Yamaha Siap Bikin Motor Sport “Murah” Dengan Combi Brake Buat Lawan Verza 150? Menarik!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, asli menarik banget nih gerak-gerik dari PT. YIMM alias Yamaha Indonesia di tahun 2019! Semenjak terbongkarnya New Nmax 155 2019/2020 di website PDKI (Patent) Indonesia, satu persatu gerak-geriknya pun terbongkar dan bisa kita analisa lebih jauh! Sebelumnya sudah geger mengenai desain dari New Nmax yang sudah gamblang kita ketahui. Kali ini, Wak Haji Taufik TMCBlog kmbali menemukan sebuah patent dari produk baru Yamaha yang juga didaftarkan di website tersebut! Motor ini kabarnya adalah Motor Sport “Murah” yang siap diproduksi Yamaha! Kabarnya pake mesin Byson FI? Waaahh, menarik!

Sport Naked Entry Level Yamaha, Buat Lawan Verza?

Ini dia!

Namun, kembali terungkap yang mematenkan bukan Yamaha Indonesia, melainkan Yamaha Jepang yang berpusat di Iwata. Yang menarik disini adalah Yamaha ternyata bukan mematenkan desain dari sebuah motor yang diduga akan menjadi varian baru sportbike Entry Level Yamaha, melainkan mematenkan teknologi Combine Brake alias pengereman di kedua sistem pengereman secara bersamaan! Artinyaaa… ya semacam combi brake system gitu deh! Sistem pengereman yang berupa gambar ini sudah didaftarkan ke PDKI oleh Yamaha Jepang sejak 2016 lalu, bisa brosist lihat di gambar diatas, Yamaha mndaftarkan gambar dengan nomor pendaftaran PID201806527 tersebut sejak Januari 2016, dan baru diapprove Februari 2019 kemarin. Jadi udah lama ya! Terus, maksudnya gimana?

Yap, jadi yang didaftarkan Yamaha adalah teknologi combi brake tersebut. Namun, yang menjadi role model alias model percontohan pemasangan combine brake tersebut adalah sebuah motor sport entry level, jika kita telisik lebih jauh dari gambar yang ada, motor entry level tersebut identik dengan sebuah motor yang sudah rilis di Eropa sana bernama Yamaha YS125 (pengganti Yamaha YBR125). Menarik banget nih! Sebab, gambar-gambar ini bikin kita seperti menyusun teka-teki lagi akan gerak gerik Yamaha di kelas sport naked kedepannya.. Apalagi, terbukti yang dipatenkan adalah sistem pengereman, bukan motornya! Terus, gimana?

Jujur masih cukup misterius nih bro. Sebab, registrasi paten yang bisa dibilang sudah sangat lama, 3 tahun lalu sejak 2016. Kemungkinan besar Yamaha berniat untuk memasarkan motor sport naked entry level bermesin Byson FI untuk melawan Verza 150! Kenapa bisa lama? Mungkin project sport entry level ini sempat dibekukan sementara karena ada yang lebih urgent? atau kemungkinan lain bisa jadi sistem pengereman ini disiapkan untuk next project Yamaha Vixion yang seakan butuh asupan nutrisi ditengah sulitnya persaingan 150cc di Indonesia? Who knows?

Atau memang, project ini baru goal lagi dan sport naked entry level siap dirancang untuk lawan Verza 150?? Menarik memang, karena jika benar maka ada lawan bagi Verza 150 sebagai sport yang siap untuk bekerja keras. Dengan basis Yamaha YS125 dan pakai mesin Byson FI di Indonesia sepertinya pas nih. Yamaha YS125 sendiri dirilis di Eropa sejak 2017 lalu. Motor ini sudah memenuhi standar emisi gas buang Euro 4 dengan mesin 125ccnya. Istimewanya, tangki bahan bakar mencapai 14 liter yang cocok buat motor pekerja keras dan untuk berjalan jauh. Secara basis mesin menggunakan basis dari Yamaha FZ16/Byson yang kita kenal di Indonesia, namun kapasitas mesin diturunkan menjadi 125cc. Motor ini mengandalkan mesin SOHC Air Cooled layaknya Byson yang terbukti cukup tangguh dan gak rewelan.. Menarik, jika bisa dipasang di angka 18-19 juta, bersaing dengan CB150 Verza!

Nah, sayangnya sampai detik ini, menurut lek IWB lewat telik sandinya belum ada kode project yang merujuk ke sport entry level dari Yamaha. Apalagi, jika dilihat gambar paten lebih terfokus pada perangkat sistem pengereman yang disebut sebagai Sistem Rem Gabungan atau Combine Brake System. Jadi, apakah Yamaha akan membuat sport naked terbaru untuk melawan CB150 Verza yang bermain sendirian dikelasnya? Tinggal kita pantau saja kedepannya seperti apa… Yang jelas, jangan lemahkan pandangan mata, tetap kita awasi nih siapatau ada gerak gerik baru lagi mengenai project ini. Siapa yang nungguin? Sebelumnya, cek dulu nih foto-ftoo Yamaha YS125 di Eropa sana…

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*