Si Edward (Yamaha Byson 2012) Turun Mesin di 72 Ribu Kilometer! Berikut Rincian Biayanya!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Tagline salam geber sampai redline yang sudah hampir 4 tahun saya pakai ini, sepertinya harus ditakedown dulu, karena beberapa waktu lalu si Edward masuk bengkel karena sering digeber sampai redline! Hahaha.. Enggak juga siih! Lebih tepatnya, si Edward turun mesin alias servis besar di kilometer ke 72 ribu, dan umur menjelang 8 tahun. Yap, sudah 72 ribu kilometer lebih si Edward mengaspal sejak pertama kali dilahirkan bulan Maret 2012. Rasanya, sudah harus diservis besar, karena sejak pertama kali dia mengaspal, belum pernah yang namanya merasakan mesinnya dibongkar… Lho, kan ga ada kendala? Kenapa dibongkar??

Padahal masih oke, kok uda turun mesin ajee?

Sebenarnya memang gak ada kendala yang cukup mengganggu mengenai mesin si Edward. Namun, yang namanya mesin bergerak terus menerus selama 8 tahun (jarang istirahat), rasanya hal yang lumrah untuk memberikan perawatan berupa servis besar di umur segini. Bukan tanpa masalah, namun ada beberapa masalah kecil yang melanda si Edward terutama dari segi mesin. Sebelum masuk ke pembahasan, baca dulu yuk artikel lain tentang perawatan si Edward selama ini!

Sebelum saya pelihara, motor ini dipelihara lebih dulu oleh orang lain selama kurang lebih 3 tahun. Jadi, singkatnya… Saya beli second, eheheh! Udah pada tau belom kalo saya beli second? 😀

Masalah kecil di mesin Yamaha Byson 2012 “Edward”

Motor kesayangan yang saya namakan Si Edward ini, mempunyai beberapa masalah di sektor mesin, yang rasanya gak begitu mengganggu tapi berbahaya jika didiamkan lama dan bikin kurang nyaman. Pertama, mesin ngebul di putaran atas. Ini terjadi saat saya coba geber dan ternyata keluar asap putih tipis di atas rpm 6000. Indikasinya adalah ring piston aus yang mengakibatkan kebocoran oli yang masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar saat piston bergerak kencang.

Masalah kedua adalah kopling. Walau masih terasa gigit, namun ada terasa bunyi duk… duk… duk… saat kondisi langsam. Namnu hilang saat kopling ditarik. Indikasinya adalah karet kopling pada rumah kopling yang minta ganti. Hmm, nanti kita cek.

Masalah ketiga adalah Tensioner atau rantai keteng. Nah, ini yang menjadi sumber bunyi-bunyian kurang enak dari sektor mesin. Suara berisik yang ga enak didengar, walau dalam kasus mesin si Edward belum begitu parah tetap saja kurang enak didengar, terlebih saat langsam.

Nah, indikasi lain, mari kita bongkar!

Bongkar Mesin Yamaha Byson 2012 “Si Edward”… Ini part yang wajib diganti!

Bongkarr!

Tibalah saat pembongkaran. Saya mempercayakan pengerjaan turun mesin si Edward di Bengkel Zona Speed Jl. Raya Hankam. Kenapa disana? Karena mekaniknya adalah orang terpercaya, siapa lagi kalau bukan Lek Ariyanto pemilik blog aripitstop.com. Selain memang sudah bersahabat sejak cukup lama, saya percaya karena doi adalah mantan kepala mekanik Yamaha di dealer Yamaha yang cukup besar di Jakarta Timur. So… udah “apik” deh kalo soal bongkar pasang mesin motor Yamaha! Chakeepp..

Singkat cerita motorpun dibongkar, dan, part berikut yang wajib diganti!

Jangan fokus sama kertasnya, ya! wkwkw.. Tapi fokus sama isinya. Kira kira ada 19 item yang harus diganti, diluar item tambahan semacam busi yang juga harus diganti. Menurut lek Ari, piston set harus diganti karena sudah bocor, supaya lebih aman kedepannya. Lalu ganti gasket-gasket di head, gasket silinder, dll. Gak lupa saya juga memesan Seal Klep baru karena ada indikasi bocor juga nih seal klepnya. Rantai keteng atau Tensioner ga ketinggalan dipesan, termasuk gasket untuk crankcase dan knalpot yang wajib diganti karena termakan usia.

Mangkok atau rumah kopling yang sebenarnya masih bisa dipakai, ikut saya pesan untuk diganti. Supaya lebih presisi dan gak melalui proses pantek kopling. Mending baru deh biar lebih aman kedepannya! bener gak bro? Walau begitu, bagian kopling mulus dan bersih! Efek oli sesat kah? wkwkkw

Klep dan Boring masih bagus menurut lek ari, jadi gak perlu diganti karena masih sangat layak pakai. Boring masih halus dan masih bisa dipakai kedepannya.

Boring masih muluss!

Piston harus ganti. Saya kebetulan memakai piston orinya tanpa Oversize karena semuanya masih bagus dan dinding silinder belum baret, alhamdulillah deh, berkat rutin cek dan ganti oli!

Piston gosong!

<!–nextpage–>

Motor nginep 2 hari…

Singkat cerita, motor menginap 2 hari karena harus ada pemesanan parts serta pembersihan parts yang cukup lama. Terlebih lek Ari juga masih bekerja sendiri, asistennya belum datang ujarnya. Jadi saya balik pulang naik transportasi umum, dan meninggalkan si Edward di bengkel ZonaSpeed.

