Meriahnya Kompetisi Safety Riding Blogger Vlogger Jawa Barat, IndoRide Jadi Juara!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, pada tanggal 18 Februari 2020 kemarin, saya memenuhi undangan dari PT. Daya Adicipta Motora selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda Jawa Barat, untuk mengikuti kompetisi Safety Riding Course di arena Safety Riding Center terbarunya, di daerah Cibereum, Bandung. Hal ini sejalan dengan bentuk kepedulian dan tanggung jawab DAM kepada masyarakat dan konsumen Honda di Jawa Barat. Alhasil, pada 18 Februari kemarin, saya beserta 20 orang Blogger dan Vlogger diberi kesempatan untuk melakukan kompetisi Safety Riding! Wah, asik, seru nih!

Namun, pastinya sebelum melakukan kompetisi kami diberikan pembekalan dulu mengenai teknik dan juga tata cara safety riding yang benar dari Honda, sesuai dengan pedoman dari Honda Jepang sana. Gak lain gak bukan tentunya untuk membangun sifat #Cari_Aman di jalan. Sebelum kelas dimulai, kami dipertemukan di satu tempat ngopi yang asik banget di fasilitas SRC DAM ini, yang ternyata buanyak Blogger dan jga Vlogger yang ikutan, bakal seru nih!

Ada sekitar 20 peserta yang ikut. Dari kalangan Blogger ada D’Gujubar yang meramaikan yakni mang Asep warungasep, mbah Muhsin bonsaibiker, mang Gilar Menyusurijalan.com, mbah Dharmo imotorium.com, mang Sodik motorisblog, mang Wisnu Viwimoto, Mang Arul Ndesoedisi, Apipotoblog, Andika Diego dan saya sendiri indoride.com. Gak kalah meramaikan teman-teman Vlogger Jabar yakni mang AJGum, teh Juju motovlog, mang Saepul Motovlog, sampai vlogger dengan 2 juta subscriber yakni mang Bobby Stuntrider! Gokill..

Fasilitas Kelas yang super duper nyaman!

Sebelum dimulai, kami pun diberikan locker untuk bisa mengganti baju dan safety gear. Sayang sekali seperti biasa gak muat saya pakai! Wkwkw.. Jadi saya terpaksa pakai jaket Respiro ukuran XXL yang untungnya ada yang muat! Hahah.. Gak masalah deh!

Kang Tammy sedang menjelaskan

Akhirnya kami pun masuk kelas, dan diberikan training mengenai Materi dan Teori Safety Riding oleh Tammy Pratama, mantan pembalap muda yang kini telah menadi instruktur Safety Riding tetapnya DAM. Ilmu mengenai safety gear, safety check sebelum berkendara mulai dari Hardware yakni perangkat motor, sampai Software yakni manusianya itu sendiri, hingga pemaparan mengenai postur, gesture, pengereman, dan cara menikung juga diajarkan.

Gak pakai lama, akhirnya pada pukul 10.00 WIB kami sudah selesai menerima pemaparan dari Kang Tammy. Langsung aja kita menuju ke lapangan! Asli, degdegan! Walau bukan kali pertama, tapi tetap deg degan karena tau hadiahnya cukup menarik nih bro! Ada 1 helm Nolan, 1 Jaket Taichi, dan 1 Waistbag Taichi untuk pemenang! wuihhh..Canggih neh!

Sebelum kompetisi, ada waktu untuk test!

Kami pun diberikan kesempatan untuk memilih motor serta mengikuti test rute untuk nantinya bisa berkompetisi. Saya memilih Honda CB150R yang tentunya akan menjadi armada tempur nantinya. Kami diberikan beberapa kali kesempatan mulai dari circle 8, narrow plank, sampai tes pengereman yang baik dan benar. Alhamdulillah, semua bisa saya lewati dengan baik dan benar. Walau ada terkendala di Narrow Plank, dimana ini yang menjadi momok paling menakutkan bagi saya.. Sulit banget jaga keseimbangan disini!

War begin!

Yap, deg-degan gak terhindarkan lagi. Kami dibagi menjadi beberapa grup, saya sendiri masuk grup 5 setelah Jurnalis dan beberapa Vlogger test duluan. Selama menunggu, saya terus menghafal rute, melihat pergerakan teman teman dan berusaha membuat mind mapping. Pokoknya, kali ini wajib lakukan yang terbaik! Setidaknya untuk mempertajam skill Safety Riding yang nantinya akan dipakai di kehidupan sehari-hari.

