Yamaha Byson ada KW nya! Mesin 160cc, Top Speed Cuma 90 KM/Jam

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist!

Bro, bicara barang kawe alias KW alias fotocopyan, ga akan ada habisnya ya. Apalagi kalau barang tersebut laris manis di pasaran dan banyak dicari, pasti ada aja muncul barang KWnya. Mulai dari pakaian, gadget, jam, bahkan kendaraanpun ada yang KW! Kalo inget, saya beberapa kali pernah nulis motor kw dari Tiongkok yang meniru motor-motor terkenal seperti CBR250RR, Ninja, dan motor-motor lain yang cukup laris. Kali ini, saya cukup kaget karena ternyata Yamaha Byson pun ada KWnya! Walahdalahhh…

ini Byson FI!
Ini KW nya!

^Menemukan perbedaan?

Yang dijadikan bahan KW adalah Byson FI alias Byson Injeksi yang telah hadir di Indonesia sejak pertengahan 2015 lalu. Cukup heran, karena gak biasanya motor yang kurang laku, (gak laku terlalu kasar…) bisa dicopy jadi super mirip dengan aslinya! Punya nama Chongqing XCross Fly 150, motor ini bisa dibilang plek ketiplek dengan Byson FI yang kita tahu selama ini.

Bedanya, dia pakai mesin 160cc yang uniknya lagi, top speed menurut data pabrikan hanya 90 km/jam! Wah, makin penasaran, kok bisa? Kita lihat dulu desainnya ya bro!

Secara keseluruhan, yang bikin saya kaget adalah, pabrikan otomotif asal Tiongkok ini benar-benar meniru alias mencontek tampilan dari Yamaha Byson FI lho bro! Bener-bener mirip, sampai kalau kita cek detail ini sangat sangat persis dengan Byson FI.

Mulai dari bagian depan, kita bisa lihat headlamp dan covernya sangat mirip bahkan gak bisa dibedakan dengan Byson FI. Begitu juga dengan penggunaan velg palang 5 legendaris beserta kulit bundar alias ban yang lebar, satu set dengan suspensi berukuran 41mm yang besar ala Byson!

Gak cuma sampai situ, kita lihat ke sisi kiri dan kanan atau side view, juga hampir gak ada bedanya. Shroud dengan air intake, tangki yang menggunakan cover, tutup aki atau shroud samping yang identik dengan Byson FI, hingga bentuk jok split seat dan buritan yang super mirip dengan Byson FI! Wahhh..

Sampai situ aja? Enggak! Saya bilang identik, karena memang benar-benar identik sob! Bentuk cover knalpotnya pun khas dengan Byson FI. Dari segi buritan, lagi-lagi identik dengan Byson FI yang menggunakan stop lamp menggantung di spakbor. Bedanya, versi China ini punya spakbor tambahan atau hugger supaya gak nyiprat-nyiprat…

Ada lagi? Ada, speedometer bentuk kotak dengan latar warna merah pun mirip dan identik dengan speedometer Byson FI!

Langsung aja kita intip Spesifikasinya!

Spesifikasi Chongqing Xcross Fly 150

Engine TypeCBN engine, timing chain control valve, with balance shaft to reduce vibration, air-cooled, single cylinder, 4-stroke, 2-valve
Displacement160 cc
Max.power9.8KW sama dengan 13,142 HP pada 9000 Rpm
Max.torque12Nm pada 7000 Rpm
Starting systemElectric Starter
CHASSIS
Dimenmions(LxWxH)(mm)1990mmx780mmx1030mm
Net weight132 kg
Max.load150 Kg
Max.speed90 Km per jam
Brake Modedepan cakram belakang tromol
Tire Model(Fr./Re)100/80-17, 140/60-17
PACKING BOX
Packing box size(LxWxH)(mm)1780mm×560mm×880mm
Loading container QTY26pcs/20’GP; 78pcs/40HQ

Luar biasa, kalo soal copy mengcopy pabrikan Tiongkok memang gak ada obatnya sob! hahaha.. Sampai Byson FI yang di negara kita kurang dilirik pun, disana dicopas. Walau memang acuannya mungkin gak dari Indonesia, tapi dari India. Tapi, mereka menggunakan bentuk versi sebelum facelift, dimana Byson atau FZ16FI facelift menggunakan velg yang mirip dengan velgnya MT-09, lebih sangar!

Versi acelift, cakep ya

Gimana menurut brosist? Ada yang mau beli? wkwkwk..

Jangan lupa follow media sosial IndoRide.comya brosist…

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : [email protected]gmail.com

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*