Lek Ari terus memberikan update mengenai pengerjaan si Edward, dibarengi dengan pengerjaan motor lain yang juga ia kerjakan sendiri. Jos gandos tenan iki! Gak cuma itu, sparepart juga dicarikan oleh doi untuk langsung dipasang di si Edward. Mantep banget lah, berhubung pakai part original semua jadi gak ribet cari-cari di bengkel variasi/bengkel umum.

Hari ke-2, sudah bisa diambil

Hari kedua, tepatnya hari Rabu kemarin, lek Ari mengabarkan bahwa motor sudah bisa diambil hari ini. Namun belum selesai karena ada beberapa hal yang perlu dipasang. Doi ngabarin kalau piston set, tensionder, dan segala macam yang ada di mesin sudah dipasang. Begitu pula clucth atau kopling yang sudah dipasang lebih dulu. Berikut beberapa dokumentasi saat blok mesin dan head dipasang.

Setelah terpasang semua, lanjut memasang part-part yang printilan seperti footstep yang harus diganti, switch kopling, dan juga tentunya memasang karburator yang sebelumnya udah dibersihkan. Gak lupa juga untuk memasang busi, kali ini saya pakai busi BRISK yang kata lek Ari lebih bagus dari busi orinya. Okedeh… Akhirnya, sudah terpasang semua…

Gimana rasanya setelah diservis?

Asli bro, walau gak bisa dibilang 100 persen seperti baru, namun feelnya memang terasa mesin jauh lebih halus dibanding sebelumnya. Padahal, saya pakai oli Fastron 10w-40! Gimana pake oli yang lebih kental misal 20w-50? Dijamin akan lebih halus nih suara mesinnya. Gejala bunyi tak… tak… tak.. dan duk… duk… duk.. yang indikasinya dari klep, tensioner, dan juga karet kopling yang aus udah bener-bener ilang! Terasa kayak baru!

Pas ditest, terasa juga respons motor jadi lebih sigap. Terlebih saat pertama menarik gas dan perpindahan gigi juga jauh lebih halus dan empuk dibanding sebelumnya. Terasa banget perpindahan lebih presisi akibat penggantian set rumah kopling yang sudah sedikit oblak sebelumnya. Wuih!

Pokoknya, PUAS! Ini gak pakai ganti boring dan klep dan segala macamnya ya bro, gimana kalau ganti full? Pastinya jadi kayak baru banget nih mesin haha.. Asli puas deh, bisa enak lagi jalan-jalan bareng si Edward kesana kemari, jauh dekat… Oit, jangan puas dulu! BIAYANYA BERAPEEE?? Ini yang ditunggu!

Biaya Turun Mesin Yamaha Byson di tahun 2020!

Kalau biaya ini memang relatif, seberapa banyak part yang anda ganti dan tentunya diluar biaya jasa yang dikenakan mekanik. Kira-kira, ketika dijumlahkan, Biaya turun mesin si Edward alias Byson 2012 di tahun 2020 ini adalah sebagai berikut :

Segini biayany, murah lah yaa!

Jadiiii.. grand total biaya turun mesin si Edward adalah Rp 1.362.000 saja brosist. Sudah termasuk biaya perintilan seperti footstep, switch dan busi brisk yang saya ganti, plus termasuk jasa dan biaya nginep (gratis kalo nginepin motor!Wkwkwkw).

Nginep bareng Z250!

Gimana bro? Ga terlalu mahal lah ya menurut saya, beda jauh kalau disuruh beli motor baru atau uangnya buat cicilan motor baru yang pastinya lebih mahal! Walau memang setelah diturun mesin, ga bisa lebih kenceng dari BEAT atau MIO di dalem kota. Wkwkwkw.. Nikmatin aje, yang penting ni motor makin JOSSS dan makin enak dibawa jalan. Alhamdulillah..

Semoga membantu untuk brosist yang mau turun mesin motornya. Untuk harga sparepart bisa langsung diakses di aplikasi Yamaha Parts Catalogue di Play Store Android. Disana bisa cek kode parts sekaligus harga HET untuk bisa menerka-nerka biaya turun mesin.

Last, terimakasih kepada lek Ariyanto dari bengkel ZonaSpeed Jl. Raya Hankam yang sudah membantu operasi jantung pacu si Edward jadi sehat lagi! Jangan ragu buat mampir ya bro, recommended nih!

Versi video tunggu ya! Diupload secepatnya okeee

Semoga Berguna

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage :Indoride.com
Facebook :Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

21 Comments

  1. Mantap, byson ane juga udh turun mesin cmn pas di km 115rbuan … Biaya ful ganti abis 1,4jtaan. didalem crangkes ful ganti bearing², seal , as perseneling + perseneling ( kecuali rumah kopling )..termasuk stang seher byson, seher cbr150 k45 os 150 , boring diesel, klep,seal klep,pelatuk, papas noken + porting polish , bubut magnet, gulung spul, fotstep depan byson, busi ngk iridium

  2. Waah motor kita seumuran.. Z1 rilis Agustus tahun 2012 dan kini sudah 73.000 km.belum pernah bongkar mesin juga meski tenaga mulai drop hiks

  3. Termasuk terjangkau itu Ki.

    Btw dulu zaman punya old MX Maroon 2006 kena turun mesin di kilometer 70.000an juga dalam usia 3 tahun, abis duit 1jt pas karena ganti piston, batang seher, 1 set klep 4v karena bengkok, efek kasih minum premium padahal kompresi tinggi

1 Trackback / Pingback

  1. Kondisi Mesin Yamaha Byson Umur 8 Tahun/72 Ribu KM, Piston Gosong Penuh Kerak! Kenapa? - INDORIDE.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*