Yamaha Nmax 2020 Kena Kasus Engine Check? Jangan Panik, Lakukan Hal Berikut!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, Yamaha Nmax 2020 sudah dirilis sejak awal Desember 2019 lalu. Yap, motor yang sudah luar biasa ditunggu-tunggu oleh mayoritas pemotor Indonesia sejak beberapa tahun lalu ini memang sungguh kontroversial. Gak heran, di awal perilisannya udah banyak banget yang pengen langsung boyong nih motor. Namun Yamaha masih nahan selama kurang lebih 2 bulan, sampai saat Nmax 2020 didistribusikan mulai akhir Januari 2020 ini. Namun, pasca distribusi, justru ada kabar mengejutkan! Bahwasanya Yamaha Nmax 2020 diserang kasus Engine Check nyala! Lhoalaahh, masa iya?? Belum ada seminggu…

Hal ini dialami oleh vlogger ternama bang Ridwan Hanif, punggawa Autonetmagz yang juga seorang Youtuber. Bang Ridwan yang membeli Nmax Non ABS warna putih ini mengalami kasus Engine Check nyala di motor Nmax yang baru ia beli. Bang Ridwan lantas menuliskan pengalamannya ini di social media Facebook pribadinya, dengan bunyi berikut :

Intinya, Bang Ridwan menuliskan pengalaman pribadinya mengenai Nmax yang terkena engine check, alias lampu engine check tidak mau mati. Nromalnya, lampu engine check ini hanya muncul di beberapa detik awal setelah muncul di kontak. Tentunya aneh, sebab harusnya lampu ini mati apalagi setelah motor distarter. Memang tidak mengganggu, tapi khawatir akan berbahaya kedepannya.

Ternyata, Bang Ridwan langsung dihubungi oleh tim dari Yamaha untuk segera dilakukan pengecekan lebih lanjut di sebuah dealer Yamaha. Alhasil, masalah bisa selesai hanya dengan mendatangi dealer Yamaha! Enggak deh, tentunya harus dilakukan tindakan dong, masa datang aja kelar, kwkwkkw… Intinya, jangan panik!

Jangan panik, langsung ke dealer aja!

Setelah dilakukan pengecekan lebih dalam, ternyata biang masalahnya adalah CPS atau Crankshaft Position Sensor. Wajar saja engine check nyala, karena CPSnya error atau butuh disetting lagi supaya bisa bekerja dengan baik. Wajar sih, namanya motor Injeksi semua pasti terbaca dan indikator itu sangat mempengaruhi.

Seperti yang kita tahu, New Nmax memang benar-benar baru, terutama dari segi kelistrikan. Adanya Hazzard, SSS, SMG, dan fitur-fitur lain tentu membutuhkan ECU yang baru. Tentunya berbeda dengan yang lama. Untuk di masalah ini, mekanik Yamaha dikabarkan mencoba untuk lakukan Hard Reset untuk melihat apakah engine check mati atau tetap nyala. Jika tetap menyala, berarti ada komponen yang gak normal dan harus diganti. Ternyata…

Setelah dilakukan hard reset, diperoleh kepastian masalah ada pada CPS atau Crankshaft Position Sensor tadi. Posisi komponen ini berada diluar atau tepatnya diatas magnet (pulser). Terbukti setelah dilakukan hard reset oleh Yamaha Diagnostic Tools, masalah ini teratasi dan indikator EC langsung mati alias gak nyala lagi setelah motor dinyalakan. Ibaratnya kita melakukan flash ulang pada HP Android yang error, semacam itu lahh..

Jadi inget waktu Yamaha Byson karbu saya juga pernah nih engine check nyala, padahal karbu! Ternyata, kabel yang ada di karbu yang bernama Throttle Positioning System kendur dan harus dikencangkan. Enaknya motor jaman sekarang tinggal colok laptop langsung ketahuan masalahnya. Dulu saya kudu bongkaaarrr satu satu! :mrgreen:

Nah, buat yang udah punya New Nmax, jangan panik, jangan tegang. Motor baru pasti ada garansi masbro. Jangan pula kita black campaign hal ini karena tidak ada produk yang sempurna, okeee! Langsung bawa ke Dealer deh ya, untuk dilakukan pengecekan menyeluruh jika hal ini terjadi.

Sumber : Ridwan Hanif & iwanbanaran.com

Jangan lupa follow media sosial IndoRide.comya brosist…

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : [email protected]gmail.com

14 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Harga Yamaha New Nmax ABS 2020 CUMA 33,750 Juta, Fitur Super Lengkap! - INDORIDE.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*