Sepeda Listrik Migo “Haram” Dibawa di Jalan Raya! Ngeyel? Siap-Siap Diciduk Polisi!

Sepeda listrik Migo memang bikin penasaran, ternyata HARAM dibawa di jalan raya!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Bro, udah pada tau belum sama sepeda listrik unik berwarna kuning yang lagi ngehits di kota besar? Yap, dialah si Migo Sepeda Listrik yang lagi hits banget di Jakarta terutama! Motor listrik kecil, imut dan sekilas mirip Minion ini sering saya lihat wara-wiri di berbagai sudut kota Jakarta. Gak jarang, ia sering terlihat wara-wiri di jalan Protokol Jakarta lho! Waahh.. Emang si Migo lagi terkenal banget deh pasca ia bisa disewa oleh kalangan umum seharga 3000 rupiah per 30 menit! Angka yang sangat murah, bahkan lebih murah dari billing warnet jaman now, wkwkkw..

Sepeda Listrik Migo,bikin penasaran!

Sepeda listrik Migo memang bikin penasaran, ternyata HARAM dibawa di jalan raya!

Nah, Pertama kali diperkenalkan di Surabaya tahun 2017 lalu, motor ini menjadi primadona terutama bagi orang-orang yang penasaran sama sensasi motor listrik. Yang menarik juga bentuknya sangat unik dan eksentrik. Walau berstatus motor listrik yang diklaim cuma punya kecepatan maksimal 50km/jam, namun motor ini lebih terlihat seperti motor matic normal, bukan seperti sepeda listrik yang biasa kita lihat! Sekilas, bentuknya mirip sama Yamaha QBix yah, dari belakang apalagi…

Belakangan ini, saat sedang riding bareng si Edward, saya sering banget ngeliat motor kuning dengan striping Rp 3000/30 menit ini wara-wiri terutama di daerah Jakarta Selatan. Gak jarang juga, saya nemuin pengendara yang kayaknya sih masih kecil, dan kemungkinan besar belum punya SIM C/dibawah 17 tahun! Kenapa bisa tau? Liat dari attitude berkendaranya, haduh, NGERI!

Ya bro, sayang gak bawa action cam nih, beberapa kali saya ketemu pengendara Migo, motor listrik sewaan ini bertindak ugal-ugalan di jalan. Belok main asal belok, belum lagi ngebut dengan boncengan yang lebih dari 2 orang, rata-rata yang bawa pun gak pake helm terutama untuk boncengernya. Bahayanya lagi, sering saya lihat juga pengendara motor Migo ini masuk ke jalan protokol. Padahal, seharusnya menurut pihak kepolisian, motor Migo ini walaupun seperti sepeda listrik yang ada pedal kayuhnya, tapi gak boleh dibawa sembarangan ke jalan besar!

Sepeda listrik Migo. jangan dibawa ke jalan raya dah, pict Kobayogas.com

Ternyata hal ini menjadi perhatian serius bagi pihak kepolisian bro! Polisi berjanji, akan melakukan penindakan bagi siapa saja penyewa kendaraan Migo e-Bike ini yang nekad bawa ke jalan raya dan sruntulan di jalan. Waduw…

Menurut pihak Kepolisian, penggunaan Migo e-BIke ini sudah melanggar aturan lalu lintas Pasal 49 tentang kewajiban semua kendaraan yang melintas di jalan raya harus memenuhi persyaratan, salah satunya lulus uji tipe kendaraan.

“Ya sekarang selanang selonong Migo. Istilahnya ‘haram’ ada di jalan. Pelat nomor tidak ada selonong ke jalan raya. Nanti kalau kecelakaan klaim Jasa Raharja tidak bisa kasihan” ujar Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Herman Ruswandi kepada CNNIndonesia.com, Senin (11/2).

Migo hanya untuk di jalan kecil, bukan di jalan raya!

Banyak yg begini ni…

Pihak kepolisian melanjutkan, dalam hal ini Migo e-Bike hanya mengantongi surat izin usaha, bukan surat izin di jalan. Wajar, karena motor ini gak punya legalitas semacam Motor Listrik Viar Q1 yang legal dibawa di jaalan karena ada STNKnya. Polisi berjanji akan mengangkut dan merazia Migo yang dibawa di jalan raya.

Kalo Viar Q1 sih aman, ada STNK!

Dalam wawancaranya bersama CNNindonesia, Herman menyatakan bahwa Skutik Migo tidak boleh dibawa di jalan. Ia mencontohkan seperti di wilayah rekreasi Ancol, nah itu baru bebas deh menyewakan ratusan bahkan ribuan unit, karena di dalam tempat tertutup.

“Kalau seperti di Ancol, mereka mau sewakan ribuan unit ya tidak masalah. Bukan seperti ini. Kami akan siapkan truk buat angkutin Migo itu,” ucapnya.

Herman, menyatakan dengan tegas, bahwa semua ini berdasar dari Undang Undang yang berlaku. Baik itu statusnya sepeda motor bensin atau motor listrik semua harus taat pada aturan.

“Kalau bicara UU aspeknya, mau sepeda motor itu listrik atau bensin, tetap saja sepeda motor harus taat aturan. Seperti bayar pajak, dibolehkan tidak operasional ke jalan raya. Jalan raya punya kelas, satu dua dan tiga. Berapa sih kecepatannya, nah ini kan jadi mengganggu pengguna kendaraan lain,” tutup Herman.

Jangan nekad deh, ntar dikandangin!

Nah bro, buat para pengusaha penyewaan motor listrik Migo ataupun para penyewanya, sebaiknya cari aman saja deh. Seandainya pengen banget ngerasain bawa sepeda listrik unik ini pastikan tidak dibawa di jalan raya dan pakailah apparel berkendara yang aman dan sesuai. Karena jika masih nekad, polisi gak segan-segan untuk langsung menyita dan mengandangi skutik imut Migo tersebut.. Wah sayang banget yaa.. Namanya juga peraturan ya kudu dipatuhin lah ya!

Gimana bro? Sudah jelas? Semoga bisa dimengerti yak… Nunggu penyewaan motor lsitrik yang legal di jalan aja deh..

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*