, tujuan lain ngirit klw sdh karat dekil susah dibuat ngilap rawan baret😂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s