First Impression Bertemu Dengan Yamaha MT-01 ; Biangnya MT-Series!!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

Si Bengis!!

Si Bengis!!

Ngomongin soal MT,pikiran brosist para pecinta otomotif pasti langsung mengarah ke klan MT-Series dari Yamaha. Yap brosist,MT alias singkatan dari Master of Torque ini memang jadi trademark sendiri bagi motor naked Yamaha di seluruh dunia,yang pakai nama besar ini. Master of Torque,pasti udah pada tau kan artinya apa?

Yamaha mungkin gak main-main dalam memberikan filosofi atau makna dari nama motor kebanggaannya ini brosist. Master of Torque yang artinya kalau diIndonesiakan bisa jadi Masternya Torsi,Kaya akan Torsi,Gila Torsi,dll! Ribet ah ngomongin sejarah motor,nanti mumet sayanya brosist XD. Intinya gitu deh,MT-Series memang diciptakan khusus oleh Yamaha,sebagai motor yang memiliki torsi yang besar,dan cocok dengan genre motor Naked yang diusung oleh MT-Series tuh.

Yamaha MT-01!

Yamaha MT-01!

Kalau ngomongin MT-Series,brosist tahunya apa aja sih? Mungkin yang paling dikenal adalah MT25 ya brosist,karena memang di Indonesia sudah dijual bebas sejak tahun lalu.. Adalagi MT15 yang dirumorkan bakal keluar di tahun ini,namun nyatanya yang keluar adalah Yamaha Xabre.. Okelah,daripada jelasin panjang lebar,mending langsung liat nih jajaran MT-Series yang udah pernah saya tulis juga di blog sederhana ini,cekdisott :

Baca : MT-Series,The Wild Side of Yamaha!

The Big one from Yamaha,MT-01 OHV Engine!!

The Big one from Yamaha,MT-01 OHV Engine!!

Ternyata,ada salah satu ‘dedengkot’ dari MT-Series yang juga sudah pernah saya bahas di artikel berikut brosist,monggo dibaca. (Baca : Yamaha MT-01,A Rhinoceros Monster with American Taste from Japan! ). Nah,Yamaha MT-01 adalah sesepuh alias generasi tertua dari Yamaha MT-Series di dunia. Dilahirkan tahun 2006 silam,motor buatan asli Jepang yang dipasarkan di Eropa dan Amerika ini memang menjadi salah satu pembuka klan MT lainnya di dunia. Setelah lahirnya MT-01,lahirlah MT-03 dengan mesin 660cc 1 Silindernya,yang bisa brosist bayangkan seperti apa jambakan torsinya! :D.

Deklarasi MTRI DC3.. mantaap

Deklarasi MTRI DC3.. mantaap

Alhamdulillah,hari Minggu tanggal 31 Januari 2016 yang lalu,saya diundang oleh Kang Novan,sahabat saya,untuk menghadiri peresmian komunitasnya,yakni Master of Torque Riders Indonesia Chapter Depok. ( Baca : Deklarasi MT Riders Indonesia Chapter Depok ; Berbagi Kebahagiaan Bersama Yang Membutuhkan! ). Bertempat di panti asuhan Nurul Huda,Depok,MTRI DC3 resmi dipatenkan,dengan membagi kebahagiaan bersama saudara-saudara kita yang membutuhkan! Joss..

Mantaapp om Adi! :D

Mantaapp om Adi! 😀

Alhamdulillahnya lagi,saya dipertemukan oleh sebuah motor,yang sepertinya dulu saya berfikir akan menjadi angan-angan saja untuk dinaiki,namun ternyata terwujud! Siapa lagi kalau bukan Yamaha MT-01?? Yap,ialah Om Adi,anggota dari Master of Torque Riders Indonesia,datang dengan motor kebanggaannya tuh brosist. Si ‘Badak’ ini benar-benar membuat suasana saat itu jadi meriah. Gak cuma saya yang antusias dengan hadirnya sang ‘dedengkot’ MT-Series tersebut,namun kawan-kawan dari MTRI juga semuanya antusias! Terlihat,saat mereka ramai-ramai berfoto bersama motor keren ini.. :D.

