“Adu Jago” Blogger Vlogger Gymkhana Battle Bareng Wahana Honda ; Seru dan Menantang! Saya Menang…is!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Bro, hari Sabtu kemarin, tanggal 26 Oktober 2019, acara seru dan meriah kembali diadakan oleh Main Dealer Honda wilayah Jakarta-Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati. Acara ini benar-benar seru karena memiliki konsep baru yang anti mainstream, terutama untuk kami para Blogger dan Vlogger. Bisa dibilang yang Konsep ini ini sangat segar karena melibatkan teman-teman blogger dan vlogger untuk mengikuti kontes Gymkhana Battle! Gokil! Saya yang sering ngerasa Jago bawa motor di jalan, apakah merasa Jago juga di track Gymkhana? Perlu dibuktikan.. Biasanya sih nggak! wkwkwk.. Simak lebih lanjut yuk bro!

Gymkhana!

Awalnya kaget diajak Gymkhana, karena sepengetahuan saya Gymkhana itu adalah olahraga ekstrem yang biasanya dilakukan dengan kecepatan dan ketepatan yang luar biasa. Namun, ternyata inti dari game karena ini adalah untuk mencapai waktu tercepat, menghafal rute dengan sebaik mungkin dengan waktu yang tercepat tanpa salah rute. Ini menantang karena secara konsep agak berbeda dengan safety riding dan juga slalom course yang sedikit lebih simple!

Seperti biasa acara diadakan di Wahana Honda Jatake Tangerang. Markas Safety Riding Course pemilik Wahana Honda ini terbuka untuk umum loh Bro. Jadi kalian bisa daftarkan komunitas kalian untuk mendapatkan pelatihan safety riding bersama Wahana Honda. Gratis tanpa dipungut biaya! Hal ini sejalan dengan misi Wahana Honda dan juga Astra Honda Motor untuk mendukung kampanye #Cari_Aman saat berkendara di jalan!

Dengan fasilitas yang memadai dan juga track yang sangat mendukung untuk latihan, track safety riding course ini sangat cocok untuk belajar bagaimana cara cara riding yang baik untuk diaplikasikan di jalan raya. Saya pun beberapa kali sudah merasakan latihan disini, dan baru pertama kali untuk Gymkhana. Penasaran banget deh!

Balik lagi ke pembahasan Gymkhana ya bro!

Acara dimulai pada pukul 10, teman-teman blogger dan vlogger sudah berkumpul sejak jam 8.30 pagi. Sekitar 18 blogger dan vlogger sangat antusias untuk berkompetisi mendapatkan hadiah menarik dari Wahana Honda sekaligus untuk mendapatkan ilmu baru mengenai Gymkhana dari tim Safety Riding Wahana Honda. Karena, sebelumnya kami belum pernah nih mendapat ilmu mengenai Gymkhana, sebelumnya mengenai Safety Riding dan juga Slalom aja.

Kami sangat antusias mendengarkan penjelasan dari Mas Agus Sani, selaku tim SR Wahana Honda. Penjelasan diawali dari kegiatan yang akan dilakukan pada hari Sabtu pagi tersebut. Mas Agus juga menjelaskan mengenai kecelakaan di Indonesia yang saat ini sering terjadi, mayoritas melibatkan kendaraan bermotor terutama roda dua. Maka dari itu, perlu pelatihan dan juga teori yang tepat mengenai hal ini, agar dapat menghindari kejadian yang tidak diinginkan di jalan.

Rangkaian acara pun dimulai. Semua diawali dari ujian teori yang terdiri dari 50 soal mengenai keselamatan berkendara dan juga mengenai kampanye #Cari_Aman dari Honda. Saya udah PD banget bisa menang dan meraih poin tertinggi di challenge ini. Namun sayang sekali, karena terburu-buru, saya cuma bisa jawab 36 dari 50 soal yang tersedia. Salah 14 Bro! Malu banget daaahh! :D. Alhasil cuma menempati posisi ke-9 dari 18 peserta.

Lalu, acara dilanjutkan dengan yang paling ditunggu-tunggu! Yakni Gymkhana Battle. Nggak main-main, Wahana Honda menyediakan dua motor Honda CB150R yang sudah dimodifikasi dan juga lengkap dengan sensor kecepatan yang biasa dipakai di turnamen kelas nasional! jadi, data valid dan dan tidak akan salah! keren!

Ngapal rute, keliling!

Sebelum acara cara ngegas motor dimulai, kami diberikan pembekalan mengenai tata cara Gymkhana Battle ini. Yang terpenting adalah kami wajib menghafal rute yang telah disediakan oleh panitia. Tantangannya selain harus cepat, harus tepat, dan juga tidak boleh salah dalam melewati rute yang telah ditentukan. Karena kalau salah rute langsung kena diskualifikasi Bro! Kurang 1000 point, wkwkwk..

Singkat cerita, saya dapat urutan ke-8 bersama Mang Kobayogas yang mendapat nomor 7. Kami diberikan hanya 1 kali percobaan dengan sebelumnya telah menghafal rute terlebih dahulu dengan berjalan kaki. Tapi rasanya sulit banget untuk menghafal dalam waktu yang sangat singkat. Apalagi kalau sudah masuk ke trek udah susah untuk mengkoreksi kesalahan, jadi benar-benar harus hafal.

