Menganalisa Yamaha NMax dari berbagai sisi,akankah worth to buy diangka 30 jutaan??

ARblog – Assalamualaikum brosist,selamat sore..

"NMax"
“NMax”

Artikel kali ini spesial membahas tentang Yamaha NMax 150. Yah,mainstream yak? Gapapa lah,sekedar menganalisa dari produk “besar” buatan YIMM yang satu ini. Yang namanya analisa,pasti ada kelebihan dan kekurangannya ya brosist. Berhubung saya belum lihat langsung apalagi testride langsung,jadi metode dalam menganalisa produk yang satu ini menggunakan metode penerawanganisasi (Haiyah :D) ya pokoknya menurut penglihatan dan sepemahaman saya selaku penulis aja brosist..

First of all,mari kita selidiki dulu motor yang akan kita bahas kali ini. Bernama Yamaha NMax,menyiratkan bahwa motor ini keturunan asli dari Max-Family,yang artinya keturunan dari motor motor besar buatan Yamaha. Bisa kita lihat sendiri,saudaranya seperti TMax,XMax,Vmax,dll,besar besar semua kan brosist? :D.

Nah,hal pertama yang akan saya analisa adalah dari sektor desain. Yup,desain kadang-kadang menjadi suatu harga mati bagi sebuah produk. Bisa kita tengok kebelakang sedikit,motor yang berdesain “out of the box” atau yang disebut berbeda dari motor kebanyakan,sepertinya kurang bisa diterima oleh masyarakat. Contoh kecilnya adalah Honda CS1 yang pernah saya bahas disini,dengan teknologi dan mesin yang powerfull pun,karena desain yang kurang diterima alhasil penjualan merosot tajam masbro. Nah,Yamaha tidak mau hal seperti itu menimpa ke produk barunya. Dengan desain ala Maxi scooter,menjadikannya berukuran gambot dengan garis garis tajam nan elegan khas Yamaha. Dengan tidak dihilangkannya kesan sporty khas motor Yamaha,NMax ini tetap menawan brosist..

Lanjut ke bagian detailingnya brosist. Lampunya ciamik neh,mirip sama Ninja 250 old maybe? Cuma agak menumpul dibagian sisi-sisi lampunya.. Nah yang juga ciamik nih ala motor matic gambot ialah lampu sein di tebeng fairing. Yup,bikin kesan gambotnya makin kerasa brosist! Keren bingittss! tapi dari bagian ini,menurut saya agak kalah dengan New PCX yang sudah memakai LED dan DRL Lights. Untuk tail lampnya sendiri IMHO agak debatable nih brosist,agak mengotak dan melebar gitu deh. Mirip apa ya? Scorpio mungkin? Bagian lain yang membuat saya cukup terkesan adalah sistem pengeremannya. Ya,sistem pengereman dari NMax ini sendiri sudah double disk depan belakang. Disaat PCX masih tromol,NMax sudah mengaplikasikannya. Dan Yamaha juga sudah memasukkan versi ABS ke dalam variannya. Kaki-kakinya sendiri sudah mengaplikasikan ban gambot dengan velg palang 6 ( agak mirip sama bentuk velg Revo 100 kepunyaan penulis ya?? ). Lumayan lah ya..

Lanjut lagi brosist,dari segi Fitur yang dibenamkan nih. Fitur yang paling menonjol dari Big scooter ialah segalanya serba besar dan nyaman. Punya ergonomi yang asik dan selonjoran,bakal menyenangkan banget naik matic ini di traffic kota besar layaknya Jakarta. Selain itu,fitur yang tidak kalah menonjolnya adalah bagasi yang besar yang dapat menampung helm dan jas hujan sekaligus :D. Sangat fungsional brosist. Ada dua laci yang bisa dibuka tutup di dek NMax ini. Yang satu agak dalam,cocok untuk menyimpan botol minum kecil,dll. Yang kecil bisa untuk menyimpan seperti HP,dan barang barang kecil lainnya. Lumayan lagi..

Penerawangan selanjutnya saya alihkan ke sektor penggeraknya nih brosist. Yap,sektor mesin menjadi hal penting yang harus dicermati ketika membeli kendaraan. Disini NMax agak lebih superior dari rivalnya,sang Honda PCX 150. Mengusung mesin yang disinyalir 155 cc  SOHC 2 Valve Liquid Cooled,menghasilkan tenaga yang nampol brosist,yaitu 14,8 hp atau sekitar 15,1 PS!! Torsinya sendiri sebesar 14,4 Nm,widih lumayan banget tarikannya nih. Bener bener lebih superior dari matic 150 cc lainnya. Selain itu,dikabarkan NMax ini menjadi motor ke empat yang mengaplikasikan Blue Core engine setelah Nozza Grande di Vietnam,lalu Grand filano di Thailand dan Mio M3 yang baru saja dilaunching di Indonesia beberapa bulan lalu. Baca juga artikel tentang Mio M3 disini.

Last, karena baru sedikit hal yang bisa digali dari motor ini,jadi baru segini aja deh brosist analisanya. Pesannya sih,jika dipasang di harga 30 jutaan ini motor sangat worth to buy brosist. Melihat dari spesifikasi dan fiturnya yang ajib,makin membuat perang di segmen matic khususnya matic besar semakin berdarah darah brosist! Dari segmen maxiscoot sendiri baru ditempati oleh Suzuki Burgman 200,dan PCX 150. Keduanya sama sama CBU,dan untuk Burgman sendiri IMHO harganya agak overprice brosist,PCX juga begitu dengan harganya masing masing 60an juta dan 38 juta. Jika ingin laris dan menyabet gelar top product dikelasnya layaknya R25,Yamaha harus menempatkan price positioningnya dengan tepat 😀

Berikut Gallery dan spesifikasi dari Yamaha NMax 150 (diambil dari blognya om Leopold dan om Joe Motoblast) enjoy! Semoga kepengen 😀

Mirip Ninja 250 Karbu yah headlampnya?
Mirip Ninja 250 Karbu yah headlampnya?
Guambooott
Guambooott
Tangki bensinnya yah?
Tangki bensinnya yah?
Security Key Shutter,Sama seperti matic yamaha lainnya?
Security Key Shutter,Sama seperti matic yamaha lainnya?
Bagian buritan agak "debatable" :D
Bagian buritan agak “debatable” 😀
Jozzz cakram belakang+ban Guambot!
Jozzz cakram belakang+ban Guambot!

nmax 7

"NMax"
“NMax”
ABS System. Good move yamaha!
ABS System. Good move yamaha!

nmax 10

Bagasi besar nan lebar. Fungsional
Bagasi besar nan lebar. Fungsional
Spesifikasinya lads..
Spesifikasinya lads..

Thanks for reading and sharing,please comment below here,and see you on the next article

Wassalamualaikum.

Advertisements

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*