Pojok Opini : Yamaha Jupiter MX King 150,mampukah berperang di segmen berbahaya sport-moped??

ARblog – Assalamualaikum brosist,selamat sore,semoga tetap sehat dan semangat..

Lebih cepat dari roket :mrgreen:

Lebih cepat dari roket :mrgreen:

Jagat blogsphere sedang hangat-hangatnya membahas Yamaha Jupiter MX King. Tentu dengan segala kehebohannya,bisa jadi karena MX King ini cukup fenomenal. Belum dilaunching secara resmi,sosoknya sudah nongol di dealer dan sudah siap dipesan dan diboyong ke rumah! Hal ini,membuat saya terus penasaran untuk kembali membahas si bebek super ini..

mx king poster

Menggunakan mesin V-ixion yang sama plegh,150 cc SOHC 4 valve radiator,5 speed gear,membuatnya terlihat superior diatas kertas. Sayang,power New Vixion yang mencapai 16,4 ps direduksi oleh Yamaha menjadi 15,4 ps di varian MX terbarunya ini.. Alasannya,mungkin karena tidak mau memakan market kakaknya sendiri yang di set di angka 23 juta.

Banyak dari teman-teman blogger bahkan dari brosist sendiri bertanya-tanya,bisa tidak ya MX King bersaing di segmen sport moped 150 cc yang selama ini dihuni oleh Satria FU?? Nah,untuk itu,mari kita bahas bareng-bareng yuk brosist. Mulai dari desain,mesin,dan printilan-printilan lainnya yang kayaknya bakal seru nih untuk dibahas!!

1.  Desain,gimana ya?

Yamaha MX King 150 Vs Yamaha Jupiter MX 135,Any comment?

Yamaha MX King 150 Vs Yamaha Jupiter MX 135,Any comment?

Dari sisi desain,lumayan kontroversial di kalangan blogsphere nih. Ada yang bilang bodynya kegedean untuk seekor bebek,ada yang bilang bentuknya sangat proporsional. Tentu,soal desain ini adalah selera masing-masing orang yang melihat. Tetap mengusung desain moped,aura bebek sangat kental terasa di tubuh MX King. Menurut saya? Desainnya oke punya brosist! Desain serba gambot,dengan ban belakang ukuran 120/80 seukuran V-ixion,bahkan lebih besar dari motor sport 150cc milik Honda,CB150R. Selain itu,bodynya yang besar dengan tarikan garis desain yang tegas membuatnya jadi makin terlihat gambot.

Jooss ban belakangnya..

Jooss ban belakangnya..

Bahas kelebihannya mulu,kekurangannya? Oke,menurut saya,blunder paling fatal yang dilakukan Yamaha adalah sektor ban! Loh,tadi katanya bannya udah proporsional,kok malah dibilang blunder?? Iya brosist,ban yang saya bicarakan sekarang adalah ban depannya. Ban depan dengan profil 70/90,yang ukurannya sama dengan bebek-bebek biasa di Indonesia,bahkan sama dengan Revo 100 milik saya. Tentu hal ini membuat tampilannya terlihat timpang,belakang serba gambot sedangkan dari depan… Solusinya,cukup upgrade hemat dengan mengganti profil ban minimal 90/80 atau seukuran dengan New Vixion..

Ban depan dan belakang tidak seimbang,terlihat jomplang.. Pict pertamax7

Ban depan dan belakang tidak seimbang,terlihat jomplang..
Pict pertamax7

Satu lagi yang janggal di sektor desain,yang menjadi pembicaraan juga di kalangan pecinta otomotif. Ya,headlamp yang terlihat pesek dan kurang runcing! Padahal,desain headlamp MX 135 sudah sangat cocok jika disatukan dengan desain gambot MX King 150.. Entah apa rencana dan pemikiran dari designer Yamaha tentang headlamp ini,seakan menjadi blunder kedua setelah headlamp New Vixion yang di BC mirip shincan. Solusinya? Akali dengan pemasangan skotlet atau cover headlamp,agar terlihat lebih garang brosist..

:mrgreen:

:mrgreen:

Overall,selain kekurangan yang sudah disampaikan,desain MX King terbilang cukup revolusioner,dengan memasukkan desain khas moge Yamaha ke dalam varian moped nya.

2.  Engine? Sudah cukup?

Mesin,salah satu hal yang paling diperhatikan ketika peluncuran sepeda motor. Banyak dari calon customer pertama kali menelisik sektor dapur pacunya dahulu,setelah ok,baru melihat desain.. MX King 150 telah fix menggunakan mesin Yamaha New Vixion,yaitu 150 cc SOHC 4 Valve radiator,dengan output power 15,4 ps. Terjadi pengurangan power di MX King,diperkirakan karena Yamaha tidak mau MX King memakan market kakaknya,yang berada di segmen sport mid-level 150 cc..

