Tips Perawatan Mobil yang Jarang Dipakai agar Tetap Prima

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, berjalannya masa PPKM akibat pandemi virus Corona membuat banyak pekerja harus bekerja dari rumah. Akibatnya, Mobil pun terpaksa terparkir di dalam garasi setiap hari. Tapi jangan biarkan kendaran akhirnya tidak terawat karena jarang digunakan.

Brosist harus tetap melakukan perawatan yang benar seperti servis berkala di bengkel Suzuki Sejahtera Buana Trada. Selain itu juga ada perawatan yang bisa dilakukan mandiri yang perlu dilakukan dengan rutin, apa saja?

Cara Merawat Mobil yang Jarang Digunakan

Mobil yang mangkrak dalam waktu lama juga bisa mengalami kerusakan. Beberapa dampak negatif yang akan rusak seperti aki yang tekor sehingga tak bisa lagi menyimpan listrik. Potensi kerusakan juga terjadi pada ban yang tekanan angin berkurang.

Lebih parah lagi munculnya karat pada cakram rem yang biasanya terjadi pada mobil yang diparkir terlalu lama pada area terbuka. Kerusakan ini membuat Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk perbaikan.

Supaya tak keluar uang lebih banyak, sebaiknya mulai sekarang Anda melakukan perawatan pada mobil. Berikut ini beberapa contoh perawatan yang benar untuk dilakukan.

  1. Menjaga Kebersihan Eksterior dan Interior

Kebersihan adalah faktor yang sangat penting, karena debu dan kotoran akan mudah menempel pada mobil yang jarang digunakan. Untuk itu sesekali keluar untuk mencuci mobil sebagai kegiatan di akhir pekan.

Tak hanya eksterior mobil, bersihkan juga pada ruang kabin yang mungkin saja sudah terlalu lembab. Buka pintu dan kaca jendela supaya terjadi sirkulasi udara yang baik. Langkah ini dibutuhkan untuk menghindari jamur tumbuh di dalam kabin.

  1. Memanaskan Mobil dengan Rutin

Selain menjaga kebersihan, Anda juga perlu untuk memanaskan mobil. Panaskan kendaraan Anda setiap dua hingga tiga kali seminggu tidak perlu setiap hari. Sambil memanasi mobil sebaiknya Anda berkeliling area terdekat.

Tujuannya supaya mesin dan bagian penggerak mobil terlumasi oli dengan baik. Karat tentu tidak akan mudah muncul pada mesin jika terjadi proses pembakaran yang menimbulkan panas. Oli pun akan bekerja dengan baik melumasi semua bagian mesin mobil.

  1. Mengecek Tekanan Ban

Sebelum Anda memanasi mobil dan jalan keluar, cek juga tekanan angin pada ban. Jika kempes Anda bisa sekaligus memompa nya di pompa bensin. Jangan biarkan ban mobil yang kempes terlalu lama karena bisa mempengaruhi kualitas ban.

Ban akan mudah rusak seperti tingkat kelenturannya yang berkurang akibat dibiarkan lama kempes pada suhu ruangan yang dingin. Maka ketika Anda menggunakan mobil untuk berkeliling maka fungsi ban akan bekerja sehingga meningkatkan keawetannya.

  1.  Hindari untuk Melepas Aki

Beberapa orang menyarankan untuk melepaskan aki pada kendaraan yang jarang digunakan. Justru cara perawatan ini salah apalagi jika Anda kurang paham soal mesin mobil. Biarkan aki tetap berada pada mesin mobil.

Tujuannya agar tidak mengganggu fungsi komputer pada mesin mobil. Selain itu juga mobil akan dipanaskan dengan rutin. Anda akan kerepotan jika harus bongkar pasang aki mobil, belum lagi mengganggu komponen mobil lainnya.

  1. Parkir Mobil di Tempat yang Datar Tanpa Rem Tangan

Posisi parkir yang benar juga termasuk perawatan yang perlu diperhatikan. Pertama pastikan mobil terparkir di tempat yang datar. Oleh karena itu rancang garasi mobil Anda dalam posisi datar. Tujuannya agar mobil tidak menggunakan rem tangan saat diparkir.

Jika terpaksa diparkir di area yang kurang datar, Anda bisa mengganjal roda bagian belakang dengan kayu atau batu. Kedua, jangan gunakan rem tangan dalam waktu yang lama karena hanya akan membuat rem lengket pada bagian roda mobil.

Hindari kerusakan mesin dan body mobil dengan kelima cara perawatan ini. Jangan lupa bagi Anda yang tinggal di daerah Surabaya untuk datang ke bengkel Suzuki Sejahtera Buana Trada. Servis mobil secara berkala di bengkel resmi untuk mendapat penanganan yang tepat.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mempermudah pemilihan waktu servis dengan booking terlebih dahulu di website suzukitrada.id. Anda akan mendapatkan waktu servis yang tidak perlu mengantri, tinggal booking dan datang sesuai dengan waktu yang telah dipilih.

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*