Motor Sering Dipakai Jalan Jauh? Perhatikan 4 Hal Berikut Supaya Aman Sentosa!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, punya motor yang enak buat dipakai jarak jauh memang asik banget pastinya ya. Apalagi kalau motor tersebut adalah motor kesayangan yang siap nganter kemanapun. Wah pastinya makin cocok deh sama hobi naik motor kita. Naik motor jarak jauh memang butuh perhatian khusus nih bro. Terutama soal perawatan motor agar tetap nyaman dan aman sentosa saat dibawa jarak jauh! Belum lama ini kita juga telah melewati yang namanya libur lebaran, biasanya tiap libur lebaran ada tradisi yang namanya mudik. Ga jarang juga, banyak kan dari brosist yang mudik naik sepeda motor? Ngaku dehhh..

Mau mudik, siapkan kendaraan!

Alasannya, karena sepeda motor ini lebih fleksibel, dan tntunya lebih irit buat dibawa mudik. Irit di bensin dan pastinya ke kantong pun irit. Namun jangan salah, jangan sampe mau irit malah boncosss gara gara motor rusak dan butuh biaya prbaikan berlebih saat dibawa mudik atau naik motor dengan jarak yang cukup jauh. Caranya adalah melakukan tindakan pencegahan, daripada mengobati. Yak! betul sekali, karena biasanya mudik atau berjalan jau dengan motor akan membuat motor terpacu untuk bekerja lebih keras.

Nah brosist, jangan lupa untuk selalu melakukan tindakan pencegahan berupa servis dan perbaikan sebelum berjalan jauh ataupun mudik. Berikut ada 4 tips mantap yang disampaikan oleh PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku main dealer wilayah Jawa Barat, yang wajib diperhatikan ketika sudah melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor agar tetap prima sebelum dan setelah perjalanan jauh. Cekidottt!

1. Oli Mesin

Salah satu komponen penting sepeda motor adalah oli mesin. Bagian ini biasanya menjadi komponen yang paling sering diganti jika kendaraan dipakai mudik. Penggantian oli mesin dilakukan secara berkala setiap 2.000 Km. “Jika saat mudik dan kegiatan selama mudik telah mencapai 2.000 Km , maka sebaiknya lakukan penggantian oli demi menjaga kondisi mesin tetap optimal,” ujar Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training DAM.

Soal oli mesin memang cukup riskan nih bro, terlebih kondisi oli di dalam mesin yang berputar terus menerus dapat merusak oli bahkan sebelum waktunya. Nah, harus sering-sring dicek dah nih!

2. Kopling dan Rem
Komponen kopling dan rem termasuk ke dalam kategori yang harus diutamakan kondisinya ketika sebelum dan setelah melakukan perjalanan mudik dengan sepeda motor khususnya. Apalagi jika brosist memakai motor dengan kopling manual. Harus diperiksa terutama di bagian kabel dan kesehatan part koplingnya. Begitu juga dengan kampas rem.

Perjalanan panjang dengan kecepatan tinggi dan diselingi dengan kondisi jalanan yang macet biasanya akan membuat kampas rem dan kopling jadi menipis. “Sebaiknya lakukan pergantian kampas rem dan kopling setelah mudik jika kondisinya sudah melebihi batas service,” ujar Ade.

3. Pemeriksaan CVT

Dari berbagai type sepeda motor yang ada saat ini, sepeda motor matic merupakan sepeda motor yang paling digemari oleh masyarakat. Pada bagian motor ini ada bagian yang tidak kalah penting pada motor type matic yaitu Continuosly Variable Transmission (CVT). Transmisi ini sering disebut transmisi otomatis, bagian ini wajib dilakukan pemeriksaan pasca mudik.

4. Lakukan perawatan ke Bengkel Resmi
Untuk lebih memaksimalkan performa sepeda motor maka sebaiknya lakukanlah servis rutin untuk mengembalikannya ke kondisi semula. Nah, jangan lupa untuk selalu rutin merawat motor hanya di bengkel resmi nih brosist. “Bagi pengguna sepeda motor Honda, bawalah motor Honda kesayangannya ke bengkel resmi Honda atau AHASS,” ungkap Ade.

Pada saat servis maka semua kondisi komponen didalamnya akan diperiksa seperti busi, setelan katup, saringan udara, rantai roda dan komponen lainnya. Lakukanlah penggantian jika memang ada komponen yang harus diganti dengan menggunakan suku cadang asli.

Nah, kira kira begitu deh tips dari PT. Daya Adicipta Motora. Ga begitu jauh dari yang biasa saya terapkan kalau sebelum atau sesudah jalan jauh bersama motor kesyaangan. Kalo brosist gimana nih?

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial IndoRide.com ya brosist…

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*