Motor “Adventure” Baru, Suzuki Raider J Crossover Resmi Rilis di Filipina!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, kalau kita flashback ke belakang, pasti inget deh sama Suzuki Satria F115 Young Star, motor yang pernah dirilis Suzuki sekitar tahun 2015 ini memakai mesin yang serupa dengan Smash dan Shooter yakni 115cc 2 Valve berpendingin udara. Yang unik adalah tampilannya yang seperti Satria FU, namun dengan mesin “tidur” dan suspensi belakang ganda. Walau gak begitu bersinar penjualannya. Namun ternyata di Filipina justru malah motor ini dirilis lagi, dengan bentuk yang jauh berbeda. Ya, Suzuki Raider J Crossover resmi rilis di Filipina! Wah, unik nih!

Dengan mengusung tagline ‘Adventure Across Borders’, motor ini diplot untuk menjadi motor bebek “ayago” dengan kemampuan lebih melintasi jalur yang sulit. Motor ini baru saja diperkenalkan pada ajang malam Penghargaan Dealer Suzuki Filipina, 19 Februari 2020.

Desain unik, Bebek tapi adventure!

Bicara mengenai desain, Suzuki Raider J Crossover ini merupakan salah satu varian bebek atau yang biasa kita sebut motor “ayam jago”. Desainnya mirip dengan Suzuki Satria F150, yang sangat tenar dan laris di negara kita. Namun, keunikannya berasal dari pemakaian suspensi belakang ganda, dimana Satria F150 memakai monoshock. Hal ini gak lain gak bukan karena platform yang dipakai berasal dari motor bebek konvensional, layaknya Smash FI.

Yang unik lagi adalah, motor ini disetting agak tinggi dengan suspensi depan teleskopik yang tinggi. Dilengkapi juga dengan penutup suspensi depan yang kental aura motor adventure! Gokil.. Gak ketinggalan, Suzuki Filipina juga menambahkan spakbor depan model tinggi berada di bawah headlamp, untuk lebih mengesankan kesan adventure bike dual purpose.

Model headlampnya sekilas mengingatkan kita dengan model headlamp Suzuki DR150 atau Haojue DR150 yang sebelumnya sempat ramai fotonya di internet. Dengan headlamp menempel pada spakbor depan ala motor adventure.

Motor ini juga dibekali dengan stang yang tinggi dan lebar, dengan tujuan membuat nyaman para pengendara untk melewati berbagai medan. Begitu pula dengan profil kaki-kaki, yang dibuat dengan velg jari-jari dan juga ban model semi dual purpose sehingga memang cocok banget dibawa untuk melintasi jalur dua alam.

Bicara mesin, Suzuki Raider J Crossover ini memiliki spesifikasi mesin 113 cc, 4-langkah, SOHC, berpendingin udara, fuel injection. Dengan tenaga maksimum mencapai 9,3 PS pada putaran 8,000 RPM, memiliki torsi sebesar 9,1 Nm di 6,000 RPM. Ya, setara motor bebek injeksi pada umumnya dengan torsi yang kuat.

Suzuki Raider J Crossover juga diberikan warna-warna yang cerah sesuai dengan tema adventurenya. Ada warna merah, hitam dan kuning serta penambahan striping yang menarik. Motor ini ditawarkan dengan harga Php 63,900 (Philipine Peso) atau Rp 17 jutaan. Motor ini baru akan dirilis secara resmi saat gelaran Festival Sepeda dan Pameran Dagang di World Trade Center Filipina pada tanggal 27-29 Maret 2020 mendatang.

Apakah masuk Indonesia? Saya rasa sangat tidak mungkin, melihat desain motor yang senada dengan Satria F115 Young Star yang dulu pernah ikut meramaikan, namun tenggelam tanpa jejak. Ya, mungkin buat yang mikirin nyaman lewat jalur rusak tanpa mikirin estetika sih pasti suka.. Tapi tahu sendiri ya, kalo Indonesia estetika nomor satu, spesifikasi belakangan :D.

Gimana menurut brosist?

Jangan lupa follow media sosial IndoRide.com ya brosist…

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : [email protected]gmail.com

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*