Tips Ampuh Servis Karburator/Throttle Body Motor Sendiri! Kotoran Bandel Hilang Tak Berbekas

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, mungkin banyak dari bro dan sist yang memakai motor kesayangan secara intens. Baik untuk jarak dekat maupun jarak jauh. Gak jarang juga pasti banyak yang melewatkan servis padahal bisa dibilang motor yang dipakai intens butuh perawatan yang ekstra. Apa hasilnya? Motor akan brebet, kurang enak dibawa jalan, dan pastinya membuat gak nyaman!

Karburator Vakum, butuh perhatian ekstra!

Perawatan motor sebenarnya tidak melulu mahal dan ribet bro, kadang kita bisa mengerjakan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Misalnya mengatasi sepeda motor kita yang bersuara kasar atau bunyi brebet yang disebabkan oleh karburator yang kotor. Saya sendiri merasakan hal ini di motor saya baik Byson yang masih pakai karburator Vakum, ataupun Beat yang sudah injeksi.

Brebet ini biasanya disebabkan oleh karburator yang tidak berfungsi dengan baik yang berakibat motor kurang bertenaga dan bisa mogok. Kalau kita ingin mengerjakan sendiri, kita cukup hanya menggunakan cairan pembersih karburator dan injektor. Biasanya, ampuh untuk memberihkan kotoran seketika!

Menurut Tomy Tambrani, Marketing Manager Rexco Indonesia, saat ini sudah banyak dijual dipasaran pembersih karburator dan injektor yang harganya terjangkau dan mudah kita dapatkan salah satunya adalah Rexco 81. 

Biasanya pembersih karburator dan injektor sepeda motor ini dapat membersihkan kotoran, karbon, varnish dan gum sehingga tarikan motor dapat lancar dan konstan kembali. Cara kerja cairan ini adalah membersihkan saluran masuk, klep, ruang bakar dan saluran buang. Kalau cairannya bagus akan dapat pula membersihkan kerak didalamnya.

Cocok banget sih, karena biasanya saya juga memakai Rexco 81 untuk membersihkan Karburator si Edward, Byson tua tahun 2012. Maklum, karburator Vakum gak bisa sembarangan penanganannya. Terutama dalam membersihkannya usahakan ga pakai bensin. Biasanya, saya andalkan Rexco 81 supaya kotoran kotoran membandel pada pergi.

Menurut Aryanto pemilik bengkel Zona Speed yang berlokasi di Jatiwarna, Bekasi, dia biasa menggunakan pelumas khusus pembersih karburator seperti Rexco 81 karena dapat mempermudah pekerjaannya. Kotoran dan kerak yang membandel nempel di karburator dan throtle body langsung luntur, tarikan motor jadi enak lagi dan pastinya sangat menguntungkan karena tidak perlu banyak semprotan sehingga lebih irit pemakaian.

Saya pun melakukan hal yang sama dengan Honda Beat saya, dimana sebelumnya mulai terasa gejala brebet dan ketika ditarik agak ngeden, gejala Throttle Body kotor. Betul saja, ternyata sudah luar biasa kotor. Ga pakai lama, Mas Ariyanto punggawa bengkel ZonaSpeed langsung mengeluarkan senjata pamungkasnya, Rexco 81, untuk membersihkan Throttle Body Beat yang sudah sangat kotor. Gak berapa lama, langsung kinclong lagi bro! Mantul bener…!

Disemprot gaes!

Jadi, jangan lupakan servis untuk kenyamanan dan kesehatan motor kesayangan ya bro!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*