Kompetisi Safety Riding Honda Ke -15 Makin “Advanced”! Ini Dia Para Jawara-nya!

IndoRide.com – Brosist, Hari ini, Kamis (04/072024), PT Astra Honda Motor sebagai ATPM Sepeda Motor Honda di Indonesia kembali mengadakan Astra Honda Safety Riding Instructor Competition ke-15 di AHM Safety Riding Park – Delta Mas, Jawa Barat. Tentunya kompetisi yang rutin diadakan dan telah 15 kali digelar ini, membawa kesan dan pesan baru bagi para instruktor. Hari ini menjadi hari terakhir sekaligus Awarding Kompetisi Instruktur Keselamatan berkendara Honda atau Astra Honda Safety Riding Instructors Competition. Dan gelaran ini, jadi lebih advance dengan banyak kategori yang dilombakan!

Safety Riding Honda sudah “influence” jutaan orang!

Adapun kompetisi safety riding yang rutin dilombakan Honda ini bukan semata untuk “adu gengsi” atau “adu jago”, melainkan benar-benar harus mengimplementasikan keamanan berkendara sehari-hari. AHM yakin bahwa dengan memberikan influence berkendara aman, maka akan semakin banyak masyarakat yang aware dengan keselamatan terutama di jalan raya.

AHM sendiri meyakini bahwa sudah lebih dari 3 juta orang yang terinfluence oleh materi Safety Riding AHM sejak awal didirikan. Dan para instruktur pun sudah dibekali pengetahuan yang matang serta pelatihan yang baik untuk memeragakan ke khalayak luas, termasuk lewat sekolah-sekolah, bahkan hingga ke Social Media pribadi.

Astra Honda Safety Riding Instructors Competition merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh PT Astra Honda Motor untuk mengukur dan mengkalibrasi pengetahuan dan keterampilan para Instruktur Safety Riding sesuai dengan standard keselamatan berkendara di Indonesia, sekaligus event ini merupakan bentuk komitmen PT Astra Honda Motor untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam keselamatan berkendara.

Ada banyak kategori yang dilombakan pada tahun 2024 ini. Antara lain diikuti oleh Instruktur Safety Riding main dealer, advisor dealer (dealer advisor), dan komunitas (community advisor) yang secara total terdapat 196 peserta yang mengikuti 6 kategori individu dan 2 kategori group.

Para Safety Riders terpilih ini juga merupakan wakil terbaik dari kompetisi di tingkat Regional, yang diadakan di seluruh Indonesia sejak Februari-Mei 2024 kemarin. Dan seperti yang IndoRide bilang, tahun demi tahun, kompetisi AHSRIC ini semakin advance dengan selalu update keseluruhan parameter skill. Contohnya seperti Pengereman, Keseimbangan, hingga Slalom. Gak cuma itu, mereka juga diuji untuk membuat konsep edukasi keselamatan hingga kemampuan prediksi bahaya.

Adapun Penilaian yang secara umum dinilai, dibagi dalam 3 aspek nih Brosist, antara lain :

  • Knowledge : Theory (menguji pengetahuan tentang keselamata peraturan berkendara dan lalu lintas) & Danger Prediction (menunjukkan keterampilan dalam memprediksi bahaya dan berkendara dengan aman menggunakan Honda Riding Trainer)
  • Skill : Braking (teknik berhenti secara stabil dalam jarak dekat), Slalom Course (keterampilan berkendara), Balancing (teknik pengendalian kecepatan dan keseimbangan di kecepatan rendah).
  • Innovation : Setiap group menghadirkan mengenai inovasi dalam keselamatan berkendara untuk mengoptimalkan proses mengajar di lapangan

Untuk motornya pun menarik banget nih! Kelas BigBike, mereka diuji dengan Honda CB400SF. Kelas sport diuji dengan CB150R Streetfire, sedangkan untuk kelas AT diuji menggunakan Vario 160.

Dan… jawaranya adalah :

Selamat untuk para pemenang dari semua kategori! Selamat bertanding kembali di gelaran Safety Riding COmpetition Asia-Oceania ya! Semoga bisa membanggakan Indonesia di ajang internasional!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*