Konsumsi BBM Honda PCX 160 2021 di Tangan IndoRide Jadi Boros! Berapa Angka Pastinya?

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

BroSist, Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Semoga bulan puasa ini memberikan berkah yang luar biasa kepada kehidupan kita. Aamiin.. Bro, beberapa waktu lalu saya dipinjamkan, atau diberi jatah lah ya wkwkwk.. diberikan jatah pinjam Honda All New PCX 160 2021 untuk direview harian. Sebelum menuju ke review fullnya, kita bicara dulu soal konsumsi BBM nya deh ya. kayaknya penting juga nih untuk dibicarakan. Oke, langsung aja..

Singkat cerita, saya diberikan yang versi ABS dengan HSTC. Alias, versi tertinggi dari Honda PCX 160 nih Bro. Kebagian warna merah doff yang eye catching banget itu. Lumayan lah jadi perhatian orang di jalan. Wkwkwk..

Baca juga :

Garasi IndoRide Kedatangan PCX 160 Si Matic Besar, Siap Dikupas Tuntas!

Seperti biasa, tiap dipinjamkan motor, saya selalu coba untuk tes konsumsi BBM saat dipakai sehari-hari. Wajar, namanya motor harian, pasti Brosist pengen tau dong seberapa irit atau seberapa boros motor yang kita tes! Nah, berapa Konsumsi BBM Honda PCX 160 2021 di tangan IndoRide?

Sebagai informasi, Spesifikasi saya dengan tinggi badan 180cm dan berat badan… ah, pokoknya di atas 100 deh, lumayan bikin repot motor 100-150cc buat berakselerasi. Wajar, mesin yang relatif kecil :dipaksa” bawa lari beban 1 kwintal lebih.. “lumayan juga capenya bro” ujar si PCX wkwkkw..

Gegerrr! Honda All New PCX 160 4 Klep Resmi Dirilis, Tenaga 16 HP, Ada Traction Control!

PCX 160 sendiri memang punya tenaga yang lebih besar dibanding pendahulunya, hingga 16 PS dan torsi mencapai 14,7 Nm. Namun, apakah besarnya torsi dan tenaga ini mampu bikin motor ini berakselerasi, namun tetap irit? Langsung ajah kita buktikan!

Konsumsi BBM Honda PCX 160 2021 di tangan IndoRide!

Mari kita bikin repot PCX ini!

Pas baru dateng, motor langsung saya boyong ke pom bensin dengan kode 31. Katanya sih, pom bensin dengan kode 31 ini lebih akurat meterannya, entah bener entah enggak, kita mah percaya aja lah. Saya bawa kesana untuk diisi Pertamax, full tank, untuk nantinya kita uji konsumsi BBMnya. Kan udah ada AVG? Ya, kita coba aja yang real dan lebih mumpuni lah dengan cara pengetesan Full to Full!

Singkat cerita, saya isi full pertamax 92. kilometer saat diisi awal, adalah sebagai berikut :

Lalu motorpun saya bawa berkelana kesana kemari. Mulai dari ke pasar, jalan-jalan santai, sampai touring singkat ke puncak. Seperti biasa, namanya jalan agak jauh gak ada yang namanya ngirit2 BBM. Pokoknya gaspoll remdol. Pokoknya kita uji PCX ini di berbagai kondisi tanpa ada ngirit bbm! Tarik gas tarik rem untuk mengimbangi Yamaha Nmax yang juga kali ini jadi tandem berkendara kita ke puncak. Gasspolll pokoknyaaahh..

Akhirnya, bensin habis dan saya isi di kilometer berikut :

Artinya, selama pengujian, 1653-1417=236 km kita menyusuri jalan bersama. Selama 236 km itu, ternyata Honda PCX 160 ini dan saya menghabiskan sebanyak 7,470 Liter bensin! Lihat nih di struk di bawah. Oh iya, di awal dan di pengisian akhir, batas full tetap sama dan terpantau sama saya ya Bro (batas full di leher mulut tangki).

Nah, setelah dihitung, dapatlah angka berikut : 31,5 KM/Liter. Artinya, karena 236 km perjalanan saya menghabiskan bensin 7,4 liter, jadi per liter PCX 160 ini bisa berjalan sejauh 31,5 km saja di tangan IndoRide. Wow… Kejaaam! :D. Padahal, di tangan blogger lain, bisa di angka 40 bahkan sampai 50 loh! Wow.. Nih, cek deh itung-itungannya dibawah!

Berapa angka di AVG Speedometer?

Ini yang perlu kita bandingkan. AVG di Speedometer menunjukkan angka 34,1 KM/l. Brosist bisa lihat dari gambar di bawah ini :

Angka konsumsi BBM di Speedometer, kok rada jauh?

Hmm, Kok rada jauh? Ga paham juga deh bro.. banyak faktor yang menujukkan angka segitu di speedometer, berdasarkan penghitungan komputer di motor. Namun, secara manual, full to full, didapat angka 31,5 km/liter . Wowww!! Kejaaam! Motor irit pun jadi boros sama IndoRide, akwkwkw.

Kenapa bisa jadi boros gini?

Banyak faktornya ya bro. Salah satu yang paling mempengaruhi adalah Bobot rider! Sel;ain itu, jelas sekali faktornya adalah tangan kanan alias seberapa sering kalian narik turun gas. Motor seirit apapun, kalau narik gas lebih dalam, pastinya konsekuensi lebih boros akan tetap ada. Nah, kalo saya, udah bobot rider bengkak, plus tangan kanan yang belum lulus sekolah, jadi lah konsumsi BBM mengerikan ini. Awkwkwkwkwk!

So, gak usah takut PCX boros. Aslinya mah, gak boros kok. Banyak temen-temen yang dapet konsumsi BBM di angka 40-50 km/l, bahkan bisa lebih! 😀

Gimana bro? ada yang pernah lebih boros? Coba komen di bawah yak…

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*