Brough Superior SS Prototype-Series,The bike that made by Dedication!!

ARblog – Assalamualaikum brosist,selamat hari minggu sore,semoga tetap semangat ya!

George Brough with his Motorcycle

George Brough with his Motorcycle

Sesuai judul,akhir-akhir ini saya lagi gandrung baca-baca tentang sejarah motor-motor tercepat di tahun 1900an awal. Ngebut disaat itu memang hal yang tabu dan jarang dilakukan brosist,karena memang dulu belum banyak kendaraan dan jika ada pun hanya dibuat untuk akomodasi atau mengantar barang. Berbeda dengan George Brough,dedikasinya pada kecepatan bisa dibilang sangat mantap dan patut diacungi jempol!! di zaman yang bahkan kendaraanpun masih jarang dan masih lambat jalannya,si Brough ini sudah bisa memacu kendaraan buatannya sendiri dengan kecepatan lebih dari 100 mph atau 160 km/jam!!. Penasaran? kita lihat dulu biografinya brosist..

George Brough lahir pada tanggal 21 April 1890,di 10 Mandalay Street, Basford, Nottingham. Kecintaannya kepada motor dan kecepatan diturunkan dari Ayahnya yang juga pembuat kendaraan,William Edward Brough. William mulai membuat kendaraan di pabrik rumahannya yang terletak di Nottingham,di tahun yang sama dengan lahirnya George Brough. Jadilah George Brough kecil banyak bergaul dengan hal-hal yang berkaitan dengan kendaraan.

Di umur yang ke 29,George meyakinkan ayahnya bahwa ia bisa untuk mengambil alih bisnis ayahnya dan mencoba untuk membuat motor dengan performa tinggi. Tetapi ayahnya tidak begitu yakin dengannya. Jadi,George membangun pabriknya sendiri yang berlokasi di Hadyn Road,Nottingham,untuk memproduksi kendaraan super yang disebutnya “Brough Superior”.

George mulai membuat motornya dengan komponen-komponen terbaik yang ada pada masa itu. Dengan kesungguhan yang tinggi,perhitungan yang pas,dan detail motor yang khusus,lahirlah Brough Superior SS80 yang diberinama olehnya “Spit and Polish”. SS80 sendiri mampu berlari minimal 80 mph atau 130 km/h.

Brough Superior SS80

Brough Superior SS80

Dashboard look

Berlari secepat 130 km/jam rasanya tidak cukup bagi George. Di tahun yang sama,ia pun menyempurnakan Superior SS80 dan lahirlah Brough Superior SS100!! Dengan spesifikasi mesin J.A Prestwich (JAP) Overhead-Valve V-Twin 998 cc air cooled dengan power sebesar 45 HP brosist!! Luar biasa untuk mesin keluaran tahun 1924.. Tak dipungkiri,dengan power sebesar itu,SS100 mampu berlari lebih dari 100 mph atau 160 km/jam!! Selain mesinnya yang mumpuni,Superior SS series juga dilengkapi dengan rem depan,yang bahkan pada saat itu Harley Davidson belum menyematkannya pada motor-motor buatannya! Edyaann..

Brough Superior SS100

Brough Superior SS100

George Brough dengan SS100nya yang fenomenal...

George Brough dengan SS100nya yang fenomenal…

Setahun setelah peluncurannya,versi full touring yang disebut Alpine Grand Sport,diperkenalkan di Motorcycle Show tahun 1925. Penyempurnaan demi penyempurnaan pun dilakukan oleh Brough pada varian SS80 dan SS100nya. Versi terakhir dari SS100 Alpine Grand Sportnya bahkan menembus 75 HP brosist!! What a Great Superbike in that age!

Selama 21 tahun produksinya,3.048 motor dengan 19 model yang berbeda berhasil terjual. Sayangnya,kesuksesan George Brough dalam membuat motor-motor eksotis nan kencang tersebut harus berhenti dikarenakan Second World War yang dimulai tahun 1940. Semenjak itu juga,pembuatan motor-motor Brough difokuskan untuk kendaraan perang Inggris.. Sayang sekali brosist,padahal potensinya untuk menjadi salah satu pabrikan otomotif besar dunia terbuka lebar.. Nasib berkata lain brosist.

Kegigihan dan semangat dari George Brough patut kita ikuti dalam kehidupan sehari-hari. Kecintaannya pada hobbynya akhirnya menuai kesuksesan yang manis (walau akhirnya harus terhenti karena perang). Tetap semangat dan bekerja keras pada akhirnya akan berbuah kesuksesan yang manis,walau harus melewati kegagalan yang sangat pahit”. 

Last,karena dedikasinya yang tinggi dan mengedepankan kesempurnaan dari sepeda motor itu sendiri,perusahaan milik George ini sering disebut-sebut sebagai “Rolls-Roycenya motor”!! Motor-motor buatannya pun sekarang makin dicari dan dihargai dengan sangat mahal karena menjadi collector item. Hingga kini,nama Brough tetap berjaya dan bahkan mengikuti ajang MotoGP : Moto2  Silverstone dengan gacoan handalnya yang dinamai “Carbon 2”. Berikut Gallery foto dari Brough Superior buatan George Brough…

Brough Superior SS80

Brough Superior SS80

SS100 1st Gen

SS100 1st Gen

Brough Superior SS100

Brough Superior SS100

Kerenn! Classic abis

Kerenn! Classic abis

V-Twin Engine! vrooommm

V-Twin Engine! vrooommm

Kayak sepeda ya..

Kayak sepeda ya..

George Brough dengan SS100nya yang fenomenal...

George Brough dengan SS100nya yang fenomenal…

Buritan

Buritan

Carbon 2 yang dipakai di Moto2. Dengan ridernya Luke Mossey

Carbon 2 yang dipakai di Moto2. Dengan ridernya Luke Mossey

Kerennn!

Kerennn!

Thanks for reading and sharing brosist,please comment below here,see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Advertisements

11 thoughts on “Brough Superior SS Prototype-Series,The bike that made by Dedication!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s