Kenalan Dengan Qooder, Motor Roda Empat Pertama di Indonesia! Harga Rp 357 Juta

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, setelah sekian lama akhirnya IndoRide berkesempatan untuk liputan perilisan skutik terbaru lagi nih! Tapi, yang satu ini bisa saya jamin beda dan luar biasa unik. Karena saya bukan mendatangi perilisan skuter roda dua, bukan juga mendatangi perilisa skuter roda tiga! Tapi… Saya menghadiri perilisan Skuter Roda Empat! Wadaaww… Ngeri bener nih motor pokoknya. Motor tersebut bernama QOODER, sebuah pabrikan motor yang berasal dari Swiss.

Perilisan berlangsung di Papabro Cafe, Moto Village Kemang, Jakarta Selatan pada Jumat (13/12/2019). Perilisan ini berlangsung meriah karena dirilis kepada awak Media dan Blogger. Qooder, awalnya adalah motor dengan nama Quadro 4, yang sekarang diganti nama menjadi Qooder yang memiliki arti Quad Scooter, skutik roda empat gitu lah Bro. Qooder sendiri dibawa masuk oleh GForce Republic secara utuh dari Taiwan.

Desain QOODER, Skuter 4 Roda yang terlihat kompak

Impresi pertama yang wajib kita lihat adalah dari segi desain ya bro. Desain dari skuter 4 roda ini bisa dibilang sangat unik. Melihat ke bagian depannya, tentu mengingatkan kita pada skutik 3 roda yang memiliki 2 roda di bagian depan. Menggunakan headlamp dual keen eyes, bagian depannya memang terlihat masif dan besar, terlebih ada visor yang gak terlalu besar, namun memberikan efek masif pada motor ini.

Melongok ke bagian samping, body terlihat besar, khas big scooter. Tempat duduk pun lebar cocok buat postur badan yang agak besar. Melirik ke bagian belakang, ada stoplamp dan juga dua roda yang uniknya memiliki sumbu yang lebih kecil dibanding roda depan. Hal ini, diakui oleh pihak GForce, untuk membuat motor ini bisa masuk klasifikasi sebagai motor roda tiga, bukan empat. Hmm, unik juga yaak!

Soal desain overall, motor ini terlihat futuristik dan iconic, ala skuter besar Eropa. Sudut-sudut meruncing ala skutik modern juga turut hadir di skutik asal Swiss ini.

Motor pertama di Indonesia dengan 4 roda!

Yang paling unik dari Qooder ini adalah ia memiliki 4 roda bro, bukan 2 dan juga bukan 3. Dimana saat ini skutik besar di Indonesia didominasi oleh motor roda tiga seperti Piaggio MP3 atau Metropolis. Uniknya lagi, Qooder ini memiliki 4 roda yang suspensinya FULL INDEPENDENT! Keren abis, karena roda bisa naik turun dan miring-miring bebas tanpa ada kendala, berkat sebuah fitur bernama HTS (Hydraulic Tilting System)!

Hydraulic Tilting System ini adalah sistem suspensi Independen yang telah dipatenkan oleh Qooder. Suspensi ini hadir tanpa spring atau per yang membuat redaman suspensi menjadi lebih nyaman karena full hydraulic. Selain itu, suspensi independen ini juga sangat membantu dalam melewati jalan yang tidak rata berkat roda yang bisa begerak independen, sehingga membuat redaman suspensi jauh lebih nyaman kepada riders! Wow!

Kerennya lagi, sistem suspensi independen hidrolik ini juga masih menggunakan mekanis alias full tanpa kelistrikan! Sehingga, kalaupun kelistrikan gak ada, suspensi masih bisa bekerja dengan baik. Tersedia juga fitur Lock Suspension untuk mengunci suspensi saat keadaan miring, atau roda dalam keadaan tidak rata. Jadi bisa parkir di medan yang gak rata atau parkir miring ala skutik 2 roda :D. Unik juga nih… Ada juga rem tangan untuk ngunci motor supaya gak meluncur saat parkir.

Saya sendiri sudah coba untuk merasakan bagaimana rasanya berada di atas motor empat roda ini. Dan memang kita bisa dengan pede naik tanpa takut gak ada standarnya! Yap, karena sistem suspensi tersebut dan dukungan 4 roda, membuat Qooder ini bisa berdiri tanpa standar tengah atau samping. Jos gandos..

Menggunakan mesin 400cc, gak kebesaran gak kekecilan!

Qooder dibekali mesin 400cc 1 silinder berpendingin cairan, yang tenaga puncaknya berada di angka 35,5 HP. Torsi besar 38,5 Nm @5.000 rpm memudahkan motor seberat 281 kg ini untuk berakselerasi. Sayang, saya belum bisa merasakan rasanya bawa motor dengan 4 roda ini. Padahal, menruut pihak GForce yang sudah test, topspeed motor ini bisa hingga 145 km/jam! Wuih..

Pengereman motor ini pun sudah full ABS, mengikuti standart Euro 4 yang sudah mewajibkan motor dengan rem ABS. Namun sayangnya untuk motor sebesar ini, belum ada Traction Control secara elektronik. Tapi jangan khawatir, ada hal yang lebih menarik dari motor ini yang berlaku sebagai traction controlnya. Lanjut!

Double CVT terbuat dari Carbon, distribusi tenaga maksimal

Motor ini menggunakan Double CVT, artinya ada dua buah CVT pada bagian kiri dan kanan. Uniknya, dua CVT ini bekerja layaknya suspensi dari motor ini, yakni bergerak secara independen. Artinya, CVT memberikan putaran yang berbeda sesuai distribusi beban yang dideteksi.

Peran CVT ini pun juga layaknya Traction Control di motor biasa. Jika sedang miring ke kiri, maka distribusi beban akan diatur supaya tenaga lebih condong ke roda yang menapak lebih kuat. Begitupun sebaliknya. Hmm, menarik!

Tersedia dalam lima pilihan warna

Qooder tersedia dalam lima pilihan warna. Antara lain warna Hitam, Merah, Putih, Biru, dan Silver(Grey). Pilih sesuai selera, kira-kira cocok warna apa? hehe…

Harga Rp 357 Juta aja!

357 juta euy!

Soal Harga, GForce Republic membanderol motor 4 roda pertama di Asia Tenggara ini Rp 357 juta! Wow, buat Sobat Mending minggir dulu yak, wkwkwk.. Oh ya, untuk harga segitu, sudah include 2 tahun free maintenance dan spare parts. Jadi, spareparts selain fast moving parts diganti gratis jika ada kerusakan selama interval waktu 2 tahun. Lumayan lah ya…

Gimana bro? Cakep ga? Yang pengen langsung aja datang ke dealer resminya di Lebak Bulus, Jl. Lebak Bulus 1 No. 62. Kalo cocok langsung sikat aja dah! :D.

Simak Galeri Foto Qooder Scooter di bawah ini…

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : [email protected]

4 Comments

  1. Andai sy bisa test ride mongtor ini…

    Tapi kalo beli sih pasti ngga. Lah harganya ampun… Ini mongtor rekomendasi buat level menengah atas atau bahkan level atas doang.

    Asli kalo yang mampu beli motor ini, buat sunmori jelas enak banget…

1 Trackback / Pingback

  1. Qooder matik roda empat hadir, sayang mahal, dapat versi lama, nggak bisa selonjor, harus SIM A | Mengupas soal motor

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*