Impresi Geber Kawasaki ZX25R di Jalanan, Kesenengan Sendiri! (+Review Kena Macet)

hayuuu ah berangkats!

IndoRide.com – Brosist, udah lama banget nih gak nulis review motor. Wkwkwkw, lagi sibuk beneer bro, blog ga kepegang sama sekali. Oke deh, kali ini kita isi lagii dengan informasi yang singkat dan bisa dibilang cuma impresi riding biasa dari rider kemaren sore, awkwkwk!! Yap, kali ini saya seneng banget karena bisa langsung jajal Kawasaki ZX25R ABS SE yang spesial.. Motor yang bikin saya penasaran setengah idup setelah dirilis bulan Juli lalu. Maklum, boroboro ngetes, liat langsung aje kagak pernah! Impian bersambut, ternyata, blogger kenamaan sekaligus panutan saya cak Iwan Banaran lagi ada ZX25R di rumahnya! Wah, sedep ini!

Rasa penasaran yang gak terbendung bikin saya komen di instagram lek Iwan. Komen sekedar kata keren, plus ngarep pengen liat langsung karena memang lokasi kami sama sama di depok. Bisa dibilang tetangga dah, wkwkwk! Akhirnya gayung bersambut, lek iwan dengan gayanya yang sudah sangat saya kenal, ramah dan welcome langsung WA duluan. “Mimpi apa semalam langsung di WA sama vlogger/blogger kenamaan Indonesia…” Gumam dalam hati. “Ki, kalo mau test ZX25R boleh kerumah aja ya. Test deh daripada penasaran.” Ujar cak iwan ramah. Gak pake kata-kata apapun, langsung “Siaaap lek! Berangkat!” :D.

Akhirnyaaa bisa ketemu ZX25R!! πŸ˜€

Singkat cerita, akhirnya sampai di rumah lek Iwan dan bisa ketemu ZX25R. (matursuwun lekkk). Impresi awal, cakep juga ini motor ya, padet dibanding Ninja 250 biasa! Dimensinya kompak, wajar lah ya 250cc aja.. Yang bikin terpana sebenernya bukan desainnya, desainnya ya kayak liat Ninja 250 aja. Yang bikin impresi “Wah” sebenernya adalah detail2 kecil yang ditawarkan Kawasaki di motor ini. Asli, lumayan bro!

Tuh kan mirip! :mrgreen:

Gak percaya? Lihat dari depan. Brosist bisa langsung nemuin suspensi upside down, yang juga bukan suspensi biasa bro! Suspensi besutan Showa ini adalah tipe Big Fork! Mantep! Pengereman? Di bagian depan, kita disajikan kaliper 4 piston besar Tokico RADIAL! Yap, radial bruuhh.. Dipadukan dengan cakram floating disk yang modelnya bulet, bukan wavy disk.. Lebih elegant sih. Beralih ke belakang…

Kita disajikan velg 4,5 inch dengan model palang seperti Ninja 250, namun dengan ban lebih besar berukuran 150/60. Pengereman sendiri menggunakan kaliper Nissin (beda dengan depan yak wkwkw). Nah untuk swingarmnya sendiri ini unik banget! Asymmetric Arm, kiri kanannya beda bentuk, katanya sih untuk meningkatkan kestabilan. Mboh, kita ga tau kalo belom ngetes! Dah lah, langgsung ajee kita ke impresi berkendaranya!

Impresi ZX25R dari Babang IndoRide!

hayuuu ah berangkats!

Test pertama yang bisa kita lakukan adalah test ergonomi. Ini penting, kadang kalau ergonomi gak cocok, bisa mmepengaruhi impresi lain kedepannya. Tapi.. Ergonomi Ninja 250 memang gak pernah mengecewakan, seenggaknya buat saya. Asli masih bisa dibilang nyaman, gak terlalu bongkok, dan kaki gak terlalu nekuk. Ngutip kata-kata reviewer motor, rasanya kita seperti menjadi iron men… eh maksudnya, rasanya kita seperti berada di dalam motor, in the bike. Feeling inilah yang dicari kalo naek motor, enak! Impresi awal soal ergonomi udah oke, lanjut!

https://www.instagram.com/p/CFD_PcejeaB/?utm_source=ig_web_copy_link

Hal asik lainnya adalah saat nyalain motornya. Geser kebawah knop starternya yang sekaligus jadi knob engine kill switch ini, mesin langsung menderu seru diawali dengan starter yang khas motor 4 silinder. “ckikikikit vruuummm…”. Mesin pun menderu, tachometer langsung berada di angka 2k rpm. Perlahan turun sedikit sampai di angka 1500-1800an rpm. Oke, gass.. Tarik kopling yang super empuk itu, dan tarik gas…

Saya pun coba gas agak lebih dalam, ternyata begini.. Persis seperti yang saya bayangkan hehe.. Pas di gas, ya responsnya seperti yang brosist udah saksikan di review temen temen blogger vlogger. Responsnya bisa dibilang smooth, tarikan gas juga khas Throttle By Wire yang ada lag dikit deh. Coba tarik lagi gasnya, hmm, khas, ga terlalu nyentak, mungkin lebih nyentak motor 150cc jaman sekarang ya. πŸ˜€

Penasaran, akhirnya saya melaju ke jalan besar. Ketemu juga nih jalan raya yang sayangnya lagi rada rame. Tarik gas santuy dulu.. Mesin menderu santai. Sayang sekali unit ZX25R yang saya test belum ganti knalpot resing.. Jadi suaranya masih kalem kalem santuy gitu deh.

