Honda CBF190TR Resmi Dirilis, Motor Retro Yang Ikut Modernisasi! GANTENG!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist!

Bro, beberapa waktu lalu muncul teaser mengenai motor terbaru Honda yang bergenre Retro Modern, ternyata tepat tanggal 27 Agustus 2019 kemarin motor ini dirilis ke khalayak luas! Aslinya keren banget nih bro, motor yang genrenya Retro cuma lebih ngikut ke arus modernisasi, karena desainnya gak full retro melainkan ada garis-garis tajam yang bikin perpaduan modernnya makin kental! ini dia, Honda CBF190TR yang resmi dirilis! Namun, bukan di Indonesia, melainkan di Tiongkok alias negeri China. Sundiro Honda, yang merupakan ATPM Honda di Tiongkok resmi merilis motor ini untuk menemani Honda CB190R dan CB190SS yangsudah lebih dulu hadir disana.

Motor street naked retro bike ini menggunakan mesin 190cc, dengan desain Retro Modern yang kekinian banget. Perpaduan antara kesan Retro klasik dengan Modern stylish sangat terasa di motor ini membuatnya enak dipandang. Begini penampakan aslinya bro :

Gimana? Cakep kan? Kalo yang mengamati berita roda dua global pasti nanya, Sebelumnya kan udah ada CB190SS? Terus, gimana nasibnya tuh motor??! Singkatnya memang kedua motor ini diposisikan di segmentasi dan kelas yang berbeda. Maksudnya, CB190SS hadir dengan desain yang jauh lebih retro (bisa dibilang jadul), jauh dari kesan modern yang nampak sangat kental di CBF190TR ini. Contoh saja, di CB190SS itu memakai velg jari-jari, knalpot chrome yang besar membulat, dan spakbor belakang model membulat layaknya motor jadul.

Sedangkan CBF190TR, menggunakan bahasa desain yang jauh lebih sporty dan stylish, sehingga gak salah saya bilang kalau ia lebih mengikuti arus modernisasi. Seperti penggunaan knalpot pendek yang modern, garis desain tajam ala motor sport neo retro, speedo digital, lampu LED dan yang paling membedakan adalah bentuk buntutnya yang terkesan simple dengan mudguard.

Untuk fitur dan desainnya sendiri, motor ini sudah memenuhi “syarat” sebagai motor Neo Retro atau Retro modern bro. Pertama kita lihat tangki yang tidak sepenuhnya membulat, namun diberikan garis tegas menunjukkan kesan sporty layaknya tangki motor naked aura modern. Lalu ada shroud kecil minimalis yang membuat tangki tampak lebih besar, jok roti sobek yang klasik, lampu depan sudah LED, dengan speedometer mewah yang berbentuk bulat namun sudah Negative Display. Benar-benar perpaduan yang serasi antara kesan retrodengan modern nih bro! Total..

Gak lupa untuk menambah kesan sporty, suspensi belakang sudah monoshock dan suspensi depan sudah Upside Down. Rem depan belakang tentunya sudah cakram, dengan wavy disk dan fitur ABS. Keren ya! Kesan modern makin terasa ketika kita melirik bagian velg, dimana velg sudah memakai model velg Casting Wheel atau Velg Racing, tidak seperti CB190SS yang memakai velg jari-jari. Namun, terasa kurang nih pas liat footpeg boncenger ada menyatu dengan footpeg pengendara, bukan model gantung… Kayak Tiger lama nih!

Soal mesin, jangan berharap banyak.. karena mesin yang dipasangkan memang identik dengan varian CB190 lain yang ada di Tiongkok. Yakni, mesin 184cc dan berpendingin udara, SOHC Overstroke yang memiliki power puncak 15,6 hp atau setara 12,4 Kw @8000rpm dan Torsi maksimun 15nM @ 7000rpm. Sekilas, kalau kita lihat mirip banget nih spek mesinnya dengan mesin Tiger dulu ya bro. Cocok nih jadi Tiger Reborn, upss…

Sayang, untuk harga sendiri pihak Honda Tiongkok belum membeberkannya ke publik. Namun, mereka sudah mengumumkan bahwa motor ini nantinya akan dijual dalam 4 Varian Warna antara lain Silver, Hitam, Merah, dan yang paling kece sekaligus outstanding adalah warna kuning! Yap, warna yang udah jarang banget saya liat ada di motor-motor naked sport. Terakhir liat di Pulsar 200NS yang gak begitu laku…

Gimana kalo dibawa ke Indonesia? Ah, mending Matic, ujarnya…

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : [email protected]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*