mx king 3

Pengurangan power ini seakan suatu blunder bagi Yamaha. Jika kita melihat Satria FU yang powernya di set di angka 16 ps,tentu Satria menang diatas kertas dengan MX King. Power to weight ratio yang berbicara. Berat yang berbeda lumayan jauh dan perbedaan profil ban,Satria FU seakan lebih superior. Di atas kertas loh ya brosist,belum test langsung sih :D. Padahal,jika Yamaha berani take a risk dengan menyamakan power MX King dengan Yamaha New Vixion,sepertinya akan sepadan bersaing dengan Satria FU,jika ingin menyasar ke segmen sport moped loh ya :D. Mungkin Yamaha ingin menempatkan MX King di segmen khusus??? Bahas di akhir artikel ya 😀

3.  Printilan-printilan

mx king 4

Printilan-printilan ini maksudnya part-part detil dari MX King ini brosist :D. Part-part detil yang kelihatan menonjol dari MX King ini diantaranya adalah lampu senjanya! Ya,lampu senja sipit ini makin mengidentikkan MX King dengan R25.. Penempatan sein di tebeng fairing juga sedang hits di motor-motor buatan yamaha seperti NMax dan Soul GT Bluecore,tentu MX King ngga mau ketinggalan dong! Selain itu,part yang menonjol lainnya adalah footstep depan yang bisa ditekuk. Footstep yang bisa ditekuk layaknya Yamaha New Vixion akhirnya diaplikasikan pada varian tertinggi Jupiter MX 150,MX King. (Terdapat 2 varian dari Jupiter MX 150,yaitu MX 150 dan MX King!). Di kedua varian ini juga berbeda printilannya,seperti MX King yang memakai lampu sein milik Vixion,sedangkan MX 150 memakai sein milik Old vixion/Byson.

Pict from lek IWB

Pict from lek IWB

Apalagi ya? Paling perbedaan partnya ada di handle rem yang berbeda warna. Di MX 150 handle rem tidak diberi warna,sedangkan di MX King diberi warna hitam. Dan kaliper rem yang juga berbeda warna dari MX King dan MX 150,dengan warna Gold untuk MX king dan warna hitam untuk MX 150. Fitur keren lainnya,yaitu Humanic Speedometer yang telah terkuak menggunakan kata “Ready to go”. Berbeda dengan New Vixion yang “Hi Bro”.

4.  Mampu nggak ya,bersaing di kejamnya segmen bebek sport?!

mx king 1 mx king 2

Mampu gak ya,sang MX King ini bersaing di kejamnya segmen bebek sport yang saat ini mahkotanya masih dipegang oleh Suzuki Satria FU? Apalagi dengan santernya pembicaraan mengenai CS1 reborn yang kemungkinan besar menggunakan desain ayam jago khas Sonic.. Jika iya,berarti MX King memerlukan effort yang cukup besar jika ingin mengambil alih secara penuh di segmen ini. Wong sasarannya anak muda,jelas kepingin yang kencang dan ramping tuh!

Opini saya? Yamaha ingin menempatkan MX King di segmen tersendiri brosist! Menyasar biker segala umur,desain bebek masih secara luas diterima oleh masyarakat. Ergonomi tegap,dan desain gambotnya kemungkinan bisa menggaet hati masyarakat.. Terlebih,akhir-akhir ini bisa dilihat motor-motor yang dilaunching hampir semua berdesain gambot. Tengok Vario 150,lalu NMax,terakhir Soul GT yang terang-terangan memakai tagline “Besar” :D.

Menurutnya,biarlah kompetitor bermain di segmen ayago. MX King tetap berjaya di segmen tersendiri. Sayangnya,belum lihat unitnya secara langsung. Kalau memang benar-benar gambot,i wanna say “MX King,you’re the maxi-moped” :D.

Kapan testride ya?

Last,artikel ini hanyalah berupa opini saya yang semata-mata melihat dari sisi lain sebuah produk :D. Kira-kira bagaimana pendapat brosist sekalian? Mampukah MX King ini bersaing di segmen yang tentunya akan berdarah-darah dengan sinyal hadirnya CS1 reborn?? I say,Let the time tell us the truth!! 😀

Thanks for reading and sharing,please comment below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Follow me on..

Whatsapp : 08892377086

Facebook Fanspage : Alki Rahmatullah’s Blog

Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah

Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Related Posts :

About IndoRide.com

Hanya pemuda biasa yang mencintai dunia otomotif,terutama dunia Roda 2. Share everything,you will get everything. Welcome to IndoRide.com.
This entry was posted in Motorcycle, Versus, Yamaha and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Pojok Opini : Yamaha Jupiter MX King 150,mampukah berperang di segmen berbahaya sport-moped??

  1. FЭЯY says:

    akik rajin ngetik na mani panyang 😄

    Like

  2. setia1heri says:

    mantabz opinina

    Like

  3. aji pangestu says:

    kalo seumpama ban mx king diganti biar kira2 seimbang gitu bisa ngga ??

    Like

    • Bisa saja mas aji. Semisal ban depan yang ukurannya motorsiawi itu ukuran 90/80 atau 90/90 17. Ban belakang 130/70 17. Bisa dipaksakan lebih besar lagi tapi akan tampak seperti donaf

      Like

  4. Pingback: Another ‘S Gen’ Story,Supra X 150 Pakai Mesin Sonic? | Indoride.com

  5. Pingback: Beda 200 Ribuan,Pilih Yamaha Aerox 125LC Atau Yamaha Jupiter MX 150? | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s