20 Tahun Yamaha MT-Series Mengaspal, Ini Dia Sejarah Panjang Sang Master Torsi!

Yamaha MT-01 bro! Biangnya MT-Series, 1800cc!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, sebuah produk otomotif dengan ciri khas yang iconic memang selalu menarik jika kita ikuti perkembangannya. Termasuk, cerita dibalik kesuksesannya dan mengapa motor tersebut bisa mengambil hati masyarakat dengan segala kelebihannya. Akan menjadi lebih menarik, jika ternyata ada sejarah panjang dibalik kesuksesan dari sebuah tipe motor yang cukup sukses di pasaran! Mungkin, brosist belum tahu, bahwa klan Master of Torque series/MT Series sudah mengaspal selama 20 tahun di tahun 2019 ini! Tentu ini adalah fakta menarik yang mungkin belum semua orang tahu… Yuk, kita bahas Sejarah Panjang sang Master Torsi! 

Seperti yang kita tahu, produk terakhir dari klan MT yang diluncurkan oleh Yamaha ke publik adalah Yamaha MT-15. Pertama kali diperkenalkan di negara gajah putih Thailand, kehadiran MT-15 saat itu disambut positif oleh bikers di Thailand dan termasuk juga di Indoesia. Akhirnya, MT-15 bisa nyicip aspal Indonesia karena telah dilaunching sejak bulan Februari 2019 lalu, bersamaan dengan hadirnya Valentino Rossi dan Maverick Vinales sebagai pembalap MotoGP Monster Energy Yamaha…

Siapa sangka, Momen peluncuran MT-15 yang merupakan pelengkap dari keluarga MT Series tersebut ternyata bertepatan dengan dua dekade perjalanan Yamaha MT dalam meramaikan pasar sepeda motor sport di berbagai belahan dunia. Tepat pada 20 tahun yang lalu, Yamaha untuk pertama kalinya memperkenalkan sepeda motor paling bertenaga dan ikonik yang pernah dibuatnya, yaitu MT-01 concept model pada ajang pameran otomotif bergengsi Tokyo Motor Show tahun 1999!

MT-01 Concept Model (1999)

Mengusung konsep “Kodo” atau Soul Beat, pengembangan MT-01 concept model sangat begitu memperhatikan segala elemen kunci yang dibutuhkan dalam menghadirkan pengalaman berkendara yang tak terlupakan. Mulai dari irama dentuman mesin yang dihasilkan oleh kekuatan ledakan di ruang bakar, ritme bertenaga yang tercipta dari perubahan torsi, getaran suara yang timbul dari intake mesin dan knalpot, hingga detak jantung sang pengendara yang seluruhnya berkolaborasi dalam menghasilkan “Kodo”.

The Big one from Yamaha,MT-01 OHV Engine!!

MT-01 (2004)

Merupakan model produksi masal pertama dari keluarga MT series yang mengawali debut di ajang INTERMOT, München, Jerman. Mengangkat konsep “Soul Beat V-Twin Sport”, MT-01 menyuguhkan mesin V-twin berkapasitas 1,670cc yang dipadukan dengan kerangka aluminium berbobot ringan dan sukses menghadirkan sensasi “Mega Torque” sesungguhnya kepada pengendara berkat besarnya torque yang dihasilkan oleh motor. Uniknya, karakter torsi dari motor ini semakin terasa akibat penggunaan mesin Overhead Valve! Beuh, tenaga besar dengan handling yang nurut bikin motor ini jadi idaman bro. Saya pernah numpakin sekali nih hehe..

Yamaha MT-01 bro! Biangnya MT-Series, 1700cc!

MT-09 (2014)

MT-09 merupakan versi generasi terkini dari keluarga MT series yang menawarkan ide-ide baru dalam proses pembuatannya. Ditenagai oleh mesin 3 silinder 846 cc in-line yang dikembangkan berdasarkan “Crossplane Concept” milik Yamaha yang memungkinkan motor menghasilkan tenaga lebih optimal. Memainkan peran sebagai “Synchronized Performance Bike” dan “Master of Torque”, kehadiran MT-09 ditujukan untuk menawarkan gaya berekendara yang lebih menyenangkan sehingga sangat cocok digunakan oleh para masyarakat urban dalam mendukung mobilisasi sehari-hari dengan rentang kecepatan yang lebih terukur dan karakter penggunaan yang lebih bebas serta ekspresif.

MT-09

MT-07 (2014)

Membawa konsep “Sports Passion Motorcycle with Smart Value”, MT-07 merupakan motor sport yang menawarkan keseimbangan antara kesenangan luar biasa dalam berkendara dan nilai biaya yang efisien. Hadir dengan desain yang lebih stylish dan ramping serta mesin berkapasitas 689 cc in-line 2 silinder menjadikan MT-07 sebagai motor yang lincah dan nyaman untuk digunakan oleh para kaum urban yang memiliki tingkat mobilitas tinggi dan sangat peduli terhadap tampilan dalam berkendara. Bahkan, di luar negeri, Yamaha MT-07 ini laris banget karena dianggap punya handling terbaik dan mesin yang reliable, nyaman, plus uirit buat harian. Sayang, Yamaha gak bawa secara CBU ke Indonesia ni bro hehe..

MT-09 Tracer (2015)

Yamaha MT-09 Tracer

MT-09 TRACER ini motor yang saya suka banget desainnya! Model ini adalah model paling sporty, gesit dan nyaman yang dimiliki oleh keluarga MT. Pengembangannya didasarkan atas konsep “Sporty Multi-use Bike”, sehingga memungkinkan motor tersebut dapat mendukung segala jenis gaya berkendara di berbagi kondisi. Menggunakan paket mesin serta sasis yang dimiliki oleh MT-09 namun dengan sedikit sentuhan perubahan yang disesuaikan dengan nomenklaturnya sebagai motor multi-fungsi. Brosist bisa lihat, half fairing yang menghiasi juga bukan cuma hiasan. Namun berfungsi untuk membuat motor lebih nyaman dibawa untuk menjelajah dengan kemampuan membelah angin yang jauh lebih baik dibanding MT-series standar!

MT-03 & MT-25 (2015)

Didasarkan atas konsep pengembangan bernama “Street Cheetah”, model-model ini menonjolkan beberapa keunggulan yaitu ringan, lincah dan mampu bekerja secara maksimal saat digunakan di area perkotaan. Karakter yang dimiliki motor juga menawarkan kemudahan untuk penggunaan sehari-hari yang dikemas dengan gaya agresif yang mampu merefleksikan kecanggihan, kecepatan, dan ketangkasan laiknya seekor cheetah. Yamaha membekali MT-03 dan MT-25 pada bagian dapur pacu dengan mesin DOHC in-line 2 silinder berkapasitas 321cc (MT-03) dan 250cc (MT-25). Salah satu motor yang masih jadi idaman saya sampe sekarang, sayang belum kesampaian punya :(.

Di luar negeri, Yamaha MT-03 juga cukup laris karena menjadi motor dengan tenaga yang cukup besar, mesin yang dianggap reliabel dan kosumsi bbm yang gak terlalu boros untuk harian nih bro. Motor ini juga punya handling yang mantab buat dibawa di perkotaan. Saya udah coba sendiri, naksir euyy!

MT-10 (2015)

MT-10 merupakan flagship dan penghuni top of pyramid dari keluarga MT series yang muncul pertama kali pada gelaran EICMA Show di Milan, Italia dan sukses menarik perhatian ribuan mata para pengunjung berkat tampilan desainya yang berotot, agresif dan sporty. Didukung dengan mesin Crossplane Crankshaft berkapasitas 998cc yang ditempelkan pada rangka aluminium Delta Box, memungkinkan motor tersebut mampu menghasilkan tenaga serta torsi melimpah yang membuat penggendara dapat dengan mudah mengkontrol sang “Monster” sesuka hati. MT-10 juga turut menghadirkan keserbagunaan seperti MT-09 TRACER berkat beragam teknologi yang diusungnya. Dengan berbagai atribut yang dimiliki oleh roadster unik dari Yamaha ini, maka sangatlah pantas jika MT-10 diberi label sebagai “The King of MT.”, setelah kejayaan Yamaha MT-01 beberapa waktu silam.

MT-15 (2018)

Yamaha MT-15, cakep bener!

Nahh, si bontot MT-15 merupakan model teranyar dari keluarga MT series yang baru beberapa waktu lalu diperkenalkan kepada publik Indonesia oleh pebalap Yamaha MotoGP yaitu Valentino Rossi. Memiliki tampilan desain lebih sangar dengan karakter agresif khas keluarga MT, terutama pada bagian wajah motor yang sudah mengadopsi teknologi Projector LED. Body motor dibuat lebih padat dan berotot, namun tetap kompak sehingga memungkinkan motor bermanuver dengan lebih lincah. MT-15 telah dilengkapi pula dengan suspensi Up Side Down yang efektif meningkatkan handling dalam berkendara. Untuk urusan dapur pacu, motor ini telah dibekali dengan mesin berkapasitas 155cc yang dilenngkapi dengan teknologi VVA. Yamaha MT-15 menjadi varian terkecil sekaligus varian MT dengan harga termurah, namun punya desain yang gak kalah gahar dengan abang-abangnya!

Yamaha MT-15, bener bener GANTENG! beneran diadopsi jadi desain MT25?

Nahhh, itu dia sejarah panjang serta varian-varian dari Yamaha Master of Torque series! Sebagai sang master torsi, tentulah segala sesuatu yang berhubungan dengan naked bike ganteng dari Yamaha ini selalu jadi perbincangan. Gimana bro? Kalo brosist paling suka yang mana dari varian naked bike spesial dari Yamaha ini? Kalo saya sih tetep Yamaha MT-09 Tracer dah! Kalo duitnya ada, pasti beli niihh.. XD.

 

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*