GEBER POL Yamaha NMAX “Turbo” Di Sirkuit Sentul, Sensasinya Asik Banget!

Keluar masuk tikungan effortless!

IndoRide.com – Halo brosist, alhamdulillah IndoRide menjadi salah satu dari puluhan media dan influencer yang test ride motor viral sebulan terakhir, apalagi kalau bukan Yamaha Nmax “TURBO”! Hari ini (27/06) PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menggelar acara NMAX “Turbo” Riding Experience yang berlokasi di sirkuit Sentul Karting (Sentul kecil)-Bogor. Jujur sih, ini ASIK BANGET SENSASINYA!

Seperti biasa, sebelum kegiatan NMAX “Turbo” Riding Experience dimulai, ada briefing singkat dengan Mas Arief Muthia dari YRA (Yamaha Riding Academy) mengenai Yamaha NMAX Turbo. Utamanya adalah menjelaskan Fitur baru yang ada pada Yamaha NMAX Turbo baik itu cara kerja Y-Shift, Riding Mode, serta informasi lainnya.

We are the first to try this “masterpiece”!

Sorry ya, gw tes NMAX Turbo duluan! wkwk

Yap, euforianya berasa banget sih bro. Motor yang disediakan ada 9 motor, terdiri dari 3 motor NMAX Neo, 3 motor NMAX Turbo Tech Max, dan 3 motor NMAX Turbo Tech Max Ultimate dengan Performance Damper. Yamaha sengaja sediakan 9 motor dengan beda tipe untuk teman teman Media, Influencer dan Blogger supaya bisa test lebih dalam lagi.

Turbo!

Yang paling bikin penasaran tentunya adalah “Turbo” yang disematkan Yamaha di motor backbone terbarunya ini. “Turbo” ini sebenarnya adalah pengaplikasian YECVT alias Electronic CVT yang diklaim bisa memberikan sensasi mantap saat akselerasi maupun deselerasi. Apakah benar yang dibilang kalau “Turbo” ini cuma gimmick? Hmm, kayaknya perlu kita tes lebih lanjut!

Teknologi YECVT pada NMAX “TURBO” ini setidaknya telah memberikan 2 Fitur terbaru yang mampu meningkatkan performa, diantaranya yakni:

  1. Fitur yang pertama adalah Riding Mode dengan 2 pilihan berkendara, yaitu T-Mode dan juga S-Mode. Fitur dapat digunakan sesuai kebutuhan saat berkendara.
  2. Fitur Y-Shift yang mampu membantu pengendara mendapatkan akselerasi ataupun deselerasi secara lebih cepat dalam 3 Level 1-low, 2-medium dan 3-high, dengan fitur ini akselerasi meninggkat diawal dan Deselerasi yang sangat terasa seperti adanya Engine Break seperti pada motor manual. Fitur ini sangat membantu saat melwati jalan menanjak dan menurun.

Matic 30jt-an dengan RIDING MODE!

TURBO!

Yang menarik adalah saat ini Yamaha memberikan Riding Mode buat Yamaha Nmax terbaru. Yamaha NMAX Turbo memiliki dua pilihan berkendara, yaitu T-Mode dan juga S-Mode yang dapat dioperasikan dengan menekan tombol Mode yang terletak pada bagian depan stang kemudi kiri.

riding dengan T Mode, santai

T-Mode sendiri memiliki karakter berkendara yang lebih smooth, sementara S-Mode membuat feeling akselerasi berkendara menjadi lebih agresif.

Nah, kalau kita memindahkan mode dari T ke S saat sedang berkendara konstan, maka RPM motor akan naik 500 – 1.000 rpm. Mode ini tidak berpengaruh pada putaran gas/throttle, jadi mau motor dalam kondisi idle pun tetap bisa diganti-ganti. Canggih!

Sementara tombol Y-Shift dapat digunakan oleh pengendara untuk melakukan akselerasi ataupun deselerasi secera lebih cepat dengan menekan tombol Shift yang terletak pada bagian bawah stang kemudi kiri.

Untuk fitur Y-shift ini cara kerjanya pun cukup simple, ini adalah agar Y-shift bekerja dan menghasilkan akselerasi dan deselerasi yang optimal :

Cara Untuk menambah Akselerasi dengan Y-Shift (NMAX TURBO)

Posisi Standing Acceleration / 0 km Saat Start. Saat riding dengan Full Throttle, Auto Shift bekerja langsung ke level 1. Kalo mau menambah akselerasi bisa langsung tekan tombol Y-shift hingga level maksimal (level 3). Y-shift tidak auto shift ke level satu saat kita riding konstan, dan bisa dinaikan dari 1 ke 2 dan 3 dengan menekan tombol Y-shift serta dibarengin dengan membuka gas.

Asik banget SHIFTING Gear di motor matic! wkwk

Kalian harus rasain sendiri, karena feeling akselerasi NMAX Turbo ini bener bener beda dibanding sebelumnya! Rasanya beda dibanding matic biasa main kirian juga. Asli, feelingnya seperti bawa motor sport dengan tenaga yang isi terus!

Gimana dengan Deselerasi?

Ini yang juga enak banget brosist, bayangin kalian bisa punya motor matic dengan transmisi CVT, tapi bisa ada rasa engine brake dari transmisnya! Pasti bakal kepake banget buat jalan di pegunungan yang mayoritas menurun. Asik banget sih.

Komputer di motor ini akan otomatis menyesuaikan saat deselerasi atau menghadapi turunan. Kalian juga bisa pilih mode nya! Tinggal tekan tuas SHIFT maka turunan atau deselerasi jadi lebih nyaman. Mantap!

Keluar masuk tikungan effortless!

Butuh buat tikungan? Simple pencet SHIFT maka RPM akan turun dan kalian akan rasakan Engine Brake layaknya di motor sport. Asli, asik banget sih ini.

Kesimpulannya, NMAX Turbo menjadi salah satu motor masterpiece Yamaha saat ini. Boleh IndoRide sebut bahwa NMAX Turbo adalah motor 150cc matic terbaik saat ini, dengan kombinasi yang dimiliki. Apalagi untuk varian Tech Max sudah terdapat TFT LCD Speedometer dengan fitur super lengkap. Ini sih nagih banget buat dipake harian..

Dengan harga start 37jt-an, menurut IndoRide motor ini oke banget buat kalian pilih untuk keperluan harian. Butuh yang lebih canggih, versi Tech Max tersedia mulai di 43jt.

So, gimana menurut kalian? Jangan lupa nonton juga reviewnya di YouTube : IndoRide channel ya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*