Filipina Bangun Sirkuit Persiapkan MotoGP 2021, SEDIH! Indonesia Ditikung Lagi!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Bro, sebagai penikmat roda dua dan penyuka kecepatan, jadi kesenangan tersendiri saat kita bisa lihat langsung balap motor yang sesuai dengan hobi kita. Hingga saat ini, balap motor paling bergengsi dan paling diperbincangkan oleh banyak orang di dunia adalah MotoGP World Championship! Ya, balap yang satu ini memang paling bergengsi, jutaan orang setiap tahunnya tercatat menonton gelaran GP ini di berbagai belahan dunia tempat terselenggaranya. Jelas, karena adrenalin dan atmosfir nonton langsung itu BEDA BANGET brok!

Filipina bangun Sirkuit persiapan MotoGP 2021, Indonesia Ditikung!

Asyik bener nonton langsung MotoGP, sayang di negeri orang…

MotoGP adalah balap yang sangat menarik, interesting, dan paling bisa mendatangkan keuntungan besar bagi negara yang menjadi tempat digelarnya balap. Hal ini tentunya menjadi pemasukan positif bagi negara sekaligus untuk mempekenalkan segala potensi pariwisata, kuliner dan sebagainya yang ada di negara tersebut! Saat ini, gak cuma negara Amerika dan Eropa saja yang sudah bisa menggelar MotoGP, negara Asia, terutama Asia Tenggara pun bisa!

Kita lihat Malaysia, yang sudah sukses bertahun-tahun menggelar MotoGP di sirkuit Sepang, Malaysia, yang setiap tahunnya sangat ramai didatangi turis dari INDONESIA! Dan baru tahun kemarin, saya pribadi secara langsung bisa mengunjungi negara gajah putih Thailand, untuk menonton MotoGP pertama kali yang diselenggarakan di Chang intl Circuit Buriram. Dan jelas banget bro, saya super senang nonton langsung MotoGP di Thailand dengan atmosfir yang beda banget dengan nonton di tipi! Deruman mesin superkencang yang melesat bagai kilat bagaikan musik di telinga saya.

Nonton langsung GP Thailand!

Tentunya, menjadi kebangaan tersendiri bagi warga negara jika memiliki venue dan event kelas internasional paling bergengsi, karena jelas, perputaran ekonomi bakal kenceng banget! Turis domestik dan mancanegara datang. Tapi, bukan itu yang penting, menyaksikan MotoGP di negara sendiri tentunya jadi kebanggaan bagi para pehobi nonton balap!

Rancangan sirkuit Filipina

Sayang, negara kita tercinta, dengan penonton MotoGP yang sangat banyak, harus kena tikung lagi dengan negara lain soal pelaksanaan MotoGP! Yap, setelah sebelumnya ketikung Thailand di 2018 lalu, saat ini harus kena tikung Filipina, iya, FILIPINA! Negara asia tenggara yang jadi tetangga kita juga.. Hadehhh!!!

Filipina, yang dengan gencar melihat potensi besarnya penonton GP setiap tahunnya, akhirnya mengambil langkah seribu. Melihat potensi ini, Filipina telah Ground Breaking untuk membangun sirkuit yang bernama Pradera Verde Racing Circuit! Sirkuit kelas internasional yang secara spesifikasi memang belum bisa untuk menampung kencangnya balap Formula1, tapi masih sanggup untuk menjadi ajang adu kencang pembalap MotoGP! Kabarnya, mereka tengah mempersiapkan untuk mendaftar menjadi negara yang akan menyelenggarakan MotoGP di tahun 2021 mendatang.

Yap, Pradera Verde Racing Circuit ini masuk ke kategori sirkuit dengan FIA Grade 2, belum bisa untuk F1, namun sudah layak untuk kelas MotoGP. Untuk total layoutnya sampai 5 kilometer, ada total 22 tikungan, 12 ke kanan, 10 ke kiri, dengan arah yang sesuai dengan putaran jarum jam. Desainernya?? HERMANN TILKE! Seorang designer yang sudah bolak balik Indonesia, merancang layout untuk sirkuit kelas Internasional yang siap MotoGP di Indonesia, namun hingga bertahun-tahun project ini nihil, kosong, tak ada update.

Sedih ya, padahal, kalau dipikir-pikir Indonesia menjadi negara yang sangat potensial untuk melaksanakan ajang balap kelas Internasional semacam ini. Banyak lahan, area destinasi wisata yang sangat cantik dan diakui dunia, penggemar MOTOGP yang super buaanyakk (terbukti dari seringnya riders motoGp menhunjungi negara ini), dan tentunya produsen otomotif yang sangat besar di Asia Tenggara! Sudah lebih dari memadai untuk menyelenggarakan event yang sangat bergengsi ini di negara kita tercinta. Pundi pundi devisa? Wisata? Kuliner? Dijamin moncer di ajang internasional!

Sayang seribu sayang, bagai pungguk merindukan bulan, impian untuk menyelenggarakan MotoGP di negara tercinta kita ini nampaknya masih sangat jauh dan tidak akan ada dalam waktu dekat. Isu isu, rumor dan project yang sebelumnya menghiasi headline blog dan media seakan hilang begitu saja tertelan waktu. Sedih, harus tertikung dengan Filipina yang nampaknya bukan negara dengan basis penghasil/produsen otomotif. Yah, inilahnegara kita, masih terus berharap, semoga kedepannya akan ada agenda serius yang memikirkan potensi besar ini!

Siapa yang masih berharap besar ada MotoGP di Indonesia? Yuk kita ngumpul di pojokan… Meratap bareng! 😆 .

Sumber : Wheelsph.com

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

 

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*