Belajar Bikin Video Creative dan Original Bareng DAM, Siap Jadi Content Creator!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Bro, Main Dealer Sepeda Motor Honda Jawa Barat, PT. Daya Adicipta Motora pada hari Sabtu kemarin (2/11/2019) telah sukses menyelenggarakan acara yang seru dan sangat berfaedah nih brosist. Pastinya bukan acara kaleng-kaleng, karena sangat berguna dan relate di kehidupan serba digital era ini. Apa sih itu? Yap, DAM bersama Honda Parts Jabar menyelenggarakan Honda Genuine Parts Creative Video Workshop Vol. 3 2019 yang seru dan meriah banget! Workshop yang telah diselenggarakan sejak 2017 ini kembali diselenggarakan di 2019 demi menyambut era digital yang semakin pesat perkembangannya.

Bertempat di Yello Hotel Pasir Kaliki, Bandung, Jawa Barat, acara diselenggarakan sejak pukul 13.30 siang. Yang paling asik adalah, DAM serta Honda Parts Jabar selalu menyediakan pembicara yang kompeten di bidangnya. Pada workshop kali ini, DAM mengundang Cameo Project yang diwakili oleh Martin Anugrah dan Ibob Tarigan, serta KurvaID yang diwakili oleh Gilang Bayu. Wah, menarik banget nih sih tamunya! Jadi makin semagat!

Games sebelum mulai, ice breaking lah ceritanyaa

Rasa capek yang dirasakan selepas touring Depok Bandung serasa sirna gitu aja pas semangat pengen belajar lebih lanjut soal produksi video bersama para ahlinya. Yang asik lagi, acara ini free untuk umum, dan siapapun boleh registrasi dengan mendapatkan free snack juga sertifikat yang telah disediakan! Wah, otomatis banyak juga temen-temen dari SMK multimedia, mahasiswa, teman-teman komunitas, serta temen-temen Vlogger kota Bandung yang datang. Saya doang kayaknya yang jauh, dari Depok sendiri XD.

Workshop dari Cameo Project

Cameo Project yang sebelumnya sudah sangat terkenal dalam produksi video kreatif di Indonesia turut menjadi pembicara di workshop kali ini. DIwakili oleh Ibob Tarigan serta Martin Anugrah, mereka menjelaskan lebih lanjut mengenai produksi audio visual yang kreatif.

Ibob Tarigan dan Martin Anugrah dari Cameo Project, berbobot nih penjelasannya!

Perkuat Content, Perjelas Informasi!

Awal penjelasan, mereka menekankan pada produksi Konten yang wajib sarat Informasi. Pentingnya informasi tersebut sampai kepada audiens. Itu yang wajib dipikirkan secara matang oleh kreator sebelum membuat karya audio visual.

Karena biar bagaimanapun, apa yang dibutuhkan oleh audiens adalah kandungan informasi. So, pikirkan terlebih dahulu soal kematangan informasi, serta padatkan informasi tersebut jika video akan diproduksi untuk durasi 1 menit, durasi yang saat ini sedang sangat digandrungi lewat media Instagram

Buatlah audiens percaya dengan informasi

Nah, selanjutnya ketika informasi sudah dipastikan, buatlah video content lebih menarik untuk dipercaya oleh audiens. Bisa diperjelas lewat isi, cover, thumbnail video, judul yang memikat, tags, highlight, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk menentukan tema, serta menentukan 5W1H (what, when, where, who, why, how) untuk memperkuat sebuah produk audio visual di mata audiens. Bener banget nih! Karena produk audio visual yang sarat informasi menarik akan lebih diterima oleh audiens…

Buatlah cerita yang “dekat” dengan audiens

Jangan lupa untuk membuat cerita yang dekat, related dengan viewers brosist, jika ingin memproduksi video. Cerita dengan konflik menarik dan terasa “dekat” akan memunculkan kedekatan tersendiri antara viewers dengan sang produser konten. Sehingga, muncul loyalitas dan minat untuk menonton lebih lama. Oh iya, jangan lupa juga untuk selalu membuat rancangan mengenai Pre Production, Production, hingga Post Production ya bro.Supaya lebih tertata rapi dan sesuai dengan naskah yang telah dirancang… Sehingga, haslnya akan sesuai dengan apa yang kita harapkan! 😀

Workshop dari Gilang Bayu Kurva ID

Kang Gilang Bayu adalah Cinematographer yang saat ini membuat konten untuk Kurva ID. Nah, disini kang Gilang lebih dalam menjelaskan mengenai teknis serta segala yang berhubungan dengan produksi video. Mulai dari pemilihan kamera, camera department, alat-alat yang dibutuhkan, serta perencanaan dalam pembuatan konten video sejak awal hingga selesai produksi, dan video siap dikonsumsi audiens.

Kang Gilang juga panjang lebar menjelaskan mengenai memaksimalkan kemampuan diri untuk produksi video. Peralatan yang mahal serta mewah, tidak menjadi tolak ukur bagus atau tidaknya suatu video. Karena menurut Kang Gilang, sebuah produk audio visual yang baik juga dilihat dari seberapa rapi cerita, narasi, serta kesinambungan antara scene dengan scene lain, serta shot dengan shot lain. Sehingga menghasilkan video yang kualitasnya baik dari segi cerita dan juga teknisnya.. So, ide kreatif adalah hal terpenting dalam memproduksi video.

Cakep banget nih bro penjelasan dari para ahlinya. Saya pun menyimak sampai akhir mengenai penjelasan yang seru banget ini. Maklum, baru belajar berkarya di YouTube. Begitu pula dengan ratusan peserta yang mengikuti workshop kali ini, sama-sama antusias bro! Keren banget deh..

Ada lombanya juga loh, berhadiah jutaan rupiah bro! Simak artikel selanjutnya ya… Cusss…!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : [email protected]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*