KTM Duke-Series,Unleash the Beast!

ARblog – Assalamualaikum brosist,selamat malam..

Hari Jum’at malam,saatnya beristirahat bagi yang sehari-harinya beraktifitas. Sama seperti saya yang sedang beristirahat,tiba-tiba ada message masuk ke newsroom ARblog,ternyata message dari saudara sepupu saya,bro Alfath,yang ternyata request bahasan tentang motor KTM,tepatnya sih KTM Duke-Series. Oke bro,mari kita bahas sedikit tentang sejarah dari motor nan eksotik yang satu ini. Check this out brosist!!

Kronreif & Trunkenpolz Mattighofen (KTM)

Kronreif & Trunkenpolz Mattighofen (KTM)

KTM,pabrikan asal Austria yang satu ini memang terkenal dengan motornya yang berdesain “out of the box”. Bisa dilihat dengan karakter motornya yang memang menjadi ciri khas dari pabrikan yang satu ini. Selain itu,harganya yang agak “gak masuk diakal” menjadikannya terkenal juga sebagai motor yang cukup eksklusif di Indonesia. Sebenernya,KTM itu apa sih? Kapan diciptakannya? Motor apa sih yang jadi concern-nya? Apa mereka cuma bikin motor sebagai line up productnya? Berikut sedikit sejarah tentang KTM brosist..

KTM didirikan pada tahun 1934 oleh Hans Trunkenpolz,awalnya dikenal sebagai Kraftfahrzeuge Trunkenpolz. Perusahaan tersebut sebenarnya adalah sebuah toko Metalworking (metalworking adalah proses bekerja dengan logam untuk membuat bagian-bagian individu, rakitan, atau struktur skala besar). Dengan metalworking saja,penjualan mereka rendah dan mengecewakan, Pemilik memutuskan untuk memulai pembuatan sepeda motor pertamanya pada tahun 1951 yang dikenal dengan seri R100 bermesin 98cc pertamanya. Dua tahun kemudian, pada tahun 1953, seorang pengusaha Austria bernama Ernst Kronreif membeli sebagian besar dari perusahaan tersebut dan berganti nama menjadi Kronreif & Trunkenpolz Mattighofen yang disingkat menjadi KTM. Semenjak itu,KTM menjadi semakin gencar untuk membuat sepeda motor kencang nan efisien. Diantaranya KTM membuat sepeda motor enduro dan motorcross untuk off-road,serta sempat membuat motor balap 125 cc untuk ajang MotoGP 125 cc pada tahun 2000an silam. Selain itu,KTM juga ternyata membuat sepeda yang gak kalah jossnya dengan motornya brosist!! wah,multi-talented nih KTM 😀

Nih sepedah buatan KTM.. Harganya hampir sama dngn motornya XD

Nih sepedah buatan KTM.. Harganya hampir sama dngn motornya XD

Nah,untuk versi Duke sendiri,KTM mulai membuatnya pada tahun 1994,yang pertama kali dikenal dengan nama Duke 620. Dengan spesifikasi mesin Liquid Cooled four stroke engine single Cylinder SOHC, 4 Valve per cylinder,yang menghasilkan output power sebesar 55 hp dan torsi 60 Nm @5000 RPM.

KTM Duke 620,the first generation!!

KTM Duke 620,the first generation of Duke!!

Joss banget dengan spesifikasi yang bisa dibilang biasa saja untuk moge,output power dan torsinya bisa sebesar itu. Menuai kesuksesan yang cukup baik,KTM pun meneruskan untuk memproduksi Duke ini dari varian terkecil 125 cc sampai varian terbesarnya,SuperDuke 1290. Pertama kita bahas dari yang paling kecil dulu brosist..

1.  KTM Duke 125

KTM Duke 125cc,keren gan!

KTM Duke 125cc,keren gan!

Dimulai dari yang spesifikasinya paling buncit diantara yang lainnya,KTM Duke 125. Nakedbike yang satu ini memang mengambil desain yang plek dengan kakak-kakaknya yang berkubikasi lebih besar. Untuk kelas 125 cc,KTM mempersembahkan spesifikasi part kelas wahid ke motor ini. Seperti ABS system,shock Upside-down layaknya moge,tubular steel chassis juga layaknya moge,dan part lain yang biasanya ditemukan di moge kelas atas disematkan ke versi 125 cc ini. Untuk engine 125 cc,output powernya lumayan juga,15 hp. Hampir sama dengan sport 150 cc yang beredar di Indonesia. Sayangnya,layaknya motor 125 cc high tech lainnya,harganya cukup overpriced menurut media-media diluar sana.. ya sebanding lah dengan spesifikasi kelas wahid yang disematkannya.. lanjut yak.