banyak yang minta foto,termasuk gueh! XD. Keren banget yak? :cool:

banyak yang minta foto,termasuk gueh! XD. Keren banget yak? 😎

First Impression bertemu dengan Yamaha MT-01 ini,saya cukup kagum dengan apa yang saya lihat didepan mata saya saat itu. Sebuah motor,yang saya anggap bukan motor,tapi sosoknya adalah sebuah motor!! XD. Bagaimana enggak? Sebuah mesin V-Twin berkubikasi 1.670cc dipasangkan ke sebuah rangka Twin Spar yang sangat kokoh tersebut. MT-01 milik om Adi ini,kabarnya hanya ada 4 di Indonesia! Dan,you know? Om Adi adalah owner dari 2 ekor ‘Badak’ Jepang ini.. Amazing! :D.

Kabarnya cuma ada 4 di Indonesia

Kabarnya cuma ada 4 di Indonesia

Baca dulu artikel yang laen yee brosist,biar makin penasaran! :D.

Desain

wp-1455332147981.jpeg

Speechless! Pertama kali lihat,motor ini punya kesan yang intimidatif. Lagi-lagi,mesin V-Twinnya yang amat besar tersebut,dengan liukan knalpot yang sangat mencolok,membuat tampilannya sangat berbeda dari motor-motor lain sekelasnya,yang notabene masuk ke segmen hyper street muscle bike ini! (comot istilahnye yee om Vandra.. :D).

wp-1455332084564.jpeg

Besar,tinggi,lebar,kekar,dan bikin ngeri! Itulah yang membuat saya mengurungkan niat untuk ngetes jalan si Badak milik om Adi ini.. Selain alasan lain yang akan saya tulis di bawah ya brosist :D. Buat yang suka desain motor yang intimidatif,tapi gak perlu banyak modif,silahkan beli Yamaha MT-01! Beneran moge,gak usah modif modif knalpot ngebrong juga suaranya udah blaarr! :D.

image

Headlamp Scoopy?

Headlamp,sekilas mirip Honda Scoopy yak? Xixixi.. Kalo om Vandra MMBlog bilang sih,model headlampnya ini namanya tear drop. Mbuh lah ora paham :D. Suspensi depan pakai upside down,yang pastinya lebih gede dari suspensi 41mm milik Yamaha Byson! XD. Knalpotnya berjejer 2 buah di buritan. Untungnya pakai cover tuh,kalau gak pakai,bisa-bisa paha boncenger yang jadi korbannya. Posisi rantai? Anti mainstream! Di sebelah kanan,beda ya?

wp-1455332185848.jpeg

Overall desainnya,serasa mengalir,tidak bertumpuk di satu titik saja. Gak salah,kalau saya sebut motor ini cukup ‘cantik’ dengan segala ‘kekejaman’ desainnya.

Baca yang laen dulu brosist :

Mesin

Mesine garaaaang cak!

Mesine garaaaang cak!

Ini dia yang bikin Yamaha MT-01 terasa sangat ‘spesial’ dimata saya. Yap,mesin V-Twinnya yang seksi tersebut,bahkan mengalahkan aura desain body yang selama ini saya jadikan acuan untuk bilang sebuah motor adalah ‘motor keren’. Sebuah mesin dua silinder berkonfigurasi V berkubikasi 1.670cc,dengan Overhead Valve yang sangat terekspos di motor ini! Jangan harapkan power puncak yang bengis ala motor-motor supersport atau superbike yang lebih dari 100hp,motor ini power puncaknya ‘cuma’ 90 hp pada 4750RPM brosist. Kecil?

wp-1455331580999.jpeg

Jangan sekali-kali remehin torsinya ya brosist. Karena inilah yang jadi point sesungguhnya,kenapa dia dinamakan ‘Master of Torque’. Torsinya gendeng banget,150,3 N-m,cukup banget buat bikin ente ‘kejengkang’ kalau gak bijak-bijak narik tuas gas! Inilah esensi dari sebuah nama,ini baru motor yang sesuai nama!! XD. Torsinya bahkan 2 kali lipat lebih besar dari Kawasaki ER6n milik om Vandra yang torsinya menurut saya sudah cukup edan tersebut.

