Terbongkar Mesin 250cc 2 Silinder Suzuki Terbaru! Apa Lagi Nih?!

IndoRide.com – Brosist, bicara motor baru, mungkin di tahun 2020 ini akan sedikit terhambat akibat wabah virus Corona atau COVID-19 yang tengah melanda dunia termasuk Jepang. Namun, ternyata masih ada pergerakan yang terpantau di Jepang mengenai gerak-gerik pabrikan berlogo S untuk motor 250cc kedepannya. Ya, sebuah gambar patent diunggah oleh web asal Jepang Kojintekibikematome, yang menampilkan sebuah blueprint mesin 250cc 2 silinder terbaru dari Suzuki. Pertanyaannya, mesin mencurigakan untuk motor apa ini??! Apakah untuk Next Suzuki GSX-R250 yang sempat dirumorkan hadir menjadi produk global?

Gambar di atas adalah patent dari mesin 250cc 2 Silinder Suzuki. Kalau kita lihat dari gambar diatas jelas sekali bahwa mesin tersebut berkonfigurasi 2 silinderinline. Yang memang mesinnya sendiri mirip banget dengan mesin motor sport 250cc 2 silinder Suzuki sebelumnya yang menjadi jantung pacu bagi GW250 Inazuma, GSX-250R, hingga VStrom 250. Yahhh! Jadi sepertinya bukan mesin baru dengan DOHC 8 Valve nih, masih SOHC 4 Valve. Tapi…

Ada yang keliatan janggal nih bro. Kita bisa lihat dari leher knalpot yang kini lebih terlihat ribet dan kompleks dibanding versi sebelumnya yang leher knalpot lurus menjulang ke belakang. Kini, seperti “dihalangi” oleh semacam tabung katalitik konverter di tengah leher knalpot dan di bawah… Gak seperti versi sebelumnya yang hanya tersedia di bawah. Nih gambar mesinnya :

Nah, jadi mesin apa ini? Sudah jelas ini mesin untuk generasi lanjutan dari mesin yang ada di Suzuki Inazuma GW250 terdahulu. SOHC 2 Cyl, 2 Valve per cylinder. Mesin yang kini masih dipakai di GSX-250R, sport touring dan juga VStrom 250. Tujuannya jelas, untuk mengejar EURO 5 yang siap disambut di 2020 ini demi emisi gas buang yang lebih baik. Sayang sekali, Inazuma yang sudah discontinue gak bisa merasakan pakai mesin ini.

Udah jelas ya bro.. Sepertinya jauh nih project sport 2 silinder DOHC 8 Valve yang sebelumnya digosipkan akan hadir. Dan sepertinya juga jauh nih Vstrom atau GSX-250R akan hadir di Indonesia. Kita lihat saja kedepannya, dan tetap berdoa semoga pandemi COVID-19 ini segera berakhir agar semua kegiatan termasuk kegiatan produksi RnD motor baru juga jalan lagi. Amiin!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : [email protected]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*