2.  KTM Duke 200

KTM Duke 200!

KTM Duke 200!

Nah,kalau yang ini kayaknya brosist sekalian yang demen mantengin blog motor pada tau nih. Duke 200,memang sudah masuk ke Indonesia sejak bertahun lalu,dan sudah mulai banyak yang membelinya di Indonesia. Desainnya yang out of the box,membuat hati sebagian bikers tajir di Indonesia pada luluh dan memboyongnya kerumah. Meskipun harganya yang “gamasuk akal”,tetap saja laku diIndonesia. Untuk spesifikasinya sendiri,KTM Duke 200 ini hampir sama dengan adiknya yang 125 cc,yaitu Liquid Cooled 1 cylinder DOHC 4 valve per cylinder. Dengan output power 25 hp,emang mantap banget buat motor 200 cc,bahkan menyamai Honda CBR250 old!! Tak heran,KTM santer dikabarkan menantang motor-motor 250 cc di Kejurnas IRS 250cc Indonesia,edyaannn. KTM Duke ini sendiri punya saudara jauhnya,yaitu Pulsar 200NS yang bekerjasama dengan Bajaj India dan sekarang dijual oleh Kawasaki di Indonesia. Oke,kita lewatkan Duke 200 ini,kita lanjutt..

3.  KTM Duke 390

KTM Duke 390. 1 Cylinder??

KTM Duke 390. 1 Cylinder??

Sesuai namanya,Duke yang satu ini berkubikasi 390 cc. Mengusung tema naked bike,desain pada Duke 390 ini terasa lebih Garang dan lebih menandakan kalau Duke ini “Monster”. Yap,dengan spesifikasinya yang lumayan mantap,373 cc 1 silinder 4 stroke engine water cooled,memungkinkannya mendapatkan output power yang jos! 43 hp. KTM mengatakan bahwa Duke 390 ini adalah motor yang low fuel consumption dengan power yang besar dan handling yang ringan,kalau di luar sana sih sering dibandingkan dengan Ninja 300 (disini Ninja 250). Edyaann. Untuk spesifikasi partnya sih gajauh beda dengan adik-adiknya,sama-sama mengusung part kualitas nomor wahid dan yang pastinya kerenn dah! 400 cc 1 cylinder? not a good choice for Indonesian market,KTM.. (ngelirik CBR250 ngoahaha). Lanjutt ya..

4.  KTM Duke 690 

KTM Duke 690

KTM Duke 690

Another 1 cylinder beast from KTM. Duke 690. Pertama kali yang ada dibenak saya tentang ini motor.. “Geternya kayak gimana ye? Gile 690 cc 1 silinder. Ga kebayang pistonnya segede apa!”. Ya terlepas dari kekurangannya,mungkin KTM ingin mengejar efisiensi dan memangkas bobot motor,yang efeknya adalah akan lebih asik dikendarai. Dan sepertinya juga KTM telah memikirkan soal getaran mesin yang akan terjadi,dengan kembali memasukkan part kelas wahid kedalam motornya yang satu ini. Dengan cc yang lebih besar,tentu Duke 390 ini lebih gwambott alias lebih gede dari sodara-sodaranya. Dibalur dengan warna hitam dan putih,terasa semakin keren saat lihat tubular steel frame yang gagah dibalur dengan warna oranye khas KTM. Pokoknya,keren banget brosist!! Spesifikasi mesinnya juga tak jauh beda dengan adik-adiknya,yang berbeda hanyalah kubikasi yang lebih besar,sehingga bisa mendapatkan output power di angka 50 kW (67 HP) Josss 1 silinder 67 HP!! Dirilis dengan 2 versi,yaitu Duke 690 biasa dan Duke 690 R. Untuk Duke 690 R sendiri dari pabrikannya sudah mengalami penggantian pada sisi Exhaust alias knalpot dengan disematkannya knalpot Akrapovic yang dijamin Asli ga kw kw an!! Juooozzz KTM.

KTM Duke 690 R,a Special Edition!!

KTM Duke 690 R,a Special Edition!!

Lanjutt ke versinya yang berkubikasi paling besar,the “Beast”!!

5.  “Best of the Beast,KTM SuperDuke R 1290”

KTM SuperDuke 1290 R!!! Beast of the Beast!

KTM SuperDuke 1290 R!!! Beast of the Beast!

Ini nih yang paling saya suka,top of the line dari suatu produk biasanya yang paling Juoozz. Yep,KTM SuperDuke R 1290!! Mengusung tagline “Everything in sight,everything under control,Perfect handling,and Maximum performance” seakan sudah lengkap menggambarkan bagaimana sosok “Monster bike” yang satu ini. Dengan mengusung mesin 2-silinder V-twin DOHC 8 valve per cylinder liquid cooled. Anda tahu berapa output powernya brosist? 180 HP!! Wuedyaaann! sepertinya tagline “Power without Limit” yang disematkan pada varian yang satu ini tidak berlebihan brosist. Tak hanya itu,kembali spesifikasi kelas wahid dipersembahkan KTM untuk siapapun pengguna SuperDuke ini. Seperti manual cluctch with hydraulic (kopling hidrolik),cakram depan 2 buah,shock upside-down,dan yang ga kalah edyannya,bobotnya hanya 189 Kg untuk motor 1300an cc. Pantas,KTM dengan bangga mengatakan “Light as Feather” itu benar adanya.. Sekali lagi saya harus mengatakan,SuperDuke adalah salah satu masterpiece dari KTM untuk dunia..

The End of this article,KTM memang pabrikan yang ingin berbuat beda dengan yang lain. Tak heran,desain dari motornya keren-keren banget! berkarakter dan jarang ada yang menyamakan jika brosist mengendarainya di jalan. Sayangnya,antusiasme bikers dari Indonesia untuk KTM tidak diimbangi dengan harga dari motor-motor KTM yang melambung tinggi ketika sampai sini. Seperti RC200 dan RC390 yang dijual dengan harga masing-masing 60 jutaan dan 120an juta. Padahal,jika KTM berani membenturkan harga dengan motor-motor Jepang yang sudah dulu masuk sini dengan desain yang itu-itu saja,saya yakin Duke series ini akan laku kerass! mungkin salah satu pertimbangan KTM tidak melokalkannya adalah masalah kualitas ya brosist.. Bagaimanapun keputusannya tetap harus kita hargai.. berikut bonus foto dan video dari yutup buat brosist sekalian..

Ini asli keren banget dah!! jooozzz

Ini asli keren banget dah!! jooozzz

Sport-Adventure! Mantaps!

Sport-Adventure! Mantaps!

Mbah kakungnya Duke hehehe

Mbah kakungnya Duke hehehe

"Light as like Feather"

“Light as Feather”

KTM Duke dan saudaranya,Pulsar 200NS

KTM Duke dan saudaranya,Pulsar 200NS

KTM Duke 690 R,a Special Edition!!

KTM Duke 690 R,a Special Edition!!

Alamaakk ini mantap kali brosist..

So,KTM Duke-Series? “The Beast that come from Austria!!”

Thanks for reading and sharing,please comment below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
Gallery | This entry was posted in KTM, Motorcycle, The Series and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to KTM Duke-Series,Unleash the Beast!

  1. iimvixby says:

    Panjang banget mas,,, hoaaaamsss,, absen aja deh, bacanya besok

    Like

  2. peysblog says:

    manteeeebh lengkap bgt

    Like

  3. prasetyo676 says:

    juozzz.., lengkap banget infonya mas, line-up Duke series.. paling demen yg SuperDuke R 1290.

    Like

  4. Alfath says:

    sedhap iki (y)

    Like

  5. Pingback: Ubah Naked-Bike-mu jadi Cafe Racer?? Why not brosist..!! | Alki Rahmatullah

  6. Pingback: KTM Siapkan Adventure Bike Dengan Basis Mesin Duke 390?? Mantap Nih! | Alki Rahmatullah's Blog

  7. Pingback: Ketika Honda CB150R Dan Yamaha Vixion Dimodifikasi Ala Supermoto,Lebih Keren Mana Bro? | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s