Urban Motor’s Rakish R80,Transformation makes a perfection!!

ARblog – Assalamualaikum brosist.. selamat malam.

Sebenarnya agak bosan juga posting tentang mainstream news terus. Malam hari ini saya mau bahas tentang Historical Bike ala ARblog yang ecek-ecek ini.

Apa sih yang mau dibahas? Kayak gimana? Segmen apa? Merek apa? Lets cekidott brosist..

image

Urban Motor Rakish R80

Sebenarnya motor ini ga tua-tua amat sih,kelahiran tahun 1987,tapi bisa lahh yaa dikategorikan sbg Historical Bike. Motor apa sih ini?? Yapp!! Ini adalah Urban Motor’s Rakish R80!! Keren kan brosist?? Eh tapi,apaan tuh Urban Motor’s?? Rakish apaan lagi? Gak terkenal!! Ga kaya Honda *ngoahaha :D.

Urban Motors adalah pabrik kecil milik Pakde Peter Dannenberg yang berlokasi 15 km disebelah timur dari pabrik besar milik BMW. Ya,pakde Peter ini membangun motor yang tadinya biasa saja jadi spesial pake telor dua !!

image

Biasa saja kan? Kayak Honda GL

Pakde Peter ini ingin merubah motornya yaitu BMW R80 Monolever yang kala itu memang sudah keren brosist! Tapi yang namanya modifikator,pastinya mau yang lebih jooss lagi! Jadilah ia memikirkan untuk membuat motor yang konsepnya classic cafe-racer.

image

Mantap ga?

Modifikasi pertama ia lakukan di sektor suspensi. Melakukan upgrade di bagian fork depan dengan Wilbers progressive springs dan menambah Wilbers Ecoline shock out supaya makin jos. Suspensi sudah,berikutnya kaki kaki brosist! Kaki-kaki bawaan BMW yang bergenre cross-spoke wheels diganti dengan Velg custom 18″ dibagian depan dan 17″ dibelakang. Velg tersebut juga dibalut dengan ban Avon Roadrider AM26 yang dijamin ngegrip abiss brosist!! Wahh udah cafe racer banget ya. Tapi kata si Pakde Peter beluman!! Walah,lanjut dah..

Lanjut dengan mengganti tangki bawaan dengan yang lebih ramping dengan jok yang terbuat dari kulit yang pastinya kereen banget brosist!! Masih terlihat kurang,ia pun mempercayakan instalasi kelistrikan kepada Motogadget,dan hasilnya juoozz brosist!! Gak kalah sama motor2 baru kelistrikannya! Urban Motor juga membuat ulang casing Gearbox custom karena terjadi perubahan pada rangka si Monolever tersebut.

Dan sumber kelistrikan dari motor ini yaitu accu,dipindahkan ke bawah frame. Tak hanya itu,sisi engine pun diutak atik brosist! Dengan mengganti filter udara dengan filter K&N dan mengganti muffler dengan muffler custom. Dari sisi pengereman ga kalah jos,pakde Peter menyematkan kaliper brembo di kaki sang Monolever ini,dilengkapi dengan LSL Handlebars! Biarpun motor tua,ngerem tetep enciiit dah! Jooozzz tenann! Detail lain yang ngga kalah menarik adalah dengan disematkannya 5 inch classic headlamp + LED sign lamp yang terintegrasi dengan brake lamp! Juga disematkannya hand-made side mounted license bracket jadi membuat motor ini tambah manis!!

Gimana brosist? Keren ngga? Modifikator-modifikator memang ga ada matinya,membuat desain yang all out of the box,yang bahkan pabrikan tidak terfikir sejauh itu. Saat karya mereka diacungi jempol dan diapresiasi oleh orang banyak menjadi kepuasan tersendiri bagi mereka. Salut!! 6 jempol dari ARblog buat pakde Peter!! Juoozzz. Btw,itu mesin Boxer-twin panjangnya sama ama stang yak,ga ngeri ambyar apa kalo jatoh :D. Berikut ini gallery Rakish R80 ini brosist.

image

image

image

Urban Motor Rakish R80

image

image

Mantap ga?
image

Wow! Stang sama mesin panjangnya hampir sama 😀

image

Thanks for reading and sharing,please comment below here,and see you on the next article. Wassalam.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*