Akhirnya ketemu jalan lenggang dan sepi, langsung aja saya downshift dan tarik gas dalem dalem! Surprisingly, feeling fun to ride nya baru dapet di rpm 8 ribu ke atas! Ini seperti anda sedang naik Ninja 150RR lalu mendapat sensasi dari bukaan Super KIPS! Yap, begitu menyentuh angak 8ribu rpm ke atas, motor ini langsung nyentak banget. Kewrasa deh powernya keluar, ram air pun aktif, zwiiiingg! Angka 100km/jam bukan hal yang sulit untuk didapatkan dalam waktu singkat… asal mainin gasnya pas yak! Cocok banget buat pemula kayak saya, yang suka ngeri ngeri sedap kena hentakan awal moge… ZX25R pas banget, awalnya smoothh tapi atasnya joos! πŸ˜€

Sensasi quickshifternya juga ajib. Berkali kali pake quickshiftnya dan gak kecewa. Responsnya tepat, pas, dan gak bikin kaget. Halus seperti shifting nekan kopling. Asik pokoknya! Begitu juga dengan downshiftnya.. Mantep lah. KTRC atau Traction Control Kawasaki juga bekerja cukup baik, motor terasa mudah dikendalikan dan terkontrol di kecepatan tinggi..

Performa pengereman… 5 jempol! Kaliper radial dengan 4 piston plus fitur Antilock Braking System bikin ngerem makin pede. Rem dari kecepatan 100 pun masih sangat pede tanpa perlu ketar ketir ban ngelock. Responnya pun asik banget. Gak boong deh ya, radial plus ABS gitu loh! Ditambah suspensi yang udah pake big fork, bikin ngerem jadi tambah stabil. Asik benerr!

Nyoba handlingnya, hmm, masih bisa dibilang nurut deh ya. Walau memang masih ada rasa Kawasaki nya… *IYKWIM. Coba coba tikungan tipis di UI arah Pancasila, motor cukup nurut dan ga ada gejala liar sana sini. untuk postur saya sih handlingnya bisa dibilang ajib, tekak tekuk sana sini masih enak dan ga nyiksa! Mantep lah..

Salah satu yang saya notice dari sekian banyak kelebihannya adalah hawa panas mesin… yang terasa cukup menusuk kaki hehe.. Saya jarang bawa moge, apa memang gini ya rasanya? Maklum nyubi, biasanya juga test moge naked yang langsung tersapu angin panasnya. Panas mesin terasa cukup menusuk pergelangan kaki. Terlebih kalau sudah dibawa agak lama.. Mungkin saya aja yang belum terbiasa, apa ada yang ngerasain hal yang sama? πŸ˜€

Puas ngetes performa, kena macet!!

Bukan depok namanya kalau ga nemu macet sob. Iyak, MACET! Sahabat orang depok ini, wkwkwk. Iseng deh, gimana sih rasanya bawa ZX25R di kemacetan? Langsung saya arahkan badan ini dan motor ini ke spot macet yang mantep di hari sabtu siang, lampu merah cisalak! Ultimate epic ini.. Gimana rasanya?

Suhu mesin terpantau di angka 90an saat jalan standar. Naik cukup cepat di kondisi macet, terpantau naik hingga 100 dan 107 di posisi terakhir di kemacetan. Selap selip sana sini gak pake matiin mesin, begitu radiator nyala bisa turun di angka 105, namun naik lagi ke angka 106 di kemacetan. Tapi masih bisa dikontrol kok, dan bar temperature masih di angka 4, which is masih aman banget, ga overheat!

Masih aman!

Aneh aja, lagian masa motor sport 4 silinder fairing disuruh macetr macetan, wkwkkw, dasar IndoRide noraakk! :mrgreen: .

Mutermuter lagi di jalan juanda smabil ngoceh, ternyata action cam udah abis memorinya. Asem tenann! :mgrgreen:

Kesimpulan

Kesimpulannya jika anda punya uang berlebih, namun pengen motor 4 silinder yang cukup terjangkau harga dan pajaknya, bisa langsung sikat ZX25R ya. namun jangan berharap impresi seperti moge ya, ingat ini masih 250cc! :D. Ekspektasinya harus disesuaikan.. Menurut saya, worth it kalau pengen cari kesan mesin 4 silinder tapi pengen motor yang masih sangat mudah dikontrol! ZX25R adalah pilihan tepat…

Mau beli? Antri soobb.. Indennya mengular kwkwkw..

Jadi gimana? Beli apa nggak? Kalo saya sih enggak, udah jelas, wong duite ora ono kwkakaka! Tapi kalau teman teman punya alasan seperti yang saya sebutin di atas, dan cocok sama motornya, gak ada salahnya untuk masukin ke garasi. Ajibb..

Semoga berguna review singkatnya ya bro. Salam geber sampai redline!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial IndoRide.com ya brosist…

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : [email protected]gmail.com

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*