Aduh, Premium dan Pertalite Akan Segera Dihapus?! Jangan Marah Dulu, Ini Faktanya!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, bicara bahan bakar memang sangat krusial untuk motor dengan mesin bakar. Ya iyalah, secara namanya mesin bakar, pasti butuh bahan bakar untuk bisa menggerakkan komponen-komponen yang ada di dalam mesin, untuk menggerakkan roda. Bicara bahan bakar, kita kenal ada perusahaan dalam negeri yang paling populer, Pertamina. Sudah sejak lama kita, termasuk saya, ngisi bensin ya di Pertamina. Sekali-kali doang di SPBU asal luar negeri. Yang bikin kaget… Ternyata, Pertamina dikabarkan segera hapus Premium dan Pertalite segera nih bro! Waduuuuhhh, ambyar jon!

Berita kencang dihembuskan setelah beberapa waktu lalu, banyak media yang memberitakan mengenai penghapusan bahan bakar favorit rakyat Indonesia ini. Gimana enggak geger, wong bbm Pertalite, apalagi Premium sudah sangat dekat dengan rakyat. Harga BBM yang terjangkau dan untuk alasan “lebih cocok ke mesin” dengan kompresi rendah, membuat Premium atau pertalite sulit untuk menghilang dari kehidupan kita nih bro! Termasuk saya yang masih jadi pecinta Premium Ron 88 untuk si Kebo Edward, dan Pertalite Ron 90 untuk si Beat, karena ya memang lebih murah, dan lebih pas untuk mesin! Alasan doang, padahal mahhh takut tabungan abis! wkwkwkkw XD

Pecinta premium absen!

Laahhh tiba tiba ada berita mau di apus, iki kepiye brooo? Bisa bubarrr ini rencana riding kesana kemari! Pake Pertamax? hahaha! Tapi, beneran nggak sih? Rasanya jadi keputusan yang sangat besar nih bagi Pertamina jika akan menghapus bahan bakar ramah kantong ini! Yang jadi pertanyaan, Beneran apa enggak nih Premium dan pertalite mau dihapus?! Berikut faktanya!

Lewat situs merdeka.com, PT Pertamina mengonfirmasi mengenai kabar penghapusan bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Pertalite. Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, bahwa kabar tersebut tidak benar, dan Pertamina masih tetap menyalurkan kedua BBM tersebut bro. Berikut cuplikannya :

“Tidak benar bahwa Pertamina akan menghapuskan (Premium dan Pertalite), karena Premium itu adalah BBM penugasan. Posisi pertamina tidak untuk menghapuskan tapi kita mengedukasi masyarakat untuk dapat menggunakan BBM yang lebih ramah lingkungan, yang lebih berkualitas. Pertalite juga tidak (dihapuskan) kita masih menyalurkan.,” kata Fajriyah saat dihubungi Merdeka.com, Kamis (18/6).

Lebih lanjut ia menjelaskan, PT. Pertamina masih menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium sebagaimana penugasan yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 Tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Lantas, informasi datang dari siapa?

Menurutnya, informasi yang berkembang berawal dari pertanyaan peserta Webinar Rakyat Merdeka yang menanggapi rencana penyederhanaan produk kepada Direktur Utama Pertamina. Dari pertanyaan tersebut, tercetus apakah Pertamina akan melakukan penghapusan Premium, Solar dan Pertalite yang dinilai tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) Np 20 Tahun 2017.

Lewat webinar tersebut, Direkur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan mengenai filosofi penyederhanaan produk di mana sesuai regulasi Pemerintah dan kesepakatan dunia tentang lingkungan, seluruh negara harus berupaya menjaga ambang batas emisi karbon dan polusi udara dengan standar BBM minimal RON 91 dan CN minimal 51 bro. Dari sinilah asumsi bermunculan, mulai dari perbincangan soal dihapusnya Premium dan Pertamax, hingga asumsi lain yang keburu bertebaran di Internet. Jujur, saya juga sempet kena trigger… Hadeh! Sabar, kita denger dulu penjelasannya…

Menurut Fajriyah, Direktur Pertamina tidak pernah berbicara bahwa mau menghapuskan premium dan pertalite. “Ibu Nicke tidak pernah berbicara soal mau menghapuskan. Tidak ada kalimat bahwa bu dirut akan menghapuskan. Bu dirut hanya mengatakan bahwa memang ada aturan dari KLHK yang terkakt dengan pengendalian polusi udara, emisi dan sebagainya. Tapi kita sekarang ada beberapa jenis BBM yang belum sesuai dengan itu,” ujarnya kepada merdeka.com.

“Jadi sesuai ketentuan itu, Pertamina akan memprioritaskan produk-produk yang ramah lingkungan. Apalagi tentu juga kita telah merasakan di masa PSBB langit lebih biru dan udara lebih baik. Untuk itu, kita akan teruskan program yang mendorong masyarakat untuk menggunakan BBM yang ramah lingkungan dan mendorong produk yang lebih bagus,” jelasnya.

Hmm, lewat penjelasannya kita bisa paham ya bro, bahwa tidak ada statement langsung dari Pertamina yang menyebutkan akan menghapus BBM Premium dan Pertalite. Namun bentuknya lebih ke menjaga lingkungan dengan penggunaan BBM yang lebih baik kualitasnya, minimal RON 91 dan CN 51. Tapi, gimana nasib motor kami dengan Kompresi rendah, bu? Seandainya minimal RON 91.. Naikin kompresi laah! wkwkwk XD.

Nah, sisanya kita belum tahu keputusan pertamina seperti apa. Semoga bila benar, harga bisa lebih affordable supaya terjangkau oleh rakyat dan semua pihak. Premium dan Pertalite dihapus? Ojok geger sek Bro! Belum kok! đŸ˜€

Jangan lupa follow media sosial IndoRide.com ya brosist…

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : [email protected]gmail.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*