Deg degan euyyy!

Tibalah saatnya saya untuk ngegas. Deg-degan sudah pasti, takut salah dan juga takut kehilangan kesempatan untuk mendapatkan hadiah yang sangat menarik dari Wahana Honda. (juara 1 dapet dua juta broo!). Cuma yaa udahlah ya, usaha dulu aja, anggap aja fun competition! 😁

Salah mulu

Tiap Riders diberikan sekali kesempatan untuk ngetes track bersama motor. benar aja yang saya duga, saat ngetes saya salah rute akibat kurang konsentrasi. Pikiran jadi kacau karena udah mikir bakal kalah :D. Yaudah lah ya.. gas dulu aja, menang kalah belakangan!

Pas penilaian, ancuuurr! 😀

Tiba saatnya penilaian. Sensor speed sudah siap, motor saya nyalakan. Deru knalpot racing terasa kencang seperti debaran jantung saya yang juga ikut kencang 😁. Juri bilang START, sejak awal sudah lupa untuk nengok kanan (sebagai syarat awal), “wah, udah fix kalah!” Dalam hati. Semenjak itu, ambyarr semua…Karena kurang konsentrasi, rusak semuanyaa!

Akibat lupa untuk nengok di awal jadi buyar semuanya. Putaran pertama lancar aja, saya masih bisa mengendalikan pikiran untuk tetap stay on the route. Pas baliknya… langsung nggak konsentrasi dan berasa nggak pede. Alhasil, BUYAR! Salah rute, juri angkat bendera. Salah lagi, angkat bendera lagi. Total saya salah 3 kali dalam Gymkhana Battle ini… oalaaah.. payah ni! Padahal, secara waktu lumayan lho, saya mencetak waktu 78detikan. Artinya ga terlalu lambat walau ga bisa dibilang cepat. Tapi, kalo salah ya mau gimana? Tetep salaaah! 😁 Tetap kurang 1000 point.. Hufft!

Salah lageee

Selesai sudah, saya udah yakin ga akan menang. Tapi seru banget liat temen-temen yang juga mengeluarkan efforts terbaiknya dengan berusaha menghafal rute dan menjadi yang tercepat. Hmm, yaudah lahyaa… Tetap fun banget sih! Walau gak akan menang, yakin banget :p.

Honda CB150R Enak banget ditekuk-tekuk!

Yang saya rasakan sih, ga ada masalah yang berarti pakai CB150R untuk Gymkhana. Malah mungkin ini adalah pilihan terbaik dari motor-motor Honda yang ada! Pake matic, jelas kurang proper buat badan ane. CB150R udah paling pas, enak ditekuk-tekuk melintasi cone dan tikungan tajam.

Perpaduan mesin 150cc Near Square yang torsinya besar, enak banget ga perlu sering nekan kopling. Handling pun begitu, pas banget rasanya, ga ngebuang dan tetap bisa dikontrol dengan mudah. So, implementasi di jalan juga ga akan jauh beda nih rasanya!

Tibalah saat pengumuman. Tercatat mas Revdy Stunter, sahabat Vlogger saya yang berhasil mencatat waktu 59detik dan menjadi yang tercepat tanpa ada kesalahan. Kedua ada mas Rangga dari RC Motogarage yang mendapat posisi kedua dengan catatan waktu 60detikan, dan juara tiga ada kang Endrik ElangJalanan yang berhasil mencatat waktu 60detikan juga.. kerennn! Mereka masing-masing mendapat hadiah Rp 2 juta, Rp 1,5 Juta dan Rp 1 juta.. Kerenn..

Para pemenang, keren keren skillnya!

Last, FUN sekaligus menjadi pengalaman yang gak terlupakan nih event kali ini. Dimana kita dilatih konsentrasi untuk menghafal rute dan mengerahkan pikiran, tenaga, serta mengendalikan emosi untuk bisa menjadi yang terbaik. Karena poinnya adalah, ketika dijalan kita tidak bisa mengulang momen. ketika ada kecelakaan terjadi maka tidak bisa diulang untuk menghindarinya. So, wajib banget yang namanya mengendalikan pikiran, tenaga, dan emosi untuk keselamatan berkendara. Wajib banget untuk tetap konsentrasi di jalan!

Terimakasih banyak Wahana!

Terimakasih kepada Wahana Honda yang udah memberi kesempatan ini kepada IndoRide.com, sekaligus bertemu dengan belasan temen2 Blogger dan Vlogger untuk bersilaturahmi. Alhamdulilah seru banget, dan nambah pengalaman! Next, seru banget kalau diadakan lagi nih!

Udah kalah murung, wkwkkww!

Dan… saya ga akan kalah lagi! Camkan itu… Hahaha..! Untuk sekarang boleh lah saya Menang…is! :

See you on the next Event!! Gassss

Sampai bertemu di event selanjutnya, semoga jaya selalu Wahana Honda!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*