Konsumsi BBM Yamaha Byson Karbu Setelah 8 Tahun, Cuma Tembus Segini!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, Yamaha Byson Karbu emang ga pernah ada abisnya untuk dibahas, buat saya pribadi sih tentunya. Kenapa? Karena motor ini memang menarik untuk dibahas, sejak pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2010 pun saya udah kesengsem banget sama motor ini. Ingat banget dulu pas lihat review cak Iwan Banaran sampai kebawa mimpi tuh motor! Sampai akhirnya bisa meminang walau hanya kondisi second di tahun 2015. Saya beri nama dia Edward.. Alhamdulillah, masih awet sampai sekarang. Bahkan baru aja diremajakan supaya lebih jos lagi, walau banyak yang udah bilang nih motor buang aja, ganti baru. Tapi gimana ya… wes kadung sayang kalau kata orang Inggris. Berikut artikel mengenai Byson yang pernah saya tulis :

Nah, kali ini saya ga akan bahas nostalgia tentang si Edward. Tapi saya akan spesifik bahas mengenai Konsumsi BBM Yamaha Byson Karbu setelah 8 tahun pemakaian. Yap, tahun ini si Edward umurnya 8 tahun, tepatnya bulan Maret besok. So, udah masuk ke umur yang ga muda lagi. Walau baru aja diremajakan beberapa waktu lalu, tetap saja beberapa part msih dipertahankan. Lantas, berapakah Konsumsi BBM Byson setelah 8 tahun?

Si Edward kesayangan

Kilometernya saat ini menyentuh angka 71ribu lebih. Realnya mungkin ada di angka 73 ribu lebih, karena sempat mati speedometernya selama kurang lebih 2 bulan. So, kilometer ini juga sudah cukup uzur mengingat biasanya ornag ganti motor saat kilometer sudah masuk 50 ribuan. Ya, namanya juga wes kadung sayang. wkwkwk..

Beberapa teman ada yg tanya, masih oke gak sih Byson Karbu dipake di tahun 2020? mengingat ada beberapa faktor penunjang motor ini memang cocok untuk dijadikan armada perang harian maupun jarak jauh. Pertama, saya mau jawab tentang perawatan. Kalau sudah paham, rawat motor ini gampang buanget. Dulu sempat jengkel karena karburator error terus, sekarang sudah paham dan rasanya ga pernah direpotkan lagi karena sudah tahu seluk beluknya… Bisa brosist lihat di video berikut yah :

Lalu soal ketersediaan sparepart. Saat turun mesin kemarin, saya bisa bilang ketersediaan sparepart Byson masih sangat mudah ditemui. Gak perlu indent lama, sparepart udah tersedia. Alhasil waktu turun mesin jadi lebih singkat.

Ketiga, Konsumsi BBM. Kalau brosist cari yang irit banget, yang ibaratnya cium bau bensin aja udah mau jalan, jangan pilih Byson. Verza aja, atau Matic baru yang tembus 60km satu liternya. 153cc karbu jangan harap bisa seirit itu.. Lantas, berapa sih ya konsumsi BBM Byson saya?

Konsumsi BBM Yamaha Byson Karbu di tahun 2020

Catatan, berat rider diatas 1 kwintal (buat yg follow saya udah lama, tahu lah ini cirikhas saya :D), riding style semau tangan, lebih sering narik gas. Motor full standar, karburator ubah pilotjet naik 1 angka (lebih besar), gear 16-48, ban 110/70 dan belakang 150/60. Berat rider yang sebenarnya sangat menentukan, dan juga tentunya riding style. Berapa konsumsi bbm si Edward?

Awal
Akhir

BBM yang saya pakai adalah Pertalite RON 90. Metode yang saya pakai adalah metode full to full. Artinya saya isi dulu full dan foto kilometer terakhir, dan saat isi bensin saya hitung berapa liter saya isi sampai full, dan langsung kilometer akhir dikurangi kilometer awal. Hasilnya…

Tembus cuma segini!

Tembus 29,8 km/liter! Wow, cukup boros juga yah untuk kelas motor 150cc! Padahal saya pernah lihat motor 250cc 2 silinder ada yang bisa tembus diatas 1:30, atau bahkan motor 150cc manual modern yang sudah injeksi bisa tembus di atas 35 km untuk 1 liternya. Jadi, Byson boros?? Menurut saya, nggak!

Dengan riding style yang asal gas, bobot berat, dan juga kondisi motor yang menua, menurut saya ini masih sangat amat wajar. Ketika baru saya beli pun si Edward gak jauh di angka 1:32-33. Itupun tergantung medan yang dilewati. Kebetulan saat pengetesan saya banyak melalui jalur yang lurus dan nanjak di sekitaran Jabodebek.

So, boros gak ya? Sekali lagi menurut saya enggak. pom bensin juga masih buanyak jadi tinggal isi aja, wkwkwk *shombong amat*. Beda test rider beda hasil ya bro, silahkan ditest di motor kalian masing-masing…

Menurut kalian boros gak nih? Sertakan di kolom komentar ya..

Jangan lupa follow media sosial IndoRide.comya brosist…

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : [email protected]gmail.com

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*