Modifikasi Yamaha Byson Jadi Ducati Panigale 899, MIRIP TOTAL! Detailnya Ngeri!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, bicara soal modifikasi, bikers Indonesia emang jagonya. Rasanya, ga akan habis inovasi bikers modifikator Indonesia soal modifikasi baik untuk roda dua maupun roda empat, sampai roda-roda tak terhingga. Yap, ada saja ide menarik yang tertuang dari benak dan ide para modifikator. Dari mulai modifikasi simple plug n play, modifikasi cocokcocokan alias ngakalin, modifikasi bodykit, hingga modifikasi mesin ekstrim dan swap engine bisa dilakukan di Indonesia. Asal… Ada duitnya dong ya! Kali ini, saya tertarik bahas tentang Modifikasi Yamaha Byson Jadi Ducati Panigale 899! Yang mneurut saya detailnya luar biasa NGERI! Kok bisa? Kayak gimana? ikutin terus bro..

Sebelumnya brosist pantengin dulu tuh foto, awalnya pasti gak ngira kalau itu adalah Yamaha Byson, ya! Yamaha Byson… Motor yang selama ini dianggap sebelah mata karena dianggap mesinnya kurang mumpuni, banyak masalah, dll. Tapi, di tangan modifikator andal, Byson yang dipandang sebelah mata bisa berubah jadi motor yang dipandang semua mata! Asli, detailnya ngeri, mirip banget dengan Ducati Panigale 899, pangling pas liat awal fotonya. Ternytaa, ini adalah Byson yang dimodifikasi sedemikian rupa agar mirip dengan Ducati Panigale, Sportbike yang sangat tenar dari pabrikan Italia tersebut..

Mirip euy!

Brosist bisa lihat dari fairing depan dengan bentuk headlamp yang ngumpet dan tajam tersebut, lalu fairing samping yang terlihat sangat nyatu dengan fairing depan. Kita juga bisa lihat permainan detail di bagian mesin, dimana diberikan semacam cover yang walau palsu, tapi patut kita acungi jempol nih permainan detailnya. Jauh dari kesan kopong!

Begitu juga dari segi buntut alias buritan, lekukan-lekukannya terasa identik dengan Ducati Panigale, sportbike asal Italia tersebut. Stoplamp LEDnya juga dibuat semirip mungkin agar lebih identik. Knalpot dengan lekukan besar diatas Swing Arm juga memuat detailnya semakin terasa WAH! Mantep euyy.. Belum lagi kaki-kaki, yang walau ga identik banget (Panigale pakai Mono Swing Arm), tapi udha keliatan bikin berisi dan mirip!

Adalah om Dean Prasetya, yang share di grup Byson Rider Indonesia, mengenai modifikasi Byson yang dilakukannya. Tanpa banyak penjelasan, om Dean hanya menulis caption “Absen Byson dari Bali”, menyisakan tanya banyak penggemar Byson. Beneran Byson bukan nih? Ternyata benar, om Dean menjawab dengan tegas bahwa ini adalah Yamaha Byson. Tapi.. Kok Bisa?? Tentunya dengan pemasangan bodykit dan detail lainnya supaya terlihat mirip dengan Ducati Panigale 899.

Saya pun mencoba wawancara om Dean mengenai sedikit detail dari Byson asal Bali yang satu ini. Beginilah uraian beliau..

Untuk bodykit, om Dean tidak menjelaskan secara lebih rinci. Namun menurutnya ini adalah bodykit custom yang sudah dipaskan ke rangka Yamaha Byson. Overall dari segi body keren banget! Detailnya pas dan terasa kena. Walau dari segi tangki masih agak kurang senada nih ya… :D.

Lanjut ke kaki kaki, Byson Panigale ini memakai velg V-Rossi 3,5 inch dan 6 inch dengan ban Battlax 190/50-17 belakang dan ban Corsa 100/80-17 di depan. Upside down memakai merk Ride It. Underbone memakai punay R15 VVA. Knalpot memakai Custom Termignoni kolong (kanan kiri). Disc depan modifikasi dual disc memakai punya Ninja 250FI. Kaliper memakai 2 Brembo 4 piston.

Nah, Windshield juga menarik nih, memakai yang mirip windshield Panigale namun buatan China. Handgrip Rizoma. Spion dan sein variasi juga dari China.

Yang menarik adalah detail cover mesinnya nih bro. Yang ternyata buatan DNC Modified. Begitu juga dengan tampilan cover knalpot dibagian bawah itu buatan DNC modified. Keren yah! Untuk gearset memakai gearset Tiger. Sayang, gak dijelaskan SwingArmnya custom atau bagaimana… Sepertinya sih custom ya.

Berapa biayanya?

Menurut om Dean asal Bali, total modifikasi ini menghabiskan biaya sekitar Rp 25 juta! Wow, bahkan kalau untuk team mending, mending dibeliin motor baru aja dah! Tapi, sekali lagi, rasa itu berbeda dibanding kita beli motor lain misalnya. Modifikasi adalah soal kepuasan, kalau udah suka, ya modif ga peduli berapa biayanya! Team Mending minggir dulu dah yaaa! Keren nihhh modifikasinya…

Pengen bro? Buat yang mau tanya tanya, silahkan hubungi om Dean langsung via Facebook di FB : Dean Prasetya.

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*