FZ-Series,Sport Tourer yang sangat bersahabat!

Beast!!

ARBlog – Assalamualaikum brosist. How’s life? semoga selalu baik yaa.

Di hari kamis pagi ini,lumayan sejuk rupanya. Sesuai dengan judul,mumpung saya sedang tidak ada hal yang harus dikerjakan jadi ya enakan duduk-duduk di teras sambil minum kopi dan makan pisang goreng,nikmatnya hidup sambil nulis artikel ini juga. Kali ini saya mau bahas tentang motor dari pabrikan garpu tala ini. Yap! this is the FZ-Series!!

Pasti brosist juga udh pada tau ya tentang FZ series ini,udah sering diulas juga di blognya kawan-kawan blogger yang lebih senior,tapi tak apa,saya tetep bahas yaa,mudah-mudahan belum basi pembahasannya hehe. Sekarang kita bahas satu-satu motor-motor yang amat sangat biasa  fenomenal ini! checkdisaut baby!

1.  Yamaha FZ1

Beast!!
Beast!!

Mengusung mesin 998 cc four cylinder inline yang hampir kembar dengan saudara berbajunya,Yamaha R1. Perbedaannya adalah,sang FZ ini menggunakan 20 Katup!! berbeda dengan Yamaha R1 yang hanya 16 katup. Tak heran,powernya dapat menyentuh 150 HP dengan torsi 106 Nm!! FZ1 mengusung transmisi manual 6-percepatan,Masih menggunakan rantai sebagai penghubung tenaga ke roda belakang dan memiliki catatan konsumsi bahan bakar 6,72 liter per 100 km, atau rata-rata 14,9 kpl. Lumayan irit untuk ukuran motor 1 literan ya brosist. Oiya,di negara Kolombia sana,FZ1 ini juga punya saudara yang berbikini fairing,namanya FZS 1000 brosist! Keren lah pokoknya!!

Si FZS1000S Fazer,Bikini Fairing!
Si FZS1000S Fazer,Bikini Fairing!
Ini yang dipakai leh paspampres brosist..
Ini yang dipakai oleh paspampres brosist..

Kalo di Indonesia sendiri sih,FZ1 ini dipakai sebagai kendaraan bagi paspampresnya pak Jokowi. Dipilihnya FZ1 ini tentu dengan penimbangan matang brosist. Dengan power yang besar,juga konsep naked-tourer yang diusung oleh FZ1 ini maka “banteng liar” ini pun sangat enak untuk dibawa meliuk-liuk ditengah kota besar macam Jakarta. Ditambah shockbreker MotoGP Kayaba Upside down dibagian depan,dan single link-actuated Kayaba monoshock with adjustable spring preload menjadikannya makin enak buat dibawa seharian brosist!! Pas lah pokoknya!! lanjutt..

2. Yamaha FZ8 

fz8
fz8

FZ8 ini yang menurut saya bentuknya paling keren dari keluarga FZ lainnya. Gimana engga,dari depan sampai belakang terlihat seirama banget. Gak kebesaran,gak juga kekecilan,pokoknya senada deh. Apalagi yang dibalut warna putih serta shockbreker dan velg emas kaya pict yang diatas tuh,alamaaak *ngiler*.

FZ8 dipersenjatai dengan mesin 779 cc 4 silinder fuel injection,motor ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 106,2 hp pada 10.000 rpm dengan torsi puncak hingga 60,8 lb-ft di 8.000 rpm (mantap brosist!!). Perbedaan mesin ini dengan mesin FZ1 adalah crankshaft yang lebih ringan, katup yang lebih kecil serta profil camshaft yang sudah diperbarui. Karakter mesin FZ8 juga tidak meledak-ledak,melainkan tersalur lembut mulai dari putaran bawah hingga atas. FZ8 ini juga mempunyai saudara bikini fairing layaknya FZ1 dan FZ1S,saudaranya bernama FZ8S atau Fazer 8!

Sayangnya,FZ8 diklaim terlalu mahal oleh para reviewer dari Inggris,mereka mengaitkan harga fz8 ini dengan harga Triumph Street Triple dan Kawasaki Z750. Tentu ada harga ada rupa ya brosist :). Gimana?lanjut? oke lanjutt!!

3. Yamaha FZ6

fz6 Street figher
fz6 Street figher

Ini dia,saudara kandungnya Supersport fenomenal Yamaha R6. Dengan basis mesin identik dengan R6,FZ6 bisa menyajikan power yang hampir mirip dengan sang R6 tanpa harus mengalami punggung tersiksa akibat nungging nungging,FZ series memang terkenal sebagai motor yang bersahabat bagi ridernya!

Dengan basis mesin yang sama dengan Yamaha YZF R6,motor ini sanggup menyemburkan tenaga sebesar 95 hp pada 12.000 rpm dan torsi sebesar 60 nm pada 10.000 rpm. Lumayan ya tenaganya brosist,melihat FZ6 ini adalah motor touring,spesifikasi mesin tersebut sudah sangat cukup untuk keliling negara!!

Tidak seperti kakak-kakaknya yang mengusung Shockbreker upside down,fz6 ini hanya dibekali suspensi 43 mm teleskopik dan adjustable single shock preload pada bagian belakang. Ya,sudah cukup lah untuk touring.. FZ6 ini juga memiliki saudara berbikini fairing loh,namanya FZ6 Fazer!

fz6s

Oke,lanjutt..

4. Yamaha FZ16,FZ-S

byson 1

Tiba di penghujung artikel,akhirnya kita bahas juga nih tentang motor yang udah 4 taon wara-wiri di jalanan Indonesia dan salah satu motor yang saya kepingin bingit. Ya! Yamaha FZ16 A.K.A Byson! Seakan tak dimakan oleh eksistensi motor-motor baru yang semakin banyak bermunculan bak kacang goreng,Byson ini tetap bertahan hingga sekarang! tetap masih dijual di dealer yamaha dan masih sering wara-wiri di jalan. Kenapa? ya karena motor ini sangat nyaman brosist! apalagi dipake buat sehari-hari berangkat kerja,atau jalan-jalan sore,Byson sudah lebih dari cukup!

Dibekali mesin 153 cc 1 cylinder 2 valve air cooled,spesifikasi yang dimiliki byson ini bisa dibilang biasa. Tapi ga mengurungkan niat orang-orang buat meminangnya! karena ya itu,kenyamanan ga bisa bohong :D. Sejak 4 tahun mengaspal,dibalik cerita-cerita Byson yang karbunya ngempos,atau apalah.sampai sekarang dia tetap eksis dan bahkan makin banyak modifikator-modifikator kreatif yang membuat versi modifikasinya.

Keren!
Keren!

ada juga versi bikini fairingnya,yang tidak masuk di Indonesia,hanya di negeri Acha Acha India sana

fazer 150

Gimana? keren-keren kan motor buatan pabrikan yamaha ini? Semoga kepengen ya 😀

Akhir kata,terimakasih karena telah membaca ulasan ini,semoga berguna bagi bro and sist ya!

Keep read,keep comment,and be wise!

Regards,Wassalamualaikum 🙂

Advertisements

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*