Honda CB190SS Resmi Dirilis, Sport Retro Modern Yang Menggoda! Klasik Maksimal!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Bro, lagi-lagiii penggemar motor Retro modern dan penggemar motor beraura Klasik dari Honda di Indonesia cuma bisa ngilerr lagi, ngencess lagi! Setelah kurang lebih 2 tahun nunggu nunggu Honda CB150R Exmotion lahir di Indonesia dan ternyata tak kunjung muncul, kali ini penggemar retro modern Honda di Indonesia kudu gigit jari lagi! Sebab, lagi-lagi Indonesia keduluan. Kali ini, berita datang dari negeri Tirai Bambu, Tiongkok. ATPM Honda di China, Wuyang-Honda resmi merilis Honda CB190SS! Yap, motor retro modern ini lahir dengan desain yang bisa dibilang cantik banget bro! Retro, namun ada kesan modernnya yang kental. Langsung aja kita liat daripada penasaran!

Honda CB190SS resmi dirilis, sayang hanya di Tiongkok! 

Cakep bener dah!

Honda CB190SS lahir sebagai diferensiasi produk dari Honda CB190R yang sebelumnya sudah menjadi motor favorit Honda di Tiongkok. Bisa ditebak, basisnya adalah dari Honda CB190R yang punya desain naked bike tulen. Menurut informasi yang dirilis oleh portal berita newmotor, Honda CB190SS lahir dengan tema Retro! Nah, memang trend motor retro ini sedang ngehits banget di kalangan bikers, jadi favorit bahkan di tahun yang serba modern ini! Trend retro modern dianggap dapat mengembalikan kenangan masa lalu dengan sentuhan modern! Ahsiaap, wkwkw..

Trend motor Retro ini sudah dibangun Honda di jajaran motor besarnya. Namun, bukan berarti motor kecil juga gak terjangkit trend ini! Kekuatan trend yang dibangu Honda, yakni Neo Sport Cafe juga punya andil besar akan hadirnya Honda CB190SS ini di Tiongkok. Gak heran, karena mesin dan styling CB190R sebagai pendahulunya emang udah pas banget buat dibikin versi alter egonya, yakni Retro Modern sportbike! Cadazzz…

Mesin Honda CB190SS, 190cc powerful!

Mesin CB190SS, air cooled legend!

Layaknya saudara dekatnya, Honda CB190SS menggunakan mesin yang sama dengan CB190R. Mesin 184cc, 1 silinder SOHC, 2 valve, Air cooled dengan pengabutan bahan bakar injeksi (PGM-FI). Mesin yang sepertinya setipe dengan mesin 200nya Tiger, cuma bedanya dia udah injeksi aja :D. Tapi, jangan salah, soal desain dan sentuhan lain di motor ini bener bener beda dibanding CB190R yang terlihat lebih sporty. CB190SS, terlihat elegant dengan desain retro modernnya!

Cakep, ganteng!

Soal desain, saya suka banget nih sama CB190SS ini, klasiknya gak nanggung-nanggung, tapi masih masuk kesan modernnya! Tidak seperti CB150R Exmotion yang masih terasa sangat modern, di CB190SS ini kesan klasiknya masih lebih kuat. Lihat saja, lampunya menggunakan model bulat dengan sentuhan LED, plus DRL LED yang cakep! Lampu sennya sudah pakai LED seperti sen CB150R dan CBR150R. Dashboardnya? Dari depan boleh keliatan jadoel, tapi dibalik kemudi terlihat instrument cluster alias speedometer yang merupakan gabungan analog dan digital! Sudah dilengkapi gear indicator pula. Cakep nih, displaynya juga masih standar bukan negative display seperti Exmotion.

Sentuhan lain dari motor ini juga mearik untuk kita simak bro. Nampaknya, Wuyang-Honda serius menggarap motor ini menjadi line up yang siap mengobrak-abrik pasar naked bike di Tiongkok sana. Mulai dari Jok dengan desain klasik, dilapisi sarung jok berwarna coklat muda! Gak lupa jahitan yang membentuk pola diamond membuat motor ini semakin cantik dilihat, apalagi dinaikin nih ya! Uwenaaakk mesti! :D. Oh iya, area belakang pun terlihat retro banget dengan sentuhan minimalis, dengan stoplamp yang keliatan modern dengan sentuhan LED. Yah sesuai dengan karakter retro modernnya!

Joknya, detailnya, ahsiaaap!
Ganteng!

Yang menarik juga dari kaki-kakinya bro. Demi menguatkan kesan retro yang kental, CB190SS ini dibekali dengan velg jari-jari lho! Gak seperti CB150R Exmotion yang pakai velg Cast Wheel yang terlihat lebih modern… Uniknya, walau dengan velg Spoke, CB190SS sudah dibekali rem cakram di ban depan dan belakang… Cakep!

Detail lain, seperti bodywork di bagian shroudnya yang menurut saya minimalis, tapi kesannya malah keliatan ganggu sih hehe.. Padahal kalo dipolosin aja bakal lebih cakep ya! Dengan tangki membulat tanpa banyak lekukan, pasti kesa retronya makin berasa. Untuk mempercantik tampilan, motor ini juga diberikan suspensi Upside Down dengan warna hitam.

Harga Honda CB190SS

Sayangnya, pihak Wuyang-Honda belum merilis harga dan info lengkap mengenai sang retro modern bike terbarunya ini. Yang jelas sepertinya harga gak jauh dari CB190R di Tiongkok sana. Indonesia kapan? Hmm, berharap AHM bikin di Indonesia biar variasi motor retro modern semakin banyak disini! Walau saya gak beli juga sih hehe.. Tapi seneng aja lihat motor dengan gaya retro modern ini wara-wiri di jalan. Jadi, Kapan AHM? :D.

Daripada ngiler, simak Galeri Honda CB190SS aja deh ya! Shikaatt!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

 

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*