Pasang Lampu LED Projector RTD M01B di Yamaha Byson, Seterang Lampu Fortuner?!

Terangnya gokilll

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, udah lama rasanya gak nulis review modifikasi ringan bagi motor kesayangan, Yamaha Byson tahun 2012 yang saya kasih nama si Edward ini. Yap, keseringan nulis tentang motor baru dan edit video untuk diposting di Youtube bikin saya kadang lupa masih punya Blog. Hahhaa.. Oke, sekarang kita puaskan hasrat menulis yang sudah lama terpendam dalam satu tulisan modifikasi ringan untuk motor harian kesayangan. Kali ini, saya akan bahas mengenai Pasang Lampu LED Projector RTD M01B di Yamaha Byson! Lho, sekarang gaya amat Edward pasang Projie? Kok bisa murah? Bisa klaim seterang Fortuner?? Kalem, santai, kita bahas sampe tuntas yak!

Pasang Lampu Projector LED di Byson, Murah!

ini dia, LED Murah yang bikin penasaran!

Sebelumnya memang saya dalam masa pencarian lampu yang cocok untuk jadi “mata” baru si Edward. Karena sebelumnya pakai lampu bohlam 35Watt merk A**ir*a kok rasanya kurang greget, ditambah mata yang udah minus ini agak sulit buat lihat jalanan di malam hari. Selanjutnya, ganti LED RTD M02E yang 6 sisi, cuma 25 watt, tapi sinarnya agak kabur-kaburan dan rasanya malah jadi kurang fokus, padahal sudah disetting sedemikian rupa. Huft..

Sempat kepikiran buat pasang Projector AES HID yang pastinya terang dan fokus, karena sudah ada cut offnya. Tapi, mikir lagi kalau harus modif banyak dan pastinya gak plug n play. Sudah jadi prinsip dasar kalau saya malas melakukan modifikasi yang gak PnP haha.. Maklum, bukan seorang yang demen modif berat! Sempet juga mikir ganti Projector BiLED punya Fortuner VRZ yang udah pasti terang dan irit daya beda sama HID, tapi… Balik ke Budget! Butuh diatas 1,5 juta untuk bisa pasang lampu tsb di si Edward.. Lantas?

Otak berputar, apa ya kira kira lampu yang cocok dengan si Edward, tanpa harus mengorbankan estetika dan juga fungsi? Akhirnya pencarian berujung ke Lampu LED RTD M01B, ini adalah lampu Mini Projector dari pabrikan RTD yang jadi produsen LED saya sebelumnya. Namun, yang satu ini beda, karena sudah dilengkapi PROJECTOR! Wow…

Tapi.. Projector LED kan biasanya sinarnya jelek! Kagak fokus, kurang terang, cuma kek senter dan cepet mati! Dsb dsb..

Sebelumnya pakai lampu Bohlam

Hold on.. Ini merk RTD, lampu LED yang sudah saya pakai hampir setahun dan hampir selalu nyala.. Sinarnya juga oke walau hanya 25 watt. Selama pakai, cukup puas dengan price to performancenya! Jadi, beli yang versi Projector ini bener-bener nekad sih bro! Istilahnya yaa modal percaya dengan lampu RTD yang sebelumnya saya pakai. Gambling aja..

Kalau ga cocok, tinggal lepas, jual lagi! Pikirku dalam hati..

Pesan di Online dengan harga hanya 200 ribuan, dua hari pesanan datang ke rumah dengan packing rapi untuk menahan segala goncangan dari pihak ekspedisi. Saat dibuka, WOW! Ini yang bisa saya lihat…

Build Quality

Soal BQ, jujur versi RTD M01B ini beberapa tingkat diatas RTD M02E yang saya pakai sebelumnya di Edward. Jempolan, dengan detail housing kipas yang terbuat dari besi, serta projector yang terpasang rapi di housing plastik keras yang dibalut chrome, Begitu pula dengan driver ballast yang terbuat dari besi, dan bentuknya jauh lebih simple dibanding versi RTD M02E! Wow, gokil sih ini untuk harga under 300 ribuan!

Projienya gak terlalu besar, sesuai dengan lampu yang ada di dalamnya. Terlihat di dalamnya ada lampu LED entah berapa titik karena ga keliatan, yang tentunya sudah tersedia Low Beam dan juga High Beam untuk lampu ini. Oh ya, untuk socket hanya tersedia untuk socket H4 atau HS1, alias belum bisa untuk socket H6 ya bro! Begitu pula dg dudukannya.. Langsung aja, kita pasang!

Pasang Lampu RTD M01B di Yamaha Byson!

Langsung kita pasang! Sebagai pemuja modifikasi PnP, saya seneng banget karena ternyata lampu ini dengan sangat mudah bisa masuk ke housing standar headlamp Byson. Begitu pula dengan socket H4 kaki 3 nya yang bisa langsung masuk di socket standart. Wuih, mantul ini!

Langsung juga dites nyalanya! gak perlu banyak setting, ternyata udah auto cocok nih. Tinggal setting ketinggian aja! Impresi awal tentang sinarnya…

TERANG GOKIL! Asli, untuk ukuran lampu dbawah 300 ribu ini lampu udah masuk terang banget. Walau rasanya lebay kalau kita bandingkan dengan lampu VRZ yang harganya diatas 1 juta itu. Tapi, menurut saya ini gak malu-maluin, tongktongannya mantep jugak!

Terangnya gokilll

Dengan spesifikasi 36 Watt, DC 12-24 V, 3600 Lumens dan 6300 Kelvin, bikin lampu ini jadi bejaban dengan lampu LED lain, bahkan dengan lampu LED motor dan mobil baru! Gak cuma itu, lampu ini juga sudah dilengkapi dengan fitur cut off! Artinya, sinar gak akan liar kemana-mana karena sudah terpotong dengan lensa projector mini yang ada di ujung… Satu hal yang ga bisa kita temukan dari LED atau bohlam biasa.

Buat yang sadar kenapa cutoffnya miring? Karena memang housing lampu Bysonnya juga miring masbro. Begitu pula di lampu LED ini, karena kita menganut stir kanan atau right hand drive, dimana sinar sebelah kanan harus lebih rendah dibanding kiri. Dan kiri harus tinggi karena untuk melihat trotoar dan pepohonan serta apapun yang ada di kiri supaya lebih jelas..

Impresinya untuk jalanan gelap memang mantul abis! Kelihatan semua tuh jalanan, sampe mungkin semut lagi nikah pun keliatan pake lampu inih! XD. Sinar pun menyorot kebawah dan gak bikin silau pengendara di depan. Sorot lampu LED warna putih dengan total 3600 Lumens terasa padat dan mantap. Terus, apa kurangnya nih?

Kekurangan lampu LED Projector RTD M01B

Hujan ga tembus nih!

Bicara kelebihan tentu ada kekurangan ya bro, apalagi di harganya yang menurut saya udah sangat murah pake banget ini. Kekurangan LED putih ini yang pertama adalah tetap gak tembus hujan dan kabut. Ya, alasan kuat masih banyak pakai LED kuning adalah bisa tembus kabut dan hujan. Untuk versi ini, dengan kadar cahaya 6300 Kelvin tentunya gak bisa tembus kabut ya bro, apalagi hujan besar. Kecuali memang hujan gerimis dan daerah sepi lampu.. Masih kelihatan laah..

Perbandingan dengan Projie Scoopy

Kedua, secara estetika tentu gak begitu kelihatan keren bila dibanding Projie HID atau Projie VRZ atau proie lain yang ukurannya besar. Ya, ini cuma seukuran bohlam biasa, wong masuk di housing standar headlamp Byson! Jadi ga bisa adu keren sama Projie besar.. Pun secara intensitas cahaya serta kemampuan cut off pasti lebih baik Projector yang ukuran besar. Ya, ada harga ada rupa ya…

Ketiga, belum nemu sih hehe.. Sejauh seminggu pemakaian, semua masih terasa normal tanpa ada minus berarti. Sinar pun fokus dan gak bikin silau *sudah simulasi*.

So? ada yang kepengen pake projie? bisa jadi referensi nih untuk temen-temen yang ga pengen modif banyak tapi pengen terang motornya. Mungkin RTD M01B Mini Projector ini bisa jadi solusi…

Jangan lupa follow media sosial IndoRide.com ya brosist…

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : [email protected]gmail.com

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*