Suzuki Gixxer SF 250 Resmi Rilis, Harga Rp 32 Jutaan Aja! Berikut Spesifikasinya

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, sesuai janji dari pihak Suzuki India beberapa waktu lalu, yang mengatakan bahwa tanggal 20 Mei 2019 ini akan ada peluncuran motor terbaru dari Suzuki yang akan dijual di negara Bollywood sana. Yap, akhirnya kabar tersebut terbukti benar, Suzuki India resmi rilis Suzuki Gixxer SF 250, sebuah sport fairing yang sudah nampak tidak asing karena sebelumnya juga sempat muncul beritanya di blog ini. Walau lahir di India, ternyata motor ini cukup menarik para awak media dan blogger dari Indonesia nih hehe.. Motor sport dengan genre sport tourer ini hadir berbarengan dengan sang adik yakni Gixxer SF 150. Seperti apa senampakannya? Cekidots yang berikut ini!

Suzuki Gixxer SF 250 resmi dirilis!

Bisa kita lihat, tampilannya gak jauh beda dengan bocoran Suzuki Gixxer SF 250 yang beberapa waktu lalu sempat ramai brosurnya di jagad maya internet. Tetap dengan desain fairing yang terlihat gagah dengan beberapa lekukan tajam, dan dengan bentuk gambot alias besar yang terasa lewat lekukan tangki yang besar dan fairing samping lebar. Ditambah motor ini ternyata dirilis juga dengan warna silver ala Suzuki yang terkesan mewah. Keren euyyy…

Jujur desainnya terlihat cukup sporty and not bad kok! Kita bisa lihat dari depan ada headlamp single eyes ala GSX series, namun terlihat lebih lebar di bagian kiri dan kanannya. Persis yang ada di bocoran beberapa waktu lalu. Stang upperyoke alias di atas segitiga juga membuat kesan sport tourer dari motor ini semakin terasa. Walau dengan pemakaian full fairing yang mengesankan motor ini adalah sebuah sport fairing tulen.

Kita beralih ke bagian jok, dimana motor ini sudah mengaplikasikan jok split seat ala motor sport fairing lainnya. Kesan racing look tetap terasa berkat lekukan serba tajam dari motor ini. Walau begitu, ternyata tetap ya behel tanduk alias rear grip ga ketinggalan. Khas india banget deh hee.. Bagian lainnya yang paling kelihatan adalah suspensi depan yang masih menganut tipe teleskopik, alias belum Upside Down. Gak masalah, Ninja juga masih teleskopik kok.

Cakep juga ya desainnya

Pindah lagi ke sektor lampuutama atau headlamp yang kini sudah menganut tipe LED lamp. Walau begitu lampu sein ternyata masih bohlam, artinya belum full LED nih motor ini. Speedometer atau instrument cluster full digital dengan model negatif, yang membuat tampilannya terkesan lebih mewah dan sekaligus menjadi pembeda dari sang adik, Gixxer SF 150 yang juga dirilis berbarengan hari ini.

Velgnya juga keren, dilapisi dengan ban besar 110/70 di bagian depan dan 150/60 di belakang. Yang membuat tampilan dari Gixxer SF250 ini kurang garang antara lain adalah pemakaian visor super kecil yang kayaknya kurang proporsional dengan bentuk bodynya yang serba besar dan gambot. Kudunya jenong dong windshield mah!

SPESIFIKASI SUZUKI GIXXER SF 250

Waduh, mesinnya??

Nah, sebelumnya memang saya sudah bahas mengenai info singkat mengenai Spesifikasi Suzuki Gixxer SF 250 ini. Namun gak apa apa saya infokan lagi biar lebih jelas dan mantap. Motor ini secara keseluruhan memiliki spesifikasi yang not-so-racy. Sebab, masih memakai mesin 1 silinder SOHC 4 Valve. Yang mengejutkannya lagi, motor ini tidak dilengkapi dengan Radiator! Wadaaaw, mirip dengan Satria FU Karbu nih, dengan memakai Suzuki Oil Cooling System atau Oil Cooled saja. Wajar sih, karena memang secara mesinnya ini sendiri mendapatkan tenaga di rpm yang cukup rendah. Maks tenaganya yakni 26,5 ps @9000 rpm, serta torsi 22,6Nm@7500rpm. Memang bukan tenaga yang main-main nih, masih cukup mampu buat eyel eyelan bareng Ninja 250SL tuh diatas kertas!

Namun dengan menggunakan mesin tanpa radiator, saya masih agak bingung nih, rawan overheat gak ya? Sebab mesin ditutup fairing dan hanya pakai oil cooler. Hmmm.. Lanjut deh!

Berikut Spesifikasi lengkap Suzuki Gixxer SF 250!

ENGINE
Engine Type 4-Stroke, 1-Cylinder, Oil-cooled
Valve System SOHC, 4 Valve
Displacement 249 cm³
Bore x Stroke 76.0 mm x 54.9 mm
Engine Output 26.5ps@9000rpm
Torque 22.6Nm@7500rpm
Fuel System Fuel Injection
Starter System Electric
Transmission Type 6 Speed, MT
DIMENSIONS & WEIGHT
Wheels Cast
Overall Length 2010mm
Overall Width 740mm
Overall Height 1035mm
Wheel Base 1345mm
Ground Clearance 165mm
Seat Height 800mm
Kerb Mass 161kg
Fuel Tank Capacity 12 L
SUSPENSION
Front Telescopic, Coil spring, Oil damped
Rear Swing Arm Type, Mono Suspension
TYRE SIZE
Front 110/70R – 17 M/C – Radial Tubeless
Rear 150/60R – 17 M/C – Radial Tubeless

HARGA SUZUKI GIXXER SF 250

Yang menarik lagi adalah dari segi harga. Yap, SUzuki Indiamembanderol Suzuki Gixxer SF250 seharga Rp 32 juta aja jika diknversi ke IDR. Wow, mayan murah juga ya kalo kita lihat dari spesifikasi keseluruhan yang diberikan. Bahkan, lebih murah dari 150cc di Indonesia ! Tapi ingat, harga motor di India memang lebih murah dari di Indonesia brosist. Jadi kalo semisal motor ini masuk di Indonesia pasti tetep lebih mahal dari motor 150cc tuh…

Tapi… semua harapan terasa sia sia jika kita menilik dari data spesifikasi yang diberikan. Sebab… spesifikasi ini terasa tidak akan mumpuni jika disuruh melayani dominasi Ninja, CBR, dan R25 di belantika pertarungan sport 250cc Indonesia. Jelas kurang mashook jika kita masukkan dia di kelas Sport 250cc 2 silinder. Tapi, mungkin akan masuk jika Suzuki berani mengambil kelas baru, semisal 250cc sport tourer dengan harga yang jauh lebih menarik dan terjangkau? Hmmm..Gimana menurut brosist? Auto mending kah, atau auto hujat? Sabar, ini belum masuk Indonesia kok…

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*