Solusi Menghilangkan “Gredeg” di Motor PCX150/Vario Series, Ternyata Simple!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, pernah gak sih ngalamin lagi enak-enak bawa motor matic terus gredeg? Istilahnya getar yang kurang nyaman di putaran bawah, yang bikin perjalanan jadi kurang nyaman. Nah, ini biasa terjadi di motor matic terutama yang digunakan sehari-hari. Sebenarnya ga terlalu mengganggu, tapi jadi kurang nyaman, apalagi kalau terjadi di putaran bawah dan sering terkena macet. Dijamin, berasa ga nyaman deh, Apa sebab?

Sebabnya bisa bermacam-macam. Bisa memang hanya kotor saja, atau ada part dari CVT seperti belt, roller, atau kampas ganda yang sudah tidak mumpuni lagi dalam melakukan tugasnya. Tapi, yang paling lazim terjadi adalah kotor nih bro. Wajar, debu dan partikel kecil lain sangat mudah masuk ke area CVT, yang membuat gredeg jadi sangat terasa.

Gredeg pada Vario dan PCX series? Apa masalah dan “solusi”nya?

Hal ini sering dikeluhkan oleh banyak pengguna motor matic Honda, terutama dari tipe Vario series dan PCX 150. Kebetulan, saya sempat langsung mewawancarai pak Endro Sutarno, selaku tim technical PT. Astra Honda Motor. Pak Endro sering nih ngurusin komplain mengenai sisi teknikal dan mesin. So, untuk menjawab rasa penasaran temen-temen, saya melakukan wawancara intensif dengan pak Endro terkait masalah ini.

Maklum, sebagai pengguna motor matic Honda Beat entry level, dan pengguna motor kopling berpenggerak rantai, saya jarang mengalami hal hal semacam gredeg ini. So, saya langsung aja wawancara pak Endro. Jadi, Apa sebabnya?

Bisa jadi kotor!

Nah, jawaban pertama yang dikeluarkan pak Endro adalah, bisa jadi kotor tuh bro. Wajar, debu menumpuk dapat membuat kampas ganda tidak dapat menekan mangkok secara maksimal. Sehingga ada gesekan yang membuat selip sehingga gredeg. Solusinya?

Menurut pak Endro, solusinya adalah dengan cara melakukan pembersihan rutin jika motor dibawa dalam kondisi jalan harian dan kilometer tinggi. Maka, wajib bebersih sebelum terlambat tuh bro. Saran kedua, adalah dengan cara geberrr geber kalau terasa udah gredeg!

Hah, geber geber? Serius? Menurut pak Endro, geber geber motor matic ini cukup signifikan efeknya untuk mengurangi gredeg. Masa iya sih? Penasaran? Solusi lainnya apa dong?? Langsung cek selengkapnya di penjelasannya lewat konten Audio Visual yang sudah saya sajikan di channel YouTube saya berikut ini bro.

Tonton ya, ada jawaban lengkap dari pak Endro tuh, langsung dari pihak AHM. Hehe…

Buat temen-temen, ada yang punya saran untuk hilangkan gredeg ini kah? Langsung aja tulis sarannya di kolom komentar ya!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

22 Comments

  1. Kalo di awal start biasanya rpm mesin aku gantung agak tinggi.. dan gredek akan hilang dengan sendirinya..!
    Entahlah apakah ada penjelasan ilmiah di balik itu..

  2. Bener….gredek itu banyak faktor, Vario ane aja alhamdulillah selama service rutin dan ganti part CVT sesuai waktunya, Alhamdulillah ga pernah gredek sampe sekarang!!! Seius!!!! suma ganti V-belt dan service/bersihin rutin CVT tiap 4rb bayar 40rb doang itu juga min.

  3. lah punya temen saya baru 900 km udah kerasa gredek… wkwkwk…
    langsung dibawa ke ahass sih, ga tau sekarang udah ilang belum…

  4. punya temen saya kemarin baru 900 km udah kerasa gredek, masa udah kotor ya…??
    tapi udah dibawa ke ahass sih, ga tau udah sembuh apa belum…

  5. Kalau analisa awamku,sepertinya sumber masalah desain sepatu kanvas koplingnya terlalu pendek jd gigitan ke mangkok gak maksimal. Bandingkan dengan sepatu punya kanvas nmax atau aftermarket lain lebih panjang

    Semoga AHM bisa ngepush vendor untuk ganti desain kankopnya

  6. Gak pernah merasakan gredek karena punyaknya matik di rumah SUZUKI NEX II hihihihi….kalo tetangga banyak yang punya PCX dan Vario 150, geternya malah dibuat terapi…katanya ada sensasi tersendiri saat geter

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*