Yang ini aje tarikannye udah bengis!

Yang ini aje tarikannye udah bengis!

Punya bore x stroke 97.0 mm x 113.0 mm,bisa dikatakan bahwa si Bengis ini adalah sebuah motor Overstroke! Khas motor cruiser,dengan tujuan untuk menjelajah. Wajar aja,karena mesin ini memang punyanya motor Cruiser Yamaha XV1700 atau biasa disebut Yamaha Road Star Warrior,sebuah motor Cruiser. Siapa lagi yang mau BC overstroke setelah lihat motor ini?? :mrgreen:

Baca dulu artikel tentang motor Overstroke 😀

Kurang nyentrik apa lagi nih? Motor ini mesinnya gak pakai rantai keteng loh brosist,tapi pakai pushrod untuk buka dan tutup klepnya. Overhead Valve ya? Gak ngerti mesin nih saya :D,but,setahu saya memang karakter dari mesin OHV itu torqy,kayak Toyota Kijang gitu deh *loh XD. Satu lagi,motor ini gak pakai Radiator untuk sistem pendinginannya,alias cuma mengandalkan angin aja! Wuih,nyentriiikkk! *Panasnya juga nyentrik mesti! XD.

Inilah yang membuat saya belum cukup nyali untuk ngetes si Badak asli Jepang ini. Next time,kalau bertemu lagi,semoga sudah berani… XD.

Build Quality

image

Punya Jepang looh

Build Qualitynya motor asli Jepang siapa yang meragukan ya? No doubt lah pokoknya. Detailnya halus banget,las-lasannya ajib,diketok-ketok juga gak ada kesan ‘kopong’,alias padat semua! Siraman catnya,pas! Bahkan tetap kinclong setelah sejak 2007 dimiliki oleh om Adi.. Cocok deh!

image

logo MTnya

Motor yang menjadi pionir klan MT di dunia ini,membawa logo-logo MT di beberapa bagian tubuhnya. Ternyata dari motor inilah,logo MT yang terkenal itu dilahirkan. Ya untuk kualitasnya,sepertinya gak ada yang perlu diragukan lagi ya brosist? Material solid khas Yamaha Japan,cat mulus dan kinclong juga ala Yamaha Japan,kualitas part nomor Wahid,pokoknya gak ada yang bisa di bc dari motor ‘jahat’ ini! Untung saya bukan Fansboy,jadi gak main BC! :p.

Verdict!

Kesimpulannya,Yamaha MT-01 memang motor yang unik,kejam,intimidatif namun tetap cantik! Terlihat dari desainnya yang bisa dibilang ‘body ditempelin ke mesin’ ini. Mesin 1670cc VTwinnya memang jadi daya tarik tersendiri nih kalau bawa motor ini pastinya. Ditambah,aksi nyentrik dari om Adi selaku owner,yang menambahkan semacam sound system di motornya! Waah,bisa sambil dangdutan sambil dengerin dentuman suara knalpot twinnya nih! XD.

image

Sukses terus om Adi!

Special thanks untuk om Adi,yang udah ngasih kesempatan buat nongkrongin motor kesayangannya untuk direview. Semoga tetap sukses!

Yamaha MT-01? Please give your respect to the king!!


Thanks for reading and sharing,leave some comments below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..
Whatsapp : 08892377086
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

7 thoughts on “First Impression Bertemu Dengan Yamaha MT-01 ; Biangnya MT-Series!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s