Penyebab Lampu Rem Tidak Mau “Kedip” Saat Ditekan, Jangan Buru-Buru Ganti Switch Rem! Cek Ini Dulu

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, selamat hari Jumat dan semoga di Jumat ini kita diberikan keberkahan yang luar biasa oleh Allah SWT, aamiinn! Bro, kembali lagi di artikel tips n trick ala indoride.com, yang biasanya muncul dari hal-hal iseng yang tak terduga, hahaha… Langsung saja ke topik. certanya beberapa hari lalu saya penasaran, kenapa Lampu Rem Tidak Mau Kedip Saat Ditekan di Yamaha Byson “Edward” kesayangan. Padahal, dalam setahun terakhir saya sudah ganti yang namanya Switch Rem sebanyak 2 kali! Hasilnya nihil, ga berapa lama lampu rem tidak mau kedip lagi. Pusing dah…

Lampu rem ga mau ngedip, mungkin ini solusinya!

Awalnya saya menduga memang switch rem, karena part ini yang ibaratnya menyambungkan sinyal dari tuas rem depan ke lampu rem belakang. Kalau kita tekan, maka lampu rem akan nyala dan akan mati lagi sesaat kita melepas tuas rem. Kira kira begitu lah skemanya, wajar di motor/mobil sejak pertama diciptakan. Nah, yang jadi masalah part ini cukup vital terutama saat kita berkendara malam hari. Jelas, karena ketika lampu rem tidak nyala atau tidak berkedip maka tidak ada sinyal dari kita kepada pengendara lain, yang berpotensi membuat tabrakan nih.

Gejalanya, saat brosist menekan tuas rem, lampu rem tidak berkedip alias nyala terus konstan. Nyalanya seperti lampu sedang ditekan, padahal tuas rem dalam posisi nutup. Makin pusing, karena pas cek switch rem ga ada yang namanya putus tuh kabel, masih lancar jaya. Saya pun coba cek untuk buka tuas rem dan coba tekan manual switch remnya, ternyata bisa kedip! Wahhh… Aneh nih.

 

Jadi mekanisme switch rem itu, lampu rem akan nyala ketika kita menekan tuas rem, karena ada semacam tombol di ujung switch rem yang akan bergerak ketika kita menekan tuas rem. Nah, ketika kita melepas rem dan dalam posisi normal maka lampu rem akan berkedip atau mati lagi, menandakan kita tidak dalam posisi mengerem kendaraan.

Ternyata tuas rem minta jajan

Ternyata masalahnya simpel… Bukan di switch rem, bukan di modul yang rusak, melainkan ada di tuas rem yang minta diganti! Hoalaaah… Ternyata itu toh! Saya lihat sendiri bagaimana tombol switch rem sudah membuat semacam lubang di bagian penekan tombol tersebut. Agak heran juga, kok bisa bahan tuas rem ini dibuat bolong oleh tombol switch rem. Tapi ya ga ada yang ga mungkin, Karena seringnya ditekan jadi bagian tuas rem tersebut menciptakan ruang yang bikin tombol switch rem ngikut gerak tuas rem, sehingga saat rem ditekan, lampu tetep manteng nyala, ga mau ngedip!

Saya buktikan dengan cara menambal bagian tersebut dengan lakban, dan ternyata bisa kedip remnya! Wah fix nih, salah tuasnya.. Akhirnya mampir ke bengkel resmi Yamaha dan beli lagi tuas remnya. Murah, cuma 30 ribu aja dan bahannya pun kuat ga mudah patah. Kalo lihat sejarahnya sih emang udah harus diganti nih part, karena udah 7 tahun motor berjalan part ini belum diganti hahaha.. Padahal, udah 2 kali jatuh dan udah baret sana sini. Cuma prinsip saya selama masih bisa dipake, ya pake aja deh… Ternyata eh ternyata, malah bikin ribet, ya kudu diganti kalo gitu!

Nah, jadi gitu brosist, siapatau ada yang sepengalaman nih bisa dicoba untuk dicek tuas remnya dulu. Jangan buru buru salahin switch rem yang rusak, karena bisa jadi switch rem aman tapi malah tuasnya yang rusak. Silahkan dicoba ya! Kalo belum jelas, nanti saya upload di youtube ya!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial IndoRide.com ya brosist…

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

 

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*