Ban Tubeless Kempes Terus Padahal Ban Masih Bagus? Ini Dia Penyebabnya!

Ban masih baru tapi kempes terus? Mungkin ini penyebabnya!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Ban masih baru tapi kempes terus? Mungkin ini penyebabnya!

Masbro, yang namanya ban itu adalah salah satu parts paling vital yang ada pada motor kita. Gak heran, karena peranannya paling penting, yakni sebagai satu-satunya benda yang bersentuhan dengan aspal dan bikin motor kita bisa “jalan” dengan baik dan halus. Tanpa adanya ban, rasanya mustahil motor kita atau kendaraan kita sehari-hari bisa jalan dengan baik dan nyaman. Mosok ya pake velgnya aja, kayak kereta api nanti.. Wkwkw..

Ban tubeless jadi pilihan

Ban yang lagi ngehits di era motor jaman sekarang ini adalah ban tubeless bro! Seiring dengan perkembangan zaman, ban tube type mulai ditinggalkan dan orang beralih ke ban tubeless. Hal ini salah satunya karena velg racing (Casting Wheel) saat ini lebih sering diproduksi dan diminati oleh konsumen. Jadilah ban Tubeless+velg CW sebuah kombinasi yang mantap buat riding harian. Seperti yang kita tahu, ban Tubeless ini diciptakan supaya gak langsung bocor saat tertancap paku atau benda kecil tajam lainnya. Berbeda dengan ban tubetype (ban dalam) yang kalau kena paku sekali langsung cesss… bochoorr.

Seperti yang saya rasakan nih bro. Dulu jaman punya Revo 100, saya lebih pilih ban Tube Type karena dianggap harga bannya cukup murah dan terjangkau. Namun saat dihitung-hitung kok jatuhnya malah beda sedikit dengan ban tubeless, ditambah tubetype harus beli ban dalamnya lagi dan cukup rumit kalau bocor terus. Ya akhirnya saya beralih ke ban tubeless, kebetulan hingga sekarang motor saya pakai ban tubeless semua. Murah, terjangkau, dan cukup bisa diandalkan!

Yap, done with the intermezzo. Sekarang saya mau cerita perihal pengalaman saya kemarin nih bro. Jadi ceritanya si Edward, Byson saya, Bulan Agustus lalu ganti ban. Mungkin brosist yang ngikutin blog saya pernah baca kalau saya memilih ban Aspira Premio Sportivo untuk jadi kaki barunya si Edward. Saya pilih ban ini karena banyak review positif dan harganya bener-bener sangat terjangkau! Oke, skip to the problem.

Bannya baru, keren, tapi kok kempes terus ya?

Masalahnya, beberapa minggu terakhir kok ban si Edward mudah sekali kempes. Kira-kira 3-4 hari sekali harus nambah angin. Dan saya pikir ini cukup ganggu, karena saya beli ban tubeless kan supaya ga sering-sering mampir ngisi angin. Saat saya cek sendiri, kok di permukaannya gak ada paku atau benda apapun yang bisa bikin bocor halus. Aman semua!

Akhirnya langsung bawa ke Planet Ban sambil jalan pulang dari suatu tempat, dengan maksud ngisi cairan anti bocor buat ban. Tau kan pasti ya bro? Langsung deh saya ceritain ke mas-mas Planet Ban nya dan si Edward langsung dieksekusi! Tadinya mau cuma nambah cairan, tapi kata masnya udah include bersihin velg dan ban! Yowess, gass!

Ban kempes terus padahal gak ada kena paku? Ini masalahnya bro!

Ternyata pentil bannya bocorr! Langsung ganti deh hehe

Setelah dilakukan diagnosa sama mas-masnya, ternyata yang jadi masalah adalah bocor halus di bagian dekat pentil bannya brosist! Saat ditetesi air sabun, mulai keluar gelembung-gelembung busa dari sisi pentil ban tubeless tersebut. “Wah, ini sih memang harus ganti pentilnya mas, kayaknya sudah lama ini umurnya ya?”. Setahu saya memang belum ganti sejak pemilik awalnya tuh bro wkwk.. Yowes, ganti pentilnya sekalian yang bagus di Planet Ban. Kena 10 ribu rupiah aja, bener-bener murah!

Buka ban pake mesin, rapi

Lantas, apakah selesai? Ternyata enggak bro. Ada lagi kebocoran yang ternyata muncul dari dinding ban. Pas ban dibuka pakai alatnya Planet Ban, busyed, cukup banyak pasir bersarang disitu wkwkkw.. Indikasi memang sepertinya saat musim hujan ini banyak pasir ngendap di dinding ban, dan bikin angin keluar pelan-pelan dari situ. Wah, langsung diambil tindakan dengan dibersihkan dan dilap sampai bersih.

Gak lupa, pasang cairan ban juga supaya lebih awet dan gak cepet bocor lagi. Ternyata ampuh nih bro! Terbukti sudah sekitar 5 hari lewat, belum ada indikasi ban kempes lagi. Semua aman, dan sudah saya tes ke Cibodas kemarin saat datang ke acara Suzuki Bike Meet 2017, lewat berbagai macam kontur jalan, masih ngejos dan angin gak berkurang! Alhamdulillah..

Last, memang hal yang rasanya sangat sepele nih bro, tapi bikin gregetan juga kalau misalnya ban baru tapi udah kempes terus. Solusinya ya cek dua faktor diatas ya masbro. Pentil tubeless dan dinding velg serta bannya. Karena memang dua faktor ini yang harus diperhatikan bener-bener saat pakai ban tubeless.. Dengan catatan, bannya masih bagus dan velg gak peyang yaa! Kalo velg peyang sih yaa.. Mending press dulu atau ganti velgnya :D.

Semoga berguna ya bro, buat yang mengalami masalah serupa!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Baca juga artikel menarik lainnya bro..

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*