Motor Mogok Karena Tutup Tangki, Kok Bisa? Ini Sebabnya!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Bro, ceritanya cuma mau curhat aja nih suka duka memelihara motor setengah tua, si Edward Yamaha Byson 2012 yang kurang lebih sudah 7 tahun umurnya. Yap, di umur segini, suka dan duka sudah banyak sekali dilewati bersama. Momen-momen penting atau hanya sekedar perjalanan biasa sudah tak terhitung. Di umur motor segini, biasanya ada aja masalah-masalah aneh yang singgah. Serius, aneh!

Awalnya, motor ini biasanya suka mogok karena karburator yang bermasalah. Udah jadi rahasia umum kalau karburator Byson ini kurang reliable, kurang joss, bahkan banyak yang bilang karbu Byson ini gagal produksi. Apa iya? Hmm, saya pun akhirnya bisa membantahnya dengan melakukan beberapa ubahan di jeroan karbu supaya bisa lebih reliable untuk riding harian.

Udah keren keren mogok!

Tiba-tiba, beberapa bulan terakhir, ga ada angin ga ada hujan, motor mogok lagi. Kejadian pas lagi jalan di kecepatan sedang dan berada di tengah jalan, haduh! Ngeri, untung kendaraan di belakang sepi dan lagi ga pada ngebut. Kebayang kan, kalau belakang lagi pada ngebut terus motor saya mogok? hmm, lain cerita deh!

Singkat cerita, cek ricek karbu, ganti partkit karena udah kurleb 3 tahun ga diganti dan jarang servis wkwkwk.. Mulai dari karet vakum, skep dicek, per skep juga dicek, PJ MJ dibersihkan, pelampung bensin dicek, pokoknya, semuanya sudah aman dan ready to go! Motorpun gak bermasalah selama beberapa hari… Untuk VLOG bongkar karbu Byson bisa brosist lihat dimari :

Selang 3 hari, lhakok, lhadalah, mogok lagi! Posisi juga lagi agak ngebut di malam hari! Diamkan sebentar lanjut jalan lagi. Gak lama, MOGOK LAGI! Begitulah sampai 3 kali mogok unutk perjalanan sekitar 12km saja. Besoknya, jalan sore-sore, MOGOK LAGI. Begitu seterusnya sampai saya bosen dan pengen ninggalin nih motor di pinggir jalan, lanjut naik OJOL ajah!

Ternyata, ini penyebabnya!

Pas mogok, iseng buka tutup tangki, karena kebetulan bensin udah kedip. Cek bensin, ternyata masih ada isinya kok! Masih banyak, bahkan mungkin sisa 2 literan karena sudah dalam posisi kran bensin RES. Lanjut tutup tangki saya pasang lagi dan coba starter. Wah! Beneran, motor langsung bisa nyala! Saya curiga nih…

Pulangnya, saya cabut karbu, dan tes motor dalam keadaan tutup tangki terututp dan keran bensin posisi ON/RES, tetep bensin gak ngucur! Padahal, biasanya kalau normal di posisi ON atau RES itu bensin pasti ngucur deras. Saya coba untuk buka tutup tangki sambil posisi keran di RES, ternyata… NGUCUR bensinnya bro! Artinya?? Tutup tangki jadi masalah motor saya mogok selama ini! Oalaahhhh… SEPELE!

Asli, sepele banget, hal yang gak pernah saya duga karena sebelumnya masalah mogok biasanya terjaid karena kelistrikan atau karbu. Ternyata, masalah ada di tutup tangki, sehingga supply bahan bakar tidak lancar ke karbu, dan akhirnya saat kondisi Vakum, karbu gak bisa nyedot bensin dan mogok deh.

Penjelasannya?

Jadi, brosist juga harus banget nih ngecek tutup tangkinya masih normal apa enggak. Konyol banget kalau mogok karena tutup tangki ya! :D. Lalu, apa sebab? kenapa tutup tangki bisa mengakibatkan motor mogok dan membahayakan pengguna? Ini karena tutup tangki punya lubang hawa, lubang hawa yang seharusnya mengalirkan angin masuk dari atas untuk mengisi udara di dalam tangki agar bensin bisa turun ke karbu.

Prinsipnya mirip dengan sebuah botol minum yang kita lubangi bagian bawahnya, lalu di bagian atas kita tutup rapat dan gak kita masukin udara. Pastinya di lubang bawah tersebut gak akan keluar airnya, karena kondisi di bagian atas gak ada udara yang bikin air “terperangkap”. Begitu pula dengan bensin di dalam tangki yang tutupnya mampet, ga ada udara…

Solusinya? Saya udah coba untuk bongkar tutup tangkinya dan bersihkan menggunakan Rexco 50. Namun sayang, karena gak maksimal bersihinnya alias gak pake kompresor, mogok masih sering menghantui. Maklum, mager ke bengkel buat hal-hal kecil kayak begini. Apalagi, kalau harus mogok lagi :D. Solusi terakhir yang saya ambil adalah… Beli tutup tangki baru :D.

Akhirnya beli baru! Wkwkwk

Memang gak greget sih, masa bikers gak bisa ngakalin! Tapi karena udah terlanjur kesel dan males, akhirnya beli aja deh. Toh, murah kok, beli di toko Merah hanya 100ribuan sudah sama ongkir. Kata sellernya sih, tutuptangki ini Original MINDA Indopower. Minda ini adalah produsen dan distributor sparepart yang beberapa sparepart si Edward pakai merk Minda, seperti tutup tangki, kabel kopling, kabel gas, slang rem, dll…

So… jangan sekali-kali meremehkan fungsi tutup tangki, kalau gak mau mogok konyol dijalan wkwkwk.. Tapi saya belum tahu nih, kalau di motor Injeksi hal ini berlaku apa enggak. Soalnya kan, di motor Injeksi supply bahan bakar sudah diatur oleh Injektor yang secara rutin menyemprot bensin. Tapi rasanya sih bisa saja terjadi kalau tutup tangki macet dan kotor.

Sekian curhatnya bro, cuhat lain masih banyak, simak di artikel lainnya besok-besok ya, wkwkwkw… Salam Byson menolak punah!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*