Yamaha MT-15 Dirilis di India, Harganya Bikin Iri! Cuma 28 Jutaan Aja?!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Broo, lagi-lagi bahas motor yang ada di negara bollywood, India. Setelah sebelumnya bahas beberapa motor yang baru saja dirilis disana seperti FZ-FI, FZ25, dll, kali ini Yamaha India kembali merilis sebuah streetfighter andalannya, yang juga sebenarnya sudah dirilis sejak beberapa bulan lalu di Thailand dan bulan Februari lalu rilis di Indonesia. Yap, Yamaha MT-15! Dengan slogan The Dark Side of Japan, slogan angker yang selalu nempel di nama MT-series.. Yang mengejutkan, Yamaha MT-15 India dirilis dengan harga Rp 28 Juta aja! Hebooh! Kok bisa?

Yamaha MT-15 India, harga murah!

Seperti yang kita tahu, harga motor di India emang selalu lebih murah. Sebelumnya kita dikejutkan dengan harga R15 VVA yang disana hanya 28 jutaan, padahal disini dijual dengan harga 35 jutaan. Begitu pula dengan MT-15, yang ternyata dibanderol gak jauh beda dari saudara dekatnya tersebut! Yap, dengan spesifikasi mesin dan fitur yang hampir sama, MT-15 dibanderol hanya 28 jutaan saja! Woww.. Kok bisa murah banget ya? Netizen pun heboh…

Harga Yamaha MT-15 India, cuma Rp 28 jutaan! Tapi…

Secara resmi, lewat rilis yang diberikan Yamaha India, mereka membanderol MT-15 seharga Rs 1,36 Lakh atau jika dikonversi ke rupiah sekitar Rp 28 jutaan. Harga ini tentu jauuuh lebih murah dari MT-15 Indonesia yang dibanderol dengan harga 34 jutaan OTR jakarta dan sekitarnya. Eits, jangan heboh dulu, sebab, murah ini bukan tanpa alasan. Yamaha MT-15 India sudah didowngrade sesuai dengan budget dan pangsa pasarnya di negara Bollywood ini..! Banyak sekali penurunan alias downgrade yang terjadi kepada MT-15 kelahiran India. Hal ini sudah kita duga lewat spyshot media india soal MT-15 beberapa waktu lalu, ternyata benar di downgrade! Mari kita breakdown satu persatu…

Yang pertama, jelas dan nyata terlihat bahwa Suspensi depan masih teleskopik, beda dengan versi Indo yang sudah upside down. Jelas ini downgrade, bisa turun harga berapa juta nih! Sama seperti kasus R15 VVA India vs Indonesia.. Jelas, untuk sosok streetfigter atau seekor naked sport suspensi Upside Down apalagi berwarna emas tentu lebih menarik dilihat, dan pastinya menunjang penampilan motor jadi lebih keren.

Nah, fix mirip!

Perbedaan lain ada di swing arm. Yap, swing arm MT-15 di Indonesia sudah memakai aluminium swing arm Banana, yang terlihat sangat padat dan kekar. Versi India? Sayang sekali hanya diberikan swing arm lurus biasa, kalo disini nyebutnya swing arm tahu kotak wkwk.. Tentu penampilannya jadi kelihatan lebih kurus tuh masbro, gak seperti versi Indonesia atau Thailand yang terlihat kekar serta padat. Hmm… Lagi-lagi masalah harga.

Hanya itu? Gakk… Masih ada lagi yang kurang, yakni pemakaian velg yang nampaknya ngambil plek dari Byson atau FZ FI facelift disana, commonparts is easiest way to cut price.. Yap, beda dengan versi disini yang pakai palang Y dengan profil lebar. Tapi menurut saya gak masalah sih velg palang y kecil ini, masih tetap terlihat pas dengan tubuh streetfighter sangar sang MT-15. Yang mencederai menurut saya hanya upside down dan swingarm tahu nya… Hmm, ya namanya juga downgrade bwank! Ujarnye…

Lainnya? Standar aja bro! Ada mudguard untuk ngurangin cipratan pada MT-15 versi india, diberikan sebagai fitur standar saat pembelian. Gak ketinggalan, Sari guard dan mata kucing biar makin keliatan #indiabanget gitu lho. Untung saja, soal dapur pacu Yamaha India tidak ikut-ikutan menurunkan spesifikasinya. Tetap dengan mesin 155cc SOHC VVA 6 Speed dengan tenaga puncak hingga 19,3ps, cukup banget untuk seekor nakedsport fighter dengan tampilan yang bengis!

Nah, udah paham kan kenapa harga motor di India lebih murah? Selain karena ada yang di downgrade, disana juga kabarnya pajak untuk motor itu murah, cuma harga bensinnya yang mahal. Entah bener apa ngak, yang jelas ada hal yang dikurangi yang bisa kita lihat dengan mata sendiri… Gimana bro? Degan harga 28jt tapi downgrade, atau 35juta tapi fullset?

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*