Tibalah giliran saya, saya pilih CB150R warna hitam yang berkelir hijau stabilo. Karena CB150R Merah sebelumnya sudah ditake over oleh yang lain :D. Deg degan… Jantung memompa darah lebih kencang.. Tiba saat instruktur menanyakan apakah saya siap? Mau jawab “Gak siap” pasti di diskualifikasi! Akhirnya saya jawab “Ashiaapp” eh “Siap!”. Mulai!

Saya susuri jalur slalom yang sudah disetting sebelumnya. Tetap syarat utama tidak boleh pegang kopling dan rem depan, kendali hanya harus memakai rem belakang dan feeling, gak boleh ganti gigi! Syukurlah, Honda CB150R ini bener bener nurut dan agilitynya sangat baik! Buat saya yang biasa bawa motor sport, bawa CB150R ini sudah sangat familiar. Enak sekali diajak tekuk-tekuk!

Mulai dari lintasan zig-zag, lintasan circle 8, sampai tikungan patah bisa saya selesaikan dengan baik, dengan catatan waktu 40 detik. Alhamdulillah.. Aman!

Narrow plank.. menakutkan!

Degdegan belum selesai, setelah itu saya diwajibkan untuk ikut narrow plank sebagai bentuk penilaian. Pengen rasanya bilang, udah ya kang! Tapi gak bisa! WKwkwk.. Akhirnya saya ikut, dengan sekali latihan dan lancar! Yeah, walau waktunya ga begitu lama… Narrow Plank ini wajib lama bro, kalau pelan, ya gampang.

Saatnya pengetesan… Deg degan bisa saya cover dengan relaksasi dan menarik nafas dalam-dalam. Gas dan kopling saya mainkan pelan sesuaiinstruksi. Rem belakang dikontrol agar ban tetap berada di tempatnya dan gak keluar jalur sampai 10 meter jauhnya. Asli, susah! ALhamdulillah, akhirnya bisa sampai ujung juga walau dengan waktu yang gak begitu lama.. Sudah selesai, sisanya, pasrah…

Awarding, INDORIDE JUARA 3!

Tiba saatnya prosesi awarding, IndoRide yang awalnya sudah pasrah akhirnya memunculkan satu harapan di dalam hati. Bisa gak ya memenangkan kompetisi bergengsi ini? Masa gak bisa sih? Akhirnya diumumkan oleh kang Aziz siapa saja para pemenangnya.

Dan… berikut pemenang Safety Riding Competition Blogger dan Vlogger DAM!

  1. JUARA 1 BOBBY TRIA SANJAYA 1500 poin Mendapatkan hadiah Helm Nolan
  2. JUARA 2 RIZKY RADIANA 1271 poin mendapatkan Jaket Taichi
  3. JUARA 3 ALKI RAHMATULLAH 700 poin mendapatkan Tas Taichi

Alhamdulillah! Luar biasa, walau hanya mendapat 700 poin namun saya bisa menyabet juara 3 dengan mendapatkan tas waist bag Taichi. Hal ini tentunya menambah semangat safety riding saya yang akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan soal hadiah, namun bagaimana semangat #Cari_Aman akan selalu tumbuh dalam diri setiap naik motor. Yeah!

General Manager Motorcycle Sales, Marketing, & Logistic DAM, Lerri Gunawan mengatakan dalam kesehariannya blogger dan vlogger banyak mengendarai sepeda motor sebagai teman dalam beraktivitas guna mendukung mobilitas yang tinggi. Pelatihan safety riding sangatlah penting, mulai dari memahami teknik dasar mengendalikan sepeda motor, mematuhi undang-undang lalu lintas dan etika dalam berkendara sehari-hari maupun ketika sedang touring dalam jarak jauh.

“Kami berharap teman-teman blogger dan vlogger dapat mempraktekkan ilmu yang telah diberikan oleh para tim instrukur kami, dalam kehidupan sehari-hari serta dapat menjadi contoh yang baik dalam berkendara untuk masyarakat,” ujar Lerri.

Last, alhamdulillah banget deh ya, akhirnya bisa menang dan bisa ikutan Safety Riding Competition dari DAM ini. Terimakasih banyak untuk PT. DAM yang telah memberikan kesempatan emas ini kepada kami. Buat yang mau ikut latihan safety riding, boleh langsung datang ke SRC DAM di seberang Showroom pusat DAM di Cibereum. GRATIS! Bawa saja komunitas, tongkrongan, teman, dan kolega kalian untuk ikutan. Instruktur Safety Riding DAM siap menyambut kalian…

Menanggg!

Jangan lupa follow media sosial IndoRide.com ya